Pengertian Google Sheets, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas seputar Google Sheets atau biasa dikenal dengan Spreadsheets, mulai dari pengertian Google Sheets, fungsinya, fitur-fitur yang terdapat pada Google Sheets, serta kelebihan dan juga kekurangannya.

Spreadsheet atau Google Sheets menjadi salah satu aplikasi berbasis web yang sangat populer saat ini, Kemudahan dalam bekerja bersama rekan serta banyaknya rumus fungsi yang bisa digunakan menjadi salah satu alasan pengguna dalam menggunakan Spreadsheet.

Spreadsheet bisa digunakan secara gratis dan kamu hanya perlu login menggunakan akun G-mail. Dalam penggunaannya, kamu bisa menggunakan rumus fungsi yang sama seperti ketika menggunakan Excel.

Memahami Pengertian Google Sheets

Memahami Pengertian Google Sheets

Pengertian Google Sheets atau Google Spreadsheet adalah sebuah software berbasis web yang bisa diandalkan untuk membuat tabel, pengolahan data, atau perhitungan sederhana.

Dimana program komputer tersebut digunakan untuk menampilkan, mengolah data, serta menyimpannya dalam bentuk baris dan juga kolom. Dengan baris yang biasanya menggunakan label angka dan kolom menggunakan label abjad.

Pertemuan antara baris dan kolom tersebut dinamakan sel, sehingga penamaan sel sel ini dilakukan sesuai penggunaan label pada baris dan kolom yang dipakai. Sebagai contoh C1, C2, C3, dan seterusnya.

Jika dilihat sekilas mengenai pengertian dan deskripsi Google Spreadsheet, mungkin banyak orang membayangkan Microsoft Excel yang sudah lebih dulu dikenal secara luas.

Namun ada hal yang membedakan antara Google Sheets ini dengan software sejenis seperti Microsoft Excel maupun Numbers milik Apple.

Perbedaan tersebut terletak pada kemudahan melakukan kolaborasi antar para penggunanya. Karena, Google Spreadsheet berbasis cloud computing yang mengandalkan koneksi internet, yang memungkinkan interaksi lebih mudah.

Sejarah Google Sheets

Google Sheets merupakan program spreadsheet berbasis web (bagian dari G Suite) yang dimiliki oleh Google. Program ini mulai dikembangkan pada 9 Maret 2006 menggunakan bahasa pemrograman JavaScript oleh Google Labs Spreadsheets.

Sebelumnya, Google Sheets berasal dari XL2Web yang dikembangkan oleh 2Web Technologies yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2006.

Google Sheets dan semua jenis program G Suite lainnya (Google Docs, Google Slides, Google Forms) juga dapat diakses melalui beragam browser seperti Microsoft Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Apple Safari, dan lainnya.

Selain itu, pengguna juga dapat mengakses Google Sheets dari beragam perangkat seperti aplikasi mobile Android, iOS, dan desktop di Chrome OS. Selain integrasi dengan Google Drive, Google Sheets juga dapat di akses melalui Dropbox (Third-party).

Pada tahun 2010, Google juga mengakuisisi beberapa program kolaboratif sehingga dapat saling terintegrasi pada semua pemegang akun Google. Dengan itu, Google Sheets menjadi sebuah program yang terintegrasi satu dengan yang lain dan dapat digunakan untuk berkolaborasi dalam mengerjakan project atau tugas.

Pengguna juga dimudahkan dalam membuka dokumen meskipun menggunakan program spreadsheet yang berbeda. Ketika bekerja menggunakan Google Sheets, pengguna dapat mengunduh format file yang support dengan Microsoft Excel.

Fungsi dan Manfaat Google Sheets

Fungsi dan Manfaat Google Sheets

Dengan memahami pengertian Google Sheets kita bisa mengetahui manfaatnya, beberapa manfaat tersebut diantaranya seperti:

1. Digunakan Untuk Mengolah Data

Google Sheets memiliki fungsi sama dengan Microsoft Excel yang mana dapat digunakan untuk mengolah data, mengurutkan data, serta memanipulasi data dalam bentuk tabel.

Dalam perusahaan, Google Sheets dapat digunakan untuk mengolah data seperti laporan penjualan, laporan keuangan, laporan piutang, dan sejenisnya. Meskipun sebagian telah tergantikan dengan program, namun program spreadsheet seperti Google Sheets masih tetap menjadi pilihan.

Perbedaan mendasar antara Google Sheets dan Microsoft Excel hanya pada basis penyimpanan yang digunakan. Google Sheets lebih fokus pada integrasi penyimpanan online (Cloud Storage), sedangkan Microsoft Excel lebih banyak digunakan secara offline (meskipun saat ini juga tersedia Cloud Storage dari OneDrive).

2. Melakukan Perhitungan Angka Atau Kalkulasi Matematis

Selain mengolah data, Google Sheets juga dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematis seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, rata-rata, dan lain sebagainya.

Dalam membuat laporan keuangan, tentunya perhitungan semacam itu sangat penting. Untuk itu, pengguna juga perlu memahami rumus perhitungan Google Sheets untuk menghitung angka berdasarkan kolom dan baris. Daftar fungsi Google Sheets dapat pengguna akses di sini.

3. Membuat Grafik dan Diagram

Manfaat lain dari Google Sheets adalah pengguna dapat membuat grafik ataupun diagram dari data yang telah dibuat.

Fungsi ini akan sangat berguna ketika melakukan analisis pada harga dan keuntungan suatu perusahaan selama beberapa periode. Atau bisa juga digunakan untuk penelitian pada berbagai bidang pendidikan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan.

Fitur Utama Google Sheets

Google Sheets menghadirkan beragam fitur yang tentunya sangat membantu pengguna dalam membuat dokumen spreadsheet seperti kolaborasi, revisi, penyimpanan real-time berbasis Cloud, dan lain sebagainya. Simak beberapa fitur unggulan Google Sheets berikut ini.

1. Kolaborasi Bersama Tim atau Pengguna Lain

Google Sheets memungkinkan pengguna untuk melakukan kolaborasi bersama pengguna lain. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan email atau anggota melalui fitur Bagikan yang ada di bagian pojok kanan atas.

2. Terdapat Riwayat Revisi

Pengguna dapat melihat revisi setiap penambahan maupun pengurangan dari dokumen yang dibuat. Jika pengguna menambahkan tim, maka pengguna dapat melihat siapa Author yang menambahkan atau mengedit data.

3. Melakukan Editing Secara Real-Time

Google Sheets merupakan program spreadsheet yang berbasis Cloud sehingga setiap perubahan dilakukan secara real-time tanpa harus penyimpan dokumen secara manual (Save atau CTRL + S).

4. Integrasi dengan Google Forms

Jika pengguna ingin membuat survei melalui Google Forms, maka hasilnya secara otomatis tersimpan dalam format .xls (Google Sheets).

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheets

Kelebihan Google Sheets

Meskipun memiliki fitur yang cukup beragam, Google Sheets masih kalah dengan Microsoft Excel dengan fitur-fiturnya yang lebih profesional. Berikut kelebihan dari Google Sheets yang perlu kamu ketahui:

1. Gratis

Pengguna dapat menggunakan Google Sheets secara gratis dan tanpa perlu melakukan instalasi dengan akses melalui halaman Google Sheets menggunakan akun Gmail.

2. Akses dari Manapun dan Kapanpun

Karena berbasis Cloud, maka pengguna dapat membuat, membuka, serta mengedit dokumen dari mana pun dan kapan pun (asalkan perangkat terhubung internet).

3. Kapasitas Penyimpanan Cukup Besar

Dengan kapasitas Google Drive sebesar 15 GB tentunya sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk penyimpan dokumen-dokumen G Suite.

4. Memiliki Tingkat Keamanan yang Baik

Google menjamin keamanan pada setiap dokumen yang telah dibuat, sehingga tanpa persetujuan akses dari pengguna maka dokumen tidak dapat diakses oleh pengguna lain.

5. Support Pada Beragam Browser

Pengguna bisa menggunakan Google Sheets pada beragam browser populer seperti Internet Explorer, Google Chrome, Apple Safari, dan lainnya. Pengguna bisa menggunakan Google Sheets melalui perangkat Android dan iOS.

Kekurangan Google Sheets

Berikut ini beberapa kekurangan dari Google Sheets yang perlu kamu ketahui:

1. Kurangnya Fitur Profesional

Untuk fitur standar, Google Sheets memang sudah lebih dari cukup. Tetapi untuk fitur yang lebih profesional Microsoft Excel masih menjadi yang terbaik.

2. Belum Tersedia Versi Desktop

Sayangnya, Google Sheets belum tersedia untuk perangkat desktop seperti Windows, Mac, ataupun Linux. Hanya tersedia dalam versi web, Android, iOS, dan Chrome OS.

Cara Membuat Spreadsheet

Selain memahami pengertian Google Sheets, sebaiknya kamu juga bisa mengenali cara membuat Spreadsheet. Untuk membuat Spreadsheet sangatlah sederhana.

Kamu hanya perlu membuka layar utama Spreadsheet, kemudian klik Baru + untuk membuka Spreadsheet baru. Setelah itu, kamu bisa mengedit, menambahkan teks, sampai formula.

Karena Google Spreadsheet berbasis web atau cloud computing, maka kamu tidak perlu khawatir jika semua orang bisa mengedit data yang kamu miliki di sana selama memiliki link-nya.

Karena kamu bisa membagikan file tersebut ke orang lain dengan cara memilih apakah mereka bisa mengedit, mengomentari, atau hanya sekadar melihat file.

FAQ

Berikut pertanyaan seputar Googel Sheets atau Spreadsheet.

Apakah Perbedaan Antara Google Spreadsheet dengan Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program atau perangkat lunak manajemen data berbasis spreadsheet dari Microsoft. Sedangkan Google Sheets adalah fitur atau aplikasi dari Google yang melakukan aktivitas yang sama seperti Excel, seperti menghitung data berupa angka, memasukkan data dan formula, memformat sel, dan membuat grafik.

Baca Juga:

Pengertian Google Slides, Fungsi dan Fitur
Pengertian Google Docs, Manfaat dan Cara Menggunakannya
Pengertian Google Meet, Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar Google Sheets atau Spreadsheet, mulai dari pengertian Google Sheets, fungsi dan manfaatnya, beberapa fitur yang dimilikinya, serta kelebihan dan juga kekurangan dari Google Sheets yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian Google Sheet atau Google Spreadsheet adalah software (perangkat lunak) berbasis Web yang dikembangkan oleh Google dan berfungsi untuk mengolah data angka, tabel serta analisis data yang berkaitan dengan angka.

Related Articles

Back to top button