Pengertian Laporan Perubahan Modal, Fungsi dan Komponen

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar apa itu laporan perubahan modal? Berikut penjelasan mulai dari pengertian laporan perubahan modal, fungsi, tujuan, unsur-unsur, komponen serta langkah-langkah penyusunan yang perlu kamu ketahui.

Secara umum pengertian laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang disusun oleh perusahaan atau pebisnis untuk mengetahui proyeksi atau gambaran terkait penurunan maupun peningkatan aktiva bersih pada periode atau siklus akuntansi tertentu.

Laporan ini memuat berbagai informasi mengenai segala sesuatu yang menyebabkan modal berubah, baik itu naik maupun turun.

Memahami Pengertian Laporan Perubahan Modal

Memahami Pengertian Laporan Perubahan Modal

Pengertian laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang disusun oleh suatu perusahaan untuk menggambarkan kenaikan atau penurunan aktiva bersih sepanjang periode siklus akuntansi.

Dalam laporan tersebut juga akan berisi informasi tentang hal apa saja yang menyebabkan modal bisa berubah menjadi bertambah atau berkurang.

Sebagai pemilik perusahaan, kamu akan mengetahui dengan detail setiap perubahan yang terjadi. Biasanya, laporan terdiri dari modal awal perusahaan, laba atau rugi yang didapat dan juga prive atau withdrawal.

Di Indonesia sendiri, kamu akan banyak menemukan perusahaan yang memiliki laporan perubahan ekuitas. Terlebih, untuk perusahaan yang sudah go public dan terdaftar di bursa efek indonesia.

Pengertian Menurut Para Ahli Laporan Perubahan Modal

Pengertian serupa juga dikemukakan oleh beberapa ahli akuntansi, beberapa di antaranya:

1.  Pengertian Menurut Agus Purwaji

Laporan perubahan modal adalah laporan yang menyajikan perubahan ekuitas selama 1 periode akuntansi. Laporan ini terdiri atas beberapa elemen, di antaranya modal awal periode, penambahan dan pengurangan selama 1 periode, dan modal akhir periode.

2. Pengertian Menurut Hery

Laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar perubahan pos-pos ekuitas suatu perusahaan untuk 1 periode tertentu.

3. Pengertian Menurut Kasmir

Laporan perubahan ekuitas adalah laporan keuangan yang mencatat informasi tentang penyebab bertambah dan berkurangnya modal selama kurun waktu tertentu.

4. Pengertian Menurut Sodikin dan Riyono

Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan keuangan yang secara sistematis menyajikan informasi tentang perubahan ekuitas perusahaan yang diakibatkan operasi perusahaan dan transaksi dengan pemilik pada suatu periode akuntansi tertentu.

Jadi jika disimpulkan, laporan perubahan ekuitas merupakan laporan yang berisi informasi mengenai penambahan dan pengurangan ekuitas perusahaan dalam periode tertentu, beserta penyebab terjadinya perubahannya.

Fungsi Laporan Perubahan Modal

Fungsi utama laporan perubahan modal ini adalah untuk memberikan perincian tentang semua pergerakan akun modal selama periode akuntansi, yang sebaliknya tidak tersedia dalam laporan keuangan lainnya.

Dengan demikian, ini membantu pemegang saham dan investor dalam membuat keputusan yang lebih tepat tentang investasi mereka. Selanjutnya, Lapotan ini juga memungkinkan para analis dan pembaca laporan keuangan lainnya untuk memahami faktor-faktor apa yang mengakibatkan perubahan modal ekuitas.

Tujuan Laporan Perubahan Modal

Tujuan Laporan Perubahan Modal

Dalam laporan perubahan modal terdapat informasi mengenai perbedaan antara aset dan kewajiban dari satu periode akuntansi ke periode berikutnya. Tentu ini akan mempermudah kamu dalam mengetahui pergerakan ekuitas dalam perusahaan kamu.

Informasi ini dapat diperoleh dari laporan neraca. Namun, ini tidak akan memberikan rincian terkait perubahan yang telah terjadi dalam ekuitas. Untuk tujuan inilah, perusahaan perlu membuat laporan perubahan ekuitas.

Tujuan lain dari laporan perubahan modal adalah untuk memberikan informasi leboh lanjut kepada para pemegang saham mengenai strategi investasi mereka.

Ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi nilai nominal saham biasa atau treasury, memperjelas laba ditahan dan memperkuat kepercayaan investor pada perusahaan.

Selain itu, laporan ini juga dapat membantu pemegang saham untuk melihat apa yang mempengaruhi keuntungan atau kerugian ekuitas selama periode akuntansi.

Selanjutnya, laporan ini membantu analis dan pembaca laporan keuangan lainnya dalam memahami variabel yang mendorong perubahan modal ekuitas.

Laporan perubahan ekuitas biasanya berisi sebagai berikut:

  1. Net profit atau net loss.
  2. Pembelian saham treasury.
  3. Hasil dari penjualan saham.
  4. Pembayaran dividen.
  5. Pengaruh perubahan nilai wajar pada aset.
  6. Efek koreksi kesalahan pada periode akuntansi sebelumnya.

Unsur-Unsur Perubahan Modal

Dalam menyusun laporan perubahan modal sebenarnya mudah dilakukan oleh seorang akuntan jika memahami unsur-unsur dalam laporan. Unsur unsur laporan perubahan modal adalah sebagai berikut ini:

  1. Laba tidak di bagi per awal tahun (awal periode)
  2. Laba neto periode akuntansi.
  3. Laba tidak dibagi per akhir periode.
  4. Dividen yang diumumkan.

Komponen yang Ada Didalam Perubahan Modal

Komponen yang Ada Didalam Perubahan Modal

Berikut adalah komponen inti dari laporan perubahan modal:

1. Saldo Pembukaan atau Awal

Ini menunjukkan stabilitas aset ekuitas pemegang saham dari awal periode pencatatan yang sebanding seperti yang diinstruksikan oleh laporan posisi keuangan periode sebelumnya.

Saldo awal tidak disesuaikan sehubungan dengan perubahan kesalahan periode sebelumnya yang diselesaikan pada periode yang ada dan hasil dari variasi kebijakan akuntansi yang dilaksanakan sepanjang waktu karena dapat diakses dengan jelas dalam laporan perubahan ekuitas.

2. Hasil Variasi Kebijakan Akuntansi

Ketika variasi dalam strategi akuntansi digunakan dalam retrospeksi, perubahan sangat penting dalam investasi pemegang saham pada awal periode pencatatan relatif untuk menegaskan kembali ekuitas utama dengan jumlah yang akan dicapai jika strategi akuntansi yang berbeda berfungsi.

3. Pengaruh Koreksi Kesalahan Periode Sebelumnya

Pengaruh koreksi kesalahan periode sebelumnya harus dapat diperoleh secara jelas dalam laporan perubahan ekuitas sebagai perubahan terhadap investasi awal.

Hasil koreksi tidak dapat diambil berbeda dengan saldo awal investasi modal sehingga jumlah yang ada dalam laporan periode yang ada dapat dengan mudah diselesaikan dan diuraikan dari akun keuangan periode sebelumnya.

4. Saldo yang Disajikan Kembali

Ini merupakan ekuitas yang merupakan karakteristik terhadap pemegang saham pada awal periode relatif setelah perubahan sehubungan dengan variasi strategi akuntansi dan perubahan kesalahan perhitungan periode sebelumnya seperti dijelaskan di atas.

5. Variasi Modal Saham

Subyek tambahan modal saham sepanjang periode dapat ditambahkan dalam laporan perubahan modal, sementara pemulihan saham dapat dikurangkan darinya. Topik dan hasil pemulihan saham tersedia dengan mudah untuk cadangan premium saham dan cadangan modal saham.

6. Dividen

Pembayaran dividen yang dibagikan atau diumumkan sepanjang periode waktu dapat dikurangkan dari ekuitas pemegang saham karena menandakan penyerahan modal yang dicirikan oleh pemegang saham.

7. Rugi atau Keuntungan Untuk Periode Tersebut

Ini menunjukan keuntungan atau kerugian yang ditandai dengan pemegang saham sepanjang periode waktu seperti yang ditunjukan dalam laporan laba rugi.

8. Perubahan Revisi Cadangan

Revisi laba dan rugi yang didokumentasikan sepanjang periode waktu dapat ditawarkan dalam laporan perubahan modal sejauh mereka diterima selain dari laporan laba rugi juga. Revisi laba didokumentasikan dalam laporan laba rugi karena pengurangan kerugian dari nilai sebelumnya.

9. Keuntungan dan Kerugian Tambahan

Keuntungan dan kerugian lain yang tidak ditampilkan pada laporan laba rugi dapat dilihat pada laporan perubahan ekuitas. Misalnya laba rugi aktuaria.

10. Saldo Akhir

Ini menandakan stabilitas investasi ekuitas pemegang saham dengan berakhirnya periode waktu pencatatan seperti yang diungkapkan dalam laporan posisi keuangan.

Langkah-Langkah Penyusunan Laporan Perubahan Modal

Untuk mempersiapkan pernyataan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat akun terpisah di buku besar untuk setiap jenis ekuitas untuk nilai nominal saham, tambahan modal, dan laba ditahan.
  2. Catat setiap transaksi ke dalam masing-masing akun ekuitas ke spreadsheet, dan identifikasi dalam spreadsheet.
  3. Urutkan transaksi ke dalam spreadsheet ke dalam jenis yang serupa, dan catat ke item baris terpisah dalam laporan perubahan ekuitas.
  4. Lengkapi data dan periksa kembali apakah saldo awal dan saldo akhir sesuai dengan yang ada dalam laporan keuangan buku besar.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai, mulai dari pengertian laporan perubahan modal, fungsi, tujuan, unsur-unsur, komponen serta langkah-langkah penyusunan yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian perubahan laporan modal adalah laporan keuangan yang disusun oleh suatu perusahaan untuk menggambarkan kenaikan atau penurunan aktiva bersih sepanjang periode siklus akuntansi.

Laporan perubahan modal ini adalah untuk memberikan perincian tentang semua pergerakan akun modal selama periode akuntansi, yang sebaliknya tidak tersedia dalam laporan keuangan lainnya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button