Pengertian Kecerdasan Buatan, Jenis dan Contohnya

Teknatekno.com – Seiring berkembangnya teknologi membuat banyak perangkat pintar yang kemudian mengadopsi teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Pengertian kecerdasan buatan itu sendiri adalah sebuah teknologi yang dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan sehari-hari manusia.

Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan pengertian kecerdasan buatan serta jenis, dan contoh dari kecerdasan buatan tersebut, yuk simak artikel dibawah ini.

Apa itu Kecerdasan Buatan?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, secara umum pengertian kecerdasan buatan adalah teknologi yang dikembangkan oleh manusia dengan tujuan membantu dan menyederhanakan pekerjaan manusia.

Dari segi terminologi, teknologi kecerdasan buatan terdiri dari dua kata: “kecerdasan” dan “buatan”. Dalam bentuknya yang paling dasar, itu mungkin dicirikan sebagai kecerdasan atau bakat buatan manusia. Dimana kecerdasan otak manusia secara alami dimiliki dan meningkat selama seseorang bernafas.

Sementara itu, seseorang dengan kecerdasan bawaan ini menyusun suatu sistem atau teknologi. Idenya adalah untuk peralatan ini untuk membuat pekerjaan lebih mudah untuk dirinya sendiri atau orang lain (manusia). Sebelumnya, AI disebut sebagai alat yang berhasil dibangun dan teknologi yang berhasil lahir.

Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli

Banyak para ahli yang mendefinisikan kecerdasan buatan ini, beberapa diantaranya yaitu:

1. Kecerdasan Buatan Menurut Kusumadewi

Kecerdasan buatan adalah sebuah studi yang membuat komputer bisa melakukan sesuatu seperti yang dilakukan manusia.

2. Kecerdasan Buatan Menurut Kristianto

Kecerdasan buatan adalah sebuah bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang dibuat khusus untuk perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam suatu sistem kecerdasan komputer.

3. Kecerdasan Buatan Menurut McLeod dan Schell

Kecerdasan buatan adalah suatu kegiatan penyediaan mesin seperti komputer yang mempunyai kemampuan untuk menampilkan sebuah perilaku di mana akan terlihat dan dianggap sama cerdasnya dengan manusia.

4. Kecerdasan Buatan Menurut Russel dan Norvig

Kecerdasan buatan bisa dikelompokkan menjadi dua dimensi utama yang membicarakan tentang penalaran atau proses berpikir dan bertindak yang kemudian kecerdasan buatan bisa lebih dijelaskan lagi menurut kinerja dan rasionalitasnya.

5. Kecerdasan Buatan Menurut Gaskin

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Kecerdasan diciptakan dan kemudian dimasukkan ke dalam mesin komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan manusia.

6. Kecerdasan Buatan Menurut Rich and Knight

Kecerdasan buatan adalah sebuah studi mengenai bagaimana cara agar suatu komputer melakukan hal hal yang saat ini dilakukan manusia.

7. Kecerdasan Buatan Menurut H. A. Simon

Kecerdasan buatan adalah semua tempat penelitian, intruksi dan aplikasi yang berkaitan dengan pemrograman komputer guna melakukan suatu hal yang dianggap cerdas oleh manusia.

8. Kecerdasan Buatan Menurut John McCarthy

Kecerdasan buatan adalah memodelkan suatu proses berpikir manusia dan mendesain mesin supaya bisa menirukan perilaku manusia.

Sejarah Kecerdasan Buatan

Sejarah Artificial Intelligence (AI)

Dari penjelasan diatas, kamu mungkin bertanya-tanya kapan kecerdasan buatan pertama kali diperkenalkan di Bumi. Meskipun teknologi pintar baru-baru ini menjadi populer. Ketika sejarah perkembangannya ditelaah, ditemukan bahwa itu dimulai beberapa dekade yang lalu.

Menurut banyak sumber, kata AI pertama kali digunakan pada tahun 1956. Saat itu, penelitian awal tentang teknologi AI telah dimulai, meskipun masih relatif mendasar. Karena teknologi di tahun 1950-an belum secanggih sekarang. Pada saat itu, eksplorasi topik dasar baru saja dimulai.

Sebagai contoh, pertimbangkan subjek menangani masalah dasar diikuti dengan topik teknik simbolis. Menjelang tahun 1960-an, Amerika Serikat mulai memperhatikan teknologi AI yang telah dikembangkan satu dekade sebelumnya. Negara adikuasa kemudian mengajarkan komputer untuk berpikir seperti manusia.

Teknologi Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) adalah salah satu contoh bagaimana Amerika Serikat menggunakan kecerdasan buatan pada saat itu. Prestasi pertama DARPA datang ketika menyelesaikan pemetaan jalan pada tahun 1970-an.

Baru kemudian, pada tahun 2003, DARPA berhasil mengembangkan asisten pribadi yang cerdas. Akibatnya, itu adalah pelopor dalam teknologi AI jauh sebelum Siri dan Alexa didirikan.

Selain DARPA, ada lebih banyak program lain yang mencoba menggunakan AI, dan tidak hanya di Amerika Serikat. Namun, semua bangsa di dunia.

Masa awal AI mulai dikenal publik dan kemudian ditemukan memiliki kapasitas tinggi untuk meniru perilaku manusia. Lalu ada banyak keyakinan negatif tentang bagaimana teknologi akan menggantikan manusia. Selain itu, stigma AI ditonjolkan dengan representasinya di berbagai film, yang seringkali menakutkan.

Misalnya, ada film di mana robot dengan teknologi AI menyerbu manusia. Menyerang manusia dan menguasai dunia, menyebabkan kehancuran besar bagi umat manusia. Namun, seiring berjalannya waktu, AI menerima balasan dan skor yang lebih baik.

Selain itu, saat ini ada banyak gadget dengan teknologi ini yang dapat dengan mudah membantu tugas sehari-hari dan juga mudah dikelola. Ini menandakan bahwa Ai tidak lagi dianggap sebagai lawan atau bahaya, melainkan seorang teman.

Tujuan Kecerdasan Buatan

Berikut ini beberapa tujuan dari kecerdasan buatan:

Kecerdasan buatan memiliki tujuan yaitu dapat membantu dan mempermudah pekerjaan dari manusia dalam melakukan pekerjaannya sehari hari.
Kecerdasan buatan dapat membuat mesin lebih pintar dan lebih canggih. Komputer, misalnya, saat ini pintar dan mampu melakukan berbagai tugas seperti mengobrol, panggilan video, dan sebagainya.
Kecerdasan buatan memiliki tujuan untuk membantu dalam pemecahan masalah dan berguna bagi semua orang yang memanfaatkannya.

Manfaat Kecerdasan Buatan

Banyak manfaat yang didapatkan dari menggunakan kecerdasan buatan, diantaranya:

Kecerdasan buatan memiliki manfaat karena dapat mengevaluasi lebih banyak data dengan menggunakan jaringan syaraf tiruan dengan beberapa lapisan tersembunyi.
Kecerdasan buatan memiliki keunggulan untuk menambah kecerdasan pada sebuah gadget atau meningkatkan kredibilitas dan kegunaannya.
Kecerdasan buatan memiliki keuntungan sering mengotomatisasi pembelajaran dari data.Kategori Kecerdasan Buatan

Kategori Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan dibagi menjadi dua kategori yaitu kuat dan lemah. Berikut ini adalah rincian dari dua kategori kecerdasan buatan:

1. Strong AI

Strong AI atau kecerdasan buatan yang kuat ini termasuk ke dalam kecerdasan buatan umum yang memiliki arti sistem dari kecerdasan buatan memiliki kemampuan pengetahuan seperti manusia secara umum. Contohnya seperti e-commerce, media sosial dan lainnya.

2. Weak AI

Kecerdasan buatan sempit atau weak AI merupakan sistem kecerdasan buatan yang dibuat dan dilatih untuk melakukan pekerjaan tertentu saja. Contohnya seperti google asisstant, amazon alexa dan lainnya.

Jenis Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu kecerdasan neural AI, neural network dan symbol-manipulating AI. Berikut ini penjelasan dari ketiga jenis kecerdasan buatan yaitu:

1. Neural AI

Kecerdasan buatan jenis ini sangat terkenal pada masanya di kalangan ilmuwan komputer yaitu pada tahun 1980. Kecerdasan buatan jenis ini merupakan sistem pengetahuan yang tidak direpresentasikan ke dalam bentuk simbol, namun lebih kepada bentuk otak yang sudah di rekonstruksi dengan baik.

2. Neural Network

Kecerdasan buatan yang kedua ini merupakan jenis yang diatur ke dalam lapisan yang nanti dapat terhubung satu dengan lainnya. Terdapat dua sistem di dalam kumpulan sistem yang lebih besar dan tersusun secara hirarki. Lapisan kemudian akan mengirimkan informasi melalui jaringan.

3. Symbol-Manipulating AI

Kecerdasan buatan jenis ketiga ini bekerja menggunakan simbol abstrak. Pada jenis ini termasuk dalam perancangan yang membutuhkan banyak percobaan.

Cara Kerja Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan ini bekerja dengan memadukan berbagai data, sistem pemrosesan, dan perangkat lunak untuk belajar mengikuti pola dan karakteristik yang ada. Kecerdasan juga dapat dibangun untuk membantu berbagai sistem, termasuk algoritma canggih, internet hal, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Kecerdasan Buatan

Kelebihan Kecerdasan Buatan

Terdapat beberapa kelebihan dari kecerdasan buatan, berikut diantaranya:

Kecerdasan buatan memiliki karakter yang netral, menghasilkan penilaian yang lugas, asli, dan benar. Berbeda dengan manusia, yang membutuhkan masukan dari orang lain dan pertimbangan sebelum menentukan pilihan.
Kecerdasan buatan bersifat permanen, artinya tidak dapat dimodifikasi lagi tetapi dapat dimanfaatkan kembali.

Kekurangan Kecerdasan Buatan

Selain kelebihan, kecerdasan buatan ini juga memiliki kekurangan, seperti:

Dengan menggunakan kecerdasan buatan dapat menurunkan kinerja dari manusia di dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal ini dikarenakan beberapa pekerjaan sudah digantikan oleh kecerdasan buatan. Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, beberapa peralatan sudah menggunakan mesin dan tenaga manusia sedikit jarang digunakan.
Kecerdasan buatan memiliki kekuatan yang terbatas, tidak seperti manusia.

Contoh Penerapan dari Kecerdasan Buatan

Ada banyak contoh penerapan kecerdasan buatan saat ini. Namun, kali ini Teknatekno hanya memberikan dua contoh saja, yaitu:

1. Asissten Virtual

Asisten virtual adalah salah satu contoh aplikasi kecerdasan buatan. Teknologi asisten virtual ini disediakan oleh berbagai perangkat keras, termasuk Google Assistant, Siri, Amazon Alexa, dan lainnya. Tugas asisten virtual ini adalah menangkap semua informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dan menyediakannya tepat waktu. Selanjutnya, asisten virtual dapat digunakan untuk mengirim pesan, memutar musik, dan melakukan fungsi lainnya.

2. Layanan Kesehatan

Kecerdasan buatan atau AI memiliki peran dalam terapi perawatan kesehatan. Selain itu, kamu dapat menyesuaikan pembacaan sinar-X kamu. Kecerdasan buatan juga dapat digunakan untuk mengingatkan kamu untuk minum obat, olahraga, dan hal-hal lain.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), mulai dari pengertiannya, sejarahnya perkembangannya, jenis-jenisnya, sampai dengan kelebihan dan juga kekurangannya.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian kecerdasan buatan merupakan teknologi yang dikembangkan oleh manusia dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia. Dalam bentuknya yang paling dasar, itu mungkin dicirikan sebagai kecerdasan atau bakat buatan manusia.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button