Apa itu BPIP? Yuk Kenali Sejarah, Fungsi dan Visi Misinya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernah dengar istilah apa itu BPIP? Setiap tanggal 1 Juni kita memperingatinya sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila tidak bisa dipisahkan dari kontribusi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Lantas, sebenarnya apa itu BPIP dan apa fungsi BPIP itu sendiri? Untuk mengurangi rasa penasaran kamu, yuk simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini.

Mengenal Apa itu BPIP

Menurut situs resminya, bpip.gi.id, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat BPIP adalah lembaga yang bertanggung jawab dan berada di bawah Presiden.

BPIP yang kita kenal saat ini merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP). ​Tugas dari BPIP adalah membantu presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila.

Apa Fungsi BPIP?

Badan ini bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

BPIP juga melaksanakan penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila.

Lalu kepada siapa BPIP memberikan rekomendasi? Masih dari sumber yang sama, badan ini menyebut lembaga tinggi negara, kementerian atau lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya.

Mengenal Apa itu BPIP

Visi BPIP

Badan pembinaan Ideologi Pancasila yang andal, profesional, inovatif, berintegritas dalam pelayanan kepada presiden dan wakil presiden di bidang pembinaan ideology Pancasila untuk mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden: Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Misi BPIP

BPIP mewujudkan presiden dan wakil presiden dengan melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan ideology Pancasila sehingga nilai-nilai pancasila teraktualisasikan dalam setiap kebijakan dan peraturan perundang-undangan serta praktik kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sejarah BPIP

Dalam rangka aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara yang terencana, sistematis, dan terpadu.

Pada 19 Mei 2017, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Namun demikian, UKP-PIP dirasa perlu disempurnakan dan direvitalisasi organisasi maupun tugas dan fungsinya dan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 perlu diganti dalam rangka penguatan pembinaan ideologi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Atas dasar pertimbangan tersebut, pada tanggal 28 Februari 2018, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Dengan revitalisasi dari bentuk unit kerja menjadi bentuk badan, diharapkan BPIP akan tetap existing walaupun pemerintahannya terus berganti. Dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018, maka Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2017 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Apa Saja Struktur Organisasi di BPIP?

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 7 tahun 2018, BPIP terdiri atas Dewan Pengarah dan Pelaksana. Susunan organisasi pelaksana terdiri dari:

  1. Kepala
  2. Wakil kepala
  3. Sekretariat Utama
  4. Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan
  5. Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi
  6. Deputi Bidang Pengkajian dan Materi
  7. Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan
  8. Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi.

Kepala bertugas memimpin dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas dan fungsi BPIP, kemudian kepala memperhatikan arahan dari ketua dewan pengarah untuk melaksanakan tugasnya.

Berapa Gaji Pejabat BPIP?

Dikutip setneg.go.id, Perpres yang diteken Jokowi pada 23 Mei 2018 lalu menyebut gaji Ketua Dewan Pengarah BPIP sebesar Rp 112.548.000. Jabatan tersebut diemban oleh Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, untuk Anggota Dewan Pengarah BPIP mendapat gaji Rp 100.811.000. Ada delapan anggota BPIP. Mereka adalah Try Sutrisno, Ahmad Syafii Maarif, Said Aqil Siradj, Ma’ruf Amin, Mahfud MD, Sudhamek, Andreas Anangguru Yewangoe, dan Wisnu Bawa Tenaya.

Sedangkan, Yudi Latif sebagai Kepala BPIP digaji sebesar Rp 76.500.000 serta wakilnya mendapat Rp 63.750.000. Untuk tingkat Deputi mendapatkan pendapatan sebesar Rp 51.000.000 dan staf khusus diberikan gaji Rp 36.500.000.

Selain gaji tersebut, pegawai BPIP juga mendapatkan sejumlah fasilitas dari negara berupa biaya perjalanan dinas. Dengan ketentuan, tingkat ketua dan anggota dewan pengarah diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kepala BPIP diberikan setingkat menteri. Kemudian, untuk wakil kepala diberikan fasitilas biaya perjalanan dinas setingkat wakil menteri.

Kesimpulan

BPIP adalah lembaga yang bertanggung jawab dan berada di bawah Presiden dan merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP).

Badan ini bertugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button