Pengertian WWW, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan menjelaskan tentang WWW (World Wide Web), mulai dari pengertian WWW, fungsi, contoh, serta perbedaan antara WWW dan HTTP.

Perlu kamu ketahui WWW adalah singkatan dari World Wide Web. WWW berisi halaman web, gambar, video, dan konten online lainnya yang dapat diakses melalui browser web.

Untuk mentransfer halaman web ke komputer, kamu membutuhkan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Sebuah frasa atau kata dapat berisi tautan ke situs web lain berkat adanya hypertext.

Memahami Pengertian WWW

Pengertian WWW atau World Wide Web adalah lingkungan informasi internet yang menggunakan pengenal global yang dikenal sebagai Variety Resource Identifiers/URI untuk mengidentifikasi sumber daya yang relevan.

World Wide Web adalah jaringan server web dari seluruh dunia yang menawarkan informasi dan data yang dapat dibagikan.

World Wide Web, yang merupakan komponen dari internet, terdiri dari data seperti suara, video, foto, dan video. Di dunia, WWW adalah mekanisme untuk mentransfer dan mendistribusikan data dalam skala global melalui Internet.

Menurut masyarakat awam, WWW adalah keseluruhan dari internet itu sendiri untuk mencari apapun di mesin pencari Google, kenyatannya WWW hanya sebagian saja. Dalam artikel ini akan dibahas apa pengertian WWW, fungsi, manfaat, sejarah, contoh, serta kelebihan WWW.

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian WWW (World Wide Web) menurut para ahli:

1. Pengertian WWW Menurut MCLeod (Pearson)

Pengertian Www menurut MCLeod adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.

2. Pengertian WWW Menurut V. Djong

Definisi WWW menurut V. Djong adalah fasilitas di internet untuk layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain ditulis secara lengkap, misalnya www.google.co.id.

3. Pengertian WWW Menurut Akbar Kaelola

Pengertian WWW menurut Akbar Kaelola adalah media bagi manusia dalam kegiatan berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa di internet.

4. Pengertian WWW Menurut Lisa Kuswayatno

Pengertian WWW (World Wide Web) menurut Lisa Kuswayatno adalah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.

5. Pengertian WWW Menurut Yuhefizar

Definisi WWW menurut Yuhefizar adalah metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses melalui sebuah paladen/ browser.

6. Pengertian WWW Menurut F. Budi Hardiman

Menurut F. Budi Hardiman, pengertian World Wide Web adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.

Sejarah WWW

Sejarah WWW

WWW (World wide web) mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet yang lainnya. Pada sekitar tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas jaringan Internet.

Web telah menjadi begitu luas sehingga sering keliru dengan kata Internet itu sendiri, meskipun fakta bahwa frasa “di Web” dan “di Internet” tidak sama.

Web adalah sistem pengiriman dokumen yang tersebar yang berjalan di internet. Web telah dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), yaitu suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss.

Tujuannya semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai macam lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.

WWW (World wide web) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991-an. Pada awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya.

Dan untuk itu, ia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadinya. Sistem tersebut adalah program peranti lunak yang dinamai Equire.

Dengan program itu, Berners-Lee telah berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip-arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi sebuah dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.

World Wide Web (WWW) ini telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini. Berikut penjelasannya:

  1. Tahun 1989
    Tim Berners-Lee awalnya mengusulkan pengembangan protokol internet yang akan berfungsi sebagai sistem pengiriman informasi.
  2. Tahun 1990
    Tim Berners Lee kemudian menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yakni HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), serta juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  3. Tahun 1991
    Tim Berners Lee kemudian menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.
  4. Tahun 1993
    Marc Andersen serta timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberinama Mosaic serta berbasis grafik untuk OS X-Windows.
  5. Tahun 1994
    Andersen kemudian bekerjasama dengan Jim Clark untuk membuat Netscape yang setelah itu menggantikan ketenaran Mosaic ialah sebagai web browser.
  6. Tahun 1995
    Terdapat sekitar 300.000 website di internet yang mana pada tahun sebelumnya itu hanya 50 website.
  7. Tahun 2009
    Tim Berners-Lee kemudian mendirikan World Wide Web Foundation, yang mana tujuannya ialah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.

Fungsi WWW

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari WWW yang perlu kamu ketahui:

1. Web Mail Service

Layanan email web memungkinkan pelanggan mengirim, menerima, dan meninjau pesan email langsung dari browser web mereka.

Web mail service menawarkan akses mudah dan penyimpanan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke Internet dari lokasi biasanya

Web mail service menawarkan banyak fitur dan fungsi yang sama untuk mengelola e-mail sebagai perangkat lunak email desktop seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird. Beberapa layanan web mail service yang lebih populer adalah Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan AOL Mail.

Saat masuk ke web mail service, kamu cukup memasukkan URL situs webmail web di kolom alamat atau lokasi browser, dan kemudian menggunakan akun webmail dengan mengetikkan nama pengguna serta kata sandi.

2. Search Engine

Intinya, WWW memudahkan mesin pencari untuk meringkas semua situs web di dunia. Karena ada ratusan juta situs di internet, maka hadirlah search engine alias mesin pencari.

Mesin pencari adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mencari informasi atau konten di internet. Ini membantu dalam mengambil informasi yang dibutuhkan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Ini memungkinkan kamu untuk memasukkan kata kunci atau frasa tertentu dan mengambil daftar item yang cocok dengan kata kunci dan frasa tersebut.

Dengan demikian, tidak langsung memberikan informasi, itu hanya mengambil halaman yang terkait dengan kata kunci atau istilah pencarian lainnya. Beberapa mesin pencari yang populer adalah Google, Bing, dan Yahoo!, Search.

3. Web Hosting

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan orang dan bisnis untuk mengirimkan situs web dan/atau halaman web ke internet. Situs web disimpan atau dihosting di komputer tertentu yang dikenal sebagai server.

Ketika para pengguna internet ingin melihat sebuah situs maka yang perlu dilakukan oleh mereka ialah dengan mengetikkan alamat situs web atau domain pada browser mereka. Maka komputer mereka yang sudah terhubung ke internet otomatis akan langsung terhubung ke server dan halaman website.

4. Portal

Portal adalah layanan internet yang menyediakan banyak layanan sekaligus, seperti email, berita, chat, dan tanya jawab. Yahoo.com adalah situs yang sangat populer.

Contoh WWW (World Wide Web)

Contoh WWW (World Wide Web)

Tentu saja, pengguna internet telah mendengar tentang World Wide Web. Sebagian besar situs web di internet memulai nama domain mereka dengan WWW.

Berikut ini adalah beberapa contoh WWW:

  • www.google.com
  • www.maxmanroe.com
  • www.yahoo.com
  • www.facebook.com
  • www.twitter.com
  • www.youtube.com
  • Dan lain-lain

Perbedaan WWW dengan HTTP

Jika kamu perhatikan, apakah nama domain situs web ini WWW atau HTTP? Sebagian besar URL yang ada saat ini menggunakan HTTP; misalnya URL website ini adalah https://www.teknatekno.com/. Namun, mengakses melalui WWW atau HTTP sama-sama layak, oleh karena itu tidak ada masalah.

World Wide Web (WWW) adalah kumpulan dokumen hypertext yang dapat diakses melalui internet. Sedangkan HTTP merupakan protokol standar untuk komunikasi internet.

WWW menunjukkan bahwa situs web adalah bagian dari World Wide Web, dan HTTP menunjukkan bahwa browser dan server berinteraksi menggunakan protokol.

Intinya keduanya saling terkait erat, mungkin kamu akan menemui beberapa jenis URL berikut ini di Internet:

  • https://www.teknatekno.com/
  • https://www.teknatekno.com/
  • www.teknatekno.com
  • https://www.teknatekno.com/
  • teknatekno.com

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai WWW, mulai dari pengertian WWW, fungsi, contoh, serta perbedaan antara WWW dan HTTP.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian WWW adalah lingkungan informasi internet yang menggunakan pengenal global yang dikenal sebagai Variety Resource Identifiers/URI untuk mengidentifikasi sumber daya yang relevan.

World Wide Web adalah jaringan server web dari seluruh dunia yang menawarkan informasi dan data yang dapat dibagikan. WWW (World Wide Web) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991-an. Pada awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button