Pengertian Marginal Utility, Jenis, Contoh dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan membahas seputar marginal utility, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, cara kerja, serta contoh penerapan marginal utility yang perlu kamu ketahui.

Ketika membahas tentang teori perilaku konsumen,salah satu aspek yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah marginal utility atau utilitas marjinal. Marginal utility menjadi hal yang penting karena mempengaruhi produk kamu dapat diminati oleh konsumen di pasaran.

Utility atau Utilitas Utilitas adalah manfaat yang diterima konsumen setelah menggunakan produk kamu, dimana utilitas merupakan kekuatan dari sebuah produk untuk dapat membuat konsumen puas. Untuk lebih jelasnya lagi mengenai pengertian marginal utility, yuk simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Marginal Utility

Memahami Pengertian Marginal Utility

Marginal utility atau utilitas marjinal adalah istilah ekonomi yang mengukur manfaat pelanggan dalam membeli layanan dari suatu organisasi. Hukum utilitas marjinal yang semakin berkurang menggambarkan bagaimana manfaat atau utilitas produk memiliki efek yang berlawanan pada jumlah unit yang ada.

Utilitas marjinal suatu produk dapat ditentukan oleh persepsi pelanggan terhadap suatu merek, yang mempengaruhi keputusan mereka untuk tetap setia padanya atau melihat produk serupa yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda berdasarkan tingkat kepuasan mereka.

Setelah itu, pemasar harus bekerja mengembangkan strategi untuk mempertahankan permintaan yang tinggi akan produk dan jasa bahkan ketika utilitas marjinal mereka menurun.

Sejarah Singkat Marginal Utility

Dimulai abad ke-18, Adam Smith, seorang ekonom, menyatakan teori paradoks nilai yang dikenal pula dengan teori paradoks berlian-air. Menurutnya, meskipun air memiliki peran yang sangat penting di kehidupan manusia, tetapi nilainya jauh di bawah berlian.

Kemudian di tahun 1870an, ekonom William Stanley Jevons, Carl Menger, dan Leon Walras, membalas teori paradoks nilai dengan teori marginal utility. Dari teori ini dapat ditarik kesimpulan bahwa keputusan ekonomi terjadi karena marginal utility, bukan utilitas total.

Cara Kerja Marginal Utility

Persamaan marginal utility didapatkan dengan rumus: marginal utility barang X per marginal utility Y sama dengan harga tiap satuan barang X per barang Y. Atau bisa dibuat rumus MUX/MUY = PX/PY.

  • MUX = marginal utility barang X
  • PX = harga per unit barang X
  • MUY = marginal utility Y
  • PY = harga per unit barang Y

Dengan demikian, cara kerja marginal utility adalah adanya peningkatan atau penurunan kepuasan sebagai akibat dari peningkatan atau penurunan konsumsi produk. Marginal utility terjadi seiring dengan pembelian berikutnya.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan marginal utility kamu jika kamu adalah produsen atau penjual, diantaranya sebagai berikut:

1. Libatkan Konsumen di Akun Sosial Media Bisnis

Ciptakan atau bangun engagement dengan para konsumen dari produk di sosial media. Di zaman yang memiliki kekuatan dunia maya, jauh lebih besar pengaruhnya dan lebih cepat menyebarnya ke seluruh orang di berbagai penjuru dunia.

2. Jalankan Kampanye Iklan

Kamu bisa menjalankan kampanye iklan berbayar per klik, seperti di Facebook Ads atau Instagram Ads. Sisipkan URL ke situs bisnis yang sudah lengkap dengan kolom pembelian beserta form survei tingkat kepuasan konsumen.

3. Lakukan Survei dan Kumpulkan Datanya

Bagikan survei terkait kepuasan kepada konsumen dan usahakan agar mereka memberikan kontaknya, misalnya nomor ponsel serta email. Selanjutnya, kamu bisa mengirimkan secara rutin survei atau apapun untuk mendapatkan feedback dari konsumen atas produk-produk.

Jenis Marginal Utility

Jenis Marginal Utility

Terdapat 3 jenis marginal yang menilai kepuasan konsumen terhadap penambahan daya beli konsumen terhadap produk. Dan berikut adalah jenis-jenisnya yaitu:

1. Marginal Utility Nol

Marginal utility nol terjadi apabila konsumen membeli banyak produk dengan tingkat kepuasan tetap sama dengan pembelian sedikit barang. Sebagai contoh, ketika konsumen membeli banyak majalah dan menyimpanya sebagai referensi, namun majalah-majalah tersebut memiliki nilai yang sama antara satu dan yang lainnya.

2. Marginal Utility Positif

Margin utility positif terjadi apabila konsumen membeli banyak produk yang selaras dengan tingkat kepuasan yang juga ikut meningkat. Sebagai contoh, seorang konsumen membeli produk A, dan dia membagikannya kepada keluarga, teman maupun koleganya.

Seorang influencer merupakan salah satu pemain penting untuk membuat pengikutnya tertarik, jika mereka membeli produk secara massal dan ikut membagikannya di media sosial mereka.

3. Marginal Utility Negatif

Margin utility negatif terjadi apabila konsumen yang membeli banyak produk,tetapi hanya digunakan beberapa produk saja. Sebagai contoh, konsumen yang membeli banyak mie untuk stok, namun konsumen tersebut tidak bisa menikmatinya semua karena produk ada yang rusak dan kadaluarsa.

Contoh Penerapan Marginal Utility

Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan marginal utility dalam kehidupan sehari-hari:

1. Contoh Marginal Utility Negatif

Membeli telur dengan jumlah lebih banyak memang lebih murah, tetapi jika kamu hidup seorang diri di kos dan membeli 5 kg telur ayam sebagai stok bahan makanan, kemungkinan besar akan terjadi marginal utility negatif.

Sebab, kemungkinan besar kamu hanya akan mengonsumsi separuhnya saja karena busuk atau rusak. Penyebabnya, karena kamu bosan jika makan telur terus sehingga terlalu lama menyimpannya. Disitulah terjadi marginal utility negatif.

2. Contoh Marginal Utility Positif

Kamu membeli 1 dus gula dan merasa puas. Lalu, kamu membagikannya pada keluarga, tetangga, atau teman. Nah, itu artinya, telah terjadi marginal utility positif.

3. Contoh Marginal Utility Nol

Contoh marginal utility adalah ketika kamu memakan sepotong pizza dan sudah merasa kenyang, namun tetap memakannya lagi. Di potongan kedua dan ketiga, rasanya biasa saja atau tidak lebih puas. Ini akan berarti terjadi marginal utility nol, karena kamu tidak mendapatkan kepuasan atau nilai tambah apapun.

Tips Meningkatkan Marginal Utility Menggunakan Strategi Marketing

Tips Meningkatkan Marginal Utility Menggunakan Strategi Marketing

Utilitas marjinal tidak hanya mengukur keuntungan tetapi juga kepuasan pelanggan berdasarkan jumlah unit yang dibeli. Berikut ini cara kamu dapat menggunakan perhitungan utilitas marjinal untuk meningkatkan hubungan yang kamu miliki dengan pelanggan kamu:

1. Berinteraksi dengan Konsumen di Media Sosial

Pelanggan dapat mengirim pesan langsung kepada kamu jika mereka ingin mengungkapkan pendapat mereka tentang produk kamu, tetapi kamu harus terlibat dengan mereka untuk melihat apakah mereka masih berencana membeli lebih banyak unit dari kamu setelah pembelian yang mereka lakukan saat ini.

Semakin kuat hubungan kamu dengan pelanggan, semakin besar kemungkinan kamu untuk meningkatkan utilitas marjinal. Sesuaikan percakapan kamu dengan pesan orang tersebut, tetapi kamu ingin memperhatikan bahwa demografi yang ditargetkan menggunakan platform yang berbeda.

2. Kumpulkan Informasi Data dari Survei

Survei dapat ditampilkan dalam pesan email jika pelanggan berlangganan daftar email kamu. Disarankan agar kamu berusaha keras untuk membuat pengguna mengisi formulir kontak di situs web kamu.

Setelah kamu mendapatkan semua informasi kontak mereka, kamu dapat mengirimkan survei melalui email untuk mengetahui umpan balik yang mereka miliki dan kamu akan mengetahui persis produk yang mereka beli dari bisnis kamu.

Kamu juga bisa mengukur minat mereka untuk membeli produk yang sama lagi atau jika mereka ingin membeli produk yang berbeda dari kamu.

3. Pertimbangkan Untuk Menjalankan Kampanye Iklan

Pay-per-click (PPC)meningkatkan keterpaparan ke situs web kamu jika kamu membeli kata kunci yang tepat dari mesin pencari.

Mereka bisa membuka situs web kamu, mengklik hyperlink-nya dan menavigasi ke halaman formulir kontak kamu untuk memberikan pendapat mereka, sehingga kamu dapat mengukur kepuasan pelanggan mereka.

Cara lain yang efektif adalah dengan mendesain situs web kamu memiliki ikon yang menanyakan pelanggan apakah mereka membeli produk kamu sebelumnya. Jika demikian, mereka dapat mengeklik ikon tersebut dan itu akan menampilkan survei sebagai item tindakan yang harus mereka isi.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian marginal utility atau utilitas marjinal, beserta jenis-jenisnya dan juga contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian marginal utility adalah adalah besarnya perubahan utilitas karena penambahan satu unit barang yang dikonsumsi. Atau dengan kata lain, marginal utility dapat dipandang sebagai tambahan total utility yang dibuat dari tambahan konsumsi satu barang.

Related Articles

Back to top button