Rekrutmen MIND ID Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang tertarik untuk mengikuti program rekrutmen MIND ID milik BUMN, kamu bisa simak cara daftarnya dibawah ini ya. Holding BUMN Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia atau MIND ID membuka rekrutmen program.

Akselerasi manajemen Xplorer tahap kedua. Periode pendaftaran dibuka pada 30 Mei 2022 hingga 24 Juni 2022. Adapun MIND ID beranggotakan PT Inalum (Persero).

PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, dan PT Timah Tbk Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan, Xplorer merupakan program akselerasi manajemen.

Peserta akan dibimbing dan dibekali pengetahuan serta pengalaman untuk meningkatkan pengetahuan, kapabilitas, dan skill yang dibutuhkan agar mampu mengelola komoditas industri pertambangan strategis Indonesia secara berkelanjutan di masa yang akan datang.

Program Rekrutmen MIND ID

Melalui Xplorer, peserta dapat mengakselerasi karir dengan terus meningkatkan kapabilitas dan keahlian untuk mencapai posisi strategis, menjadi pemimpin muda yang dapat diandalkan; serta membangun bangsa dengan berkontribusi secara aktif dan positif dalam mengeksplorasi sumber daya alam untuk peradaban,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Bagi yang berminat mengikuti program rekrutmen MIND ID, pendaftaran hanya akan dilakukan secara online melalui laman www.xplorer.mind.id. Pada proses pendaftaran, peserta dapat bercerita mengenai diri dan pengalaman dengan melengkapi biodata, pengalaman organisasi, magang, kerja atau prestasi akademik.

Rekrutmen MIND ID

Cara Daftar Rekrutmen MIND ID BUMN

Proses rekrutment mind id dilakukan secara online. Jika kamu telah memenuhi syarat yang ditentukan, silakan melakukan pendaftaran dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Buka situs xplorer.mind. id.
  2. Setelah itu, pada bagian bawah ada pilihan untuk menuju halaman pendaftaran. Silakan klik kotak merah yang ada di bagian bawah tampilan website.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke halaman pendaftaran, isi data diri seperti nama lengkap, email, dan asal negara dengan benar.
  4. Kemudian lengkapi diri seperti yang diminta dalam formulir pendaftaran.
  5. Setelah data yang input benar dan lengkap, klik “Submit Application”.
  6. Ikuti proses pendaftaran hingga selesai.

Tahapan Seleksi Rekrutmen

Pendaftaran online bukanlah satu-satunya tahapan seleksi dalam program rekrutmen ini. Menurut penjelasan di xplorer.mind. id, setidaknya ada lima tahap seleksi yang harus dilewati pelamar. Apa saja tahapan seleksi tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Tahap 1: Pendaftar Daring dan Situational Judgement Questions (Sjqs)

Pada tahap ini, peserta seleksi diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dan diundang untuk mengikuti tes SJQs. Tes ini bertujuan untuk menilai kemampuan para peserta dalam memilih tindakan yang paling tepat di situasi tempat kerja yang mencerminkan budaya MIND ID.

Tahap 2: Tes Kognitif dan Kepribadian Secara Daring

Peserta yang lolos pada tahap pertama, akan melanjutkan langkahnya ke tahap berikutnya. Pada tahap kedua, peserta akan diundang untuk mengikuti tes kognitif dan kepribadian yang dilakukan secara daring.

Tahap 3: Presentasi dan Wawancara Studi Kasus

Pada tahap ini peserta akan diminta untuk melakukan presentasi dan wawancara studi kasus dengan pimpinan eksekutif MIND ID.

Tahap 4: Pemeriksaan Kesehatan

Di tahap keempat, peserta akan diminta melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatannya dalam keadaan baik.

Tahap 5: Wawancara Akhir dengan Direksi Grup MIND ID

Jika masuk ke tahap terakhir, peserta akan diundang untuk melakukan wawancara akhir dengan direksi Grup MIND ID. Wawancara ini bertujuan agar pimpinan rekrutmen MIND ID dan anggotanya mengenal lebih jauh kandidat tersebut.

Manfaat Program XPLORER MIND ID

Program rekrutmen akselerasi manajemen XPLORER tahap kedua memberikan sejumlah manfaat. Jika kamu diterima dan lulus dalam seleksi program ini, berikut sejumlah manfaat XPLORER untuk kamu:

  • Memberikan akselerasi karir. Program ini memberikan kesempatan kepada pelamar untuk mendapatkan posisi strategis dalam kurun waktu dua tahun.
  • Mendapatkan fasilitas kesuksesan lewat pengembangan dan pertumbuhan yang stabil untuk menjadi pemimpin muda yang dapat diandalkan.
  • Menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin berkontribusi aktif dan positif dalam membangun negeri.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar rekrutmen MIND ID BUMN.

Apa MIND ID Untuk Indonesia?

MIND ID hadir untuk kemakmuran Indonesia, kemajuan peradaban dunia, dan masa depan yang lebih baik. Bersinergi mengolah hasil sumber daya alam mineral strategi kebanggaan Indonesia demi masa depan negeri.

Penutup

Demikianlah informasi seputar cara mendaftar rekrutmen MIND ID BUMN yang bisa Teknatekno rangkumkan untuk kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Related Articles

Back to top button