Pengertian Wawasan Nusantara, Tujuan dan Implementasi

Teknatekno.com – Pengertian Wawasan nusantara secara umum adalah sebuah cara memandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Wawasan Nusantara, disebut juga wawasan kebangsaan, diartikan sebagai wawasan pandangan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan daerah. Apa tujuan dan fungsi wawasan nusantara? Nah kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian wawasan nusantara adalah secara etimologi berasal dari bahasa Jawa wawas yang berarti pandangan, nusa yang berarti kesatuan kepulauan dan antara yang bermakna dua samudera.

Jadi Wawasan Nusantara adalah cara pandang atau cara mengenali kesatuan kepulauan nusantara, yang terletak di antara (Asia dan Australia) serta dua samudera (Hindia dan Pasifik).

Memahami Pengertian Wawasan Nusantara

Pengertian Wawasan Nusantara Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti wawasan nusantara, maka kamu dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian wawasan nusantara menurut para ahli:

1. Pengertian Menurut Prof. Wan Usman

Wawasan nusantara, menurut Prof. Wan Usman, merupakan pandangan masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan segala aspek keberadaannya yang beraneka ragam.

2. Pengertian Menurut Samsul Wahidin

Wawasan nusantara, menurut Samsul Wahidin, adalah cara pandang, cara memahami, cara hidup, cara bersikap, bertindak, berpikir, dan bersikap bagi masyarakat Indonesia sebagai hasil interaksi proses psikologis, sosiokultural. arti luas dengan aspek asta grata.

3. Pengertian Menurut Munadjat Danusaputro

Pengertian wawasan nusantara, menurut Munadjat Danusaputro, adalah pandangan bangsa Indonesia terhadap dirinya dan sekitarnya dalam suatu eksistensi yang saling berhubungan, serta tumbuhnya di tengah lingkungan tersebut berdasarkan prinsip nusantara.

4. Pengertian Menurut Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi

Pengertian wawasan nusantara menurut Srijanti, Kaelan, dan Achmad Zubaidi adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa. bangsa dalam mencapai tujuan atau cita-cita nasionalnya.

5. Pengertian Menurut Sumarsono

Sumarsono mendefinisikan wawasan nusantara sebagai nilai yang menjiwai seluruh peraturan perundang-undangan pada setiap strata di seluruh wilayah negara, menggambarkan sikap dan perilaku, pemahaman, dan semangat nasionalisme atau nasionalisme yang tinggi, serta merupakan jati diri atau jati diri bangsa Indonesia.

  • Pandangan bangsa Indonesia tentang wawasan nusantara merupakan fenomena sosial yang dinamis yang terdiri dari tiga unsur:
  • Wilayah negara kesatuan republik indonesia yang berbentuk kepulauan dan susunan negara Republik Indonesia sebagai satu kesatuan yang utuh menjadi wadah wawasan nusantara.
  • Isi wawasan nusantara adalah nilai-nilai kebangsaan yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945 yang menginspirasi bangsa Indonesia.
  • Kode etik wawasan nusantara adalah kegiatan bangsa Indonesia untuk menerapkan konsep Pancasila dan UUD 1945, yang jika diterapkan dapat menghasilkan wawasan nusantara.

6. Pengertian Menurut M. Panggabean

Menurut M. Panggabean, konsep wawasan nusantara merupakan teori politik bangsa Indonesia untuk menjamin eksistensi negara kesatuan republik indonesia. Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mempertimbangkan pengaruh geografi, ekonomi, demografi, teknologi, dan pilihan strategis yang tersedia.

7. Pengertian Menurut Akhadiah MK

Konsep wawasan nusantara, menurut Akharga MK, adalah cara pandang masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan sekitarnya sejalan dengan keyakinan kebangsaannya.

Pancasila dan UUD 1945, khususnya, sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, berdaulat, dan bermartabat di tengah-tengah lingkungannya, yang menjiwai tindakan-tindakan kebijaksanaan dalam mencapai tujuan perjuangan bangsa.

8. Pengertian Menurut Kelompok Kerja LEMHANAS

Menurut pokja LEMHANAS (lembaga pertahanan nasional) 1999, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia yang beragam dan strategis terhadap diri sendiri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan kesatuan wilayah dalam melaksanakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan Nasional.

9. Pengertian Menurut Tap MPR Tahun 1993 dan 1998 Tentang GBHN

Menurut ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN, bangsa wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungan hidup dengan mengutamakan kesatuan bangsa.

Dan keutuhan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Fungsi Wawasan Nusantara

Fungsi Wawasan Nusantara

Mengacu pada pengertian wawasan nusantara di atas, maka fungsi utamanya adalah sebagai panduan, pedoman, acuan bagi bangsa Indonesia dalam bernegara. Fungsi wawasan nusantara dapat dikelompokkan dalam 4 kategori, yaitu:

1. Sebagai Wawasan Pembangunan

Wawasan nusantara memiliki fungsi dalam pertumbuhan Indonesia. Ini mencakup sosial politik, kesatuan politik, pertahanan dan keamanan nasional, serta faktor ekonomi dan sosial ekonomi.

2. Sebagai Konsep Ketahanan Nasional

Pemahaman berwawasan nusantara merupakan konsep jaminan sosial yang sangat penting dalam perencanaan pembangunan, perencanaan wilayah, dan pertahanan keamanan nasional.

3. Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan

Wawasan nusantara juga berfungsi sebagai pertahanan dan keamanan nasional, yang mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Perspektif ini meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Sebagai Wawasan Kewilayahan

Untuk mencegah masalah di masa depan dengan negara tetangga, wawasan nusantara berfungsi dalam memahami wawasan teritorial Indonesia, khususnya batas wilayah indonesia.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tentunya setelah kamu memahami pengertian wawasan nusantara dan fungsinya, kamu ingin tahu apa tujuannya. Secara umum tujuan wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan rasa cinta tanah air (nasionalisme) dari seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia.

Tujuan tersebut ditunjukkan melalui tindakan dan perilaku bangsa Indonesia yang mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi, golongan dan golongan, suku atau daerah, dan agama.

Asas

Asas Wawasan Nusantara

Asas wawasan nusantara merupakan aturan pokok atau peraturan yang harus dihormati, dijalankan, dan dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat guna mewujudkan perdamaian dan keseimbangan di Indonesia. Secara keseluruhan ada 6 asas wawasan nusantara yang wajib kamu pahami, diantaranya:

1. Asas Solidaritas

Solidaritas adalah pengalaman emosional dan moral yang berkembang melalui hubungan antara orang atau kelompok yang didasarkan pada rasa saling percaya, tujuan dan nilai bersama, solidaritas, dan rasa memiliki.

Solidaritas semacam kepedulian terhadap orang lain. Semangat solidaritas harus dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia, tanpa memandang siapa atau apa mereka.

Kesetiaan menjadi tonggak utama dalam menciptakan persatuan serta kesatuan suatu negara. Rasa setia kawan atau solidaritas dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita nasional.

2. Asas Kejujuran

Kejujuran dalam berpikir dan tindakan merupakan komponen penting dalam memahami nusantara. Untuk membuat kemajuan, seseorang harus berani berpikir dan bertindak secara eksklusif sesuai dengan fakta dan kenyataan.

3. Asas Kesamaan Tujuan

Memiliki tujuan dan minat yang sama. Sebagai contoh, di masa kemerdekaan saat semua rakyat Indonesia melakukan berjuang bersama-sama mengusir para penjajah.

4. Asas Keadilan

Dalam memperoleh keadilan dan mencapai tujuan dan cita-cita nasional, semua bagian masyarakat mempunyai hak yang sama namun demikian, mereka tidak boleh merugikan pihak tertentu atau mendukung kepentingan kelompok atau kelompok mereka sendiri.

Hal ini berlaku untuk semua aspek kehidupan bernegara, termasuk keadilan hukum, ekonomi, politik, dan sosial.

5. Asas Kerja Sama

Dengan adanya kesadaran pada tujuan serta kepentingan yang sama akan menciptakan kerjasama antar elemen masyarakat. Kerjasama serta koordinasi tersebut dapat dilaksanakan atas dasar kesetaraan agar terciptanya efektivitas dalam mencapai tujuan bersama.

Karena kebersamaan dan gotong royong akan membuat tugas menjadi lebih mudah dan ringan, termasuk mengatasi hambatan implementasi wawasan nusantara.

Implementasi

Implementasi Wawasan Nusantara

Implementasi atau penerapan wawasan nusantara dapat kamu lihat dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia. Berikut ini adalah implementasi wawasan nusantara:

1. Bidang Pertahanan dan Keamanan

Wawasan nusantara adalah cara pandang untuk mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu pemaknaan terhadap wawasan nusantara. Implementasi wawasan nusantara di bidang pertahanan dilakukan dengan membentuk sikap dan kedisiplinan diri dalam membela tanah air.

Selain melaporkan segala sesuatu yang mengganggu keamanan kepada pihak yang berwenang, menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas di lokasi yang sama atau di tempat lain. Terakhir, membangun sarana dan prasarana keamanan atau operasi lainnya di wilayah Indonesia.

2. Bidang Politik

Wawasan nusantara adalah cara pandang yang dapat dimaknai secara luas, oleh karena itu dapat juga dimaknai dalam aspek politik dan diimplementasikan.

Implementasinya tertanam dalam jalinan kehidupan politik Indonesia. Ada undang-undang lain, seperti UU Pemilu dan UU Partai Politik. Pemanfaatan wawasan nusantara dalam politik bertujuan untuk membangun pemerintahan yang kuat, bersih, dan amanah bagi rakyat.

3. Bidang Ekonomi

Penerapan ekonomi wawasan nusantara terdapat dalam pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan. Kekayaan Indonesia dan posisi geografis yang menguntungkan dapat digunakan untuk keuntungan ekonomi negara.

4. Bidang Sosial

Penerapan wawasan nusantara di lapangan sosial dibangun di atas sikap saling toleransi dan menghargai apapun perbedaan atau keragaman yang ada pada bangsa. Mulai dari perbedaan suku, ras, agama, dan budaya. Semuanya dilakukan untuk menjamin keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tantangan Implementasi di Era Modern

Tantangan Implementasi Wawasan Nusantara di Era Modern

Wawasan nusantara adalah pedoman dan dasar haluan negara. Selain beberapa aspek di atas yang wajib mengimplementasikan wawasan nusantara, terdapat beberapa tantangan untuk mengimplemtasikan wawasan nusantara di era modern saat ini. Berikut ini beberapa tantangannya:

1. Perkembangan Pesat Teknologi

Kemajuan teknologi dan kemajuan budaya global terkait dengan dunia tanpa batas (borderless world) yang menjadi masalah bagi wawasan nusantara karena kemajuan tersebut dapat mempengaruhi pola mental, sikap, dan perilaku individu dalam berbangsa dan bernegara.

Menurut Kenichi Omahe dalam bukunya Borderless Word dan The End of Nation State, batas-batas nasional dari segi geografi dan politik masih relatif tetap dalam perkembangan masyarakat global.

Tetapi kehidupan di satu negara tidak mungkin membatasi kekuatan global dalam bentuk informasi. , investasi, industri, dan konsumen individu yang semakin meningkat.

2. Kapitalisme

Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada hak milik pribadi atas aset yang berbeda dan kemampuan orang untuk membuat perjanjian dengan pihak lain dan berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi pilihan mereka sendiri untuk memaksimalkan keuntungan.

Menurut buku Lester Thurow The Future of Capitalism, untuk hidup di era baru kapitalisme, seseorang harus menyusun strategi baru, yaitu keseimbangan pemikiran individu dan sosialis.

3. Pemberdayaan Masyarakat

Pemberian peran dalam bentuk kegiatan dan partisipasi masyarakat untuk mencapai tujuan nasional hanya dapat dilakukan oleh negara kaya dengan Button Up Planning, tetapi untuk negara berkembang dengan sumber daya manusia yang terbatas diperlukan basis operasional berupa GBHN.

Keterbelakangan muncul dari situasi nasional (pembangunan) yang tidak merata, yang membahayakan integritas. Pemberdayaan masyarakat diperlukan, terutama pada masyarakat yang kurang mampu.

Tanya Jawab Tentang Wawasan Nusantara

Berikut ini adalah tanya jawab seputar wawasan nusantara yaitu:

1. Bagaimana Contoh Penerapan Wawasan Nusantara Dalam Bidang Ekonomi?

Contoh wawasan ekonomi nusantara antara lain menyeimbangkan Keuangan Pusat dan Daerah dengan disahkannya UU No. 25 Tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah.

2. Cara Apa Saja yang Kalian Lakukan Dalam Menjaga Wawasan Nusantara?

Berikut ini adalah kumpulan upaya yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia untuk menjaga wawasan nusantara yaitu:

  • Mampu berkolaborasi dengan siapa saja dan siapa saja.
  • Menggunakan pola pikir yang disiplin dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengikuti peraturan yang berlaku di lingkungan sekitar

3. Apa Saja Prinsip Prinsip Wawasan Nusantara?

Konsep wawasan nusantara mengacu pada visi dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan geografinya, sebagaimana yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, yang menyatukan daratan, lautan, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian wawasan nusantara hingga Implementasi wawasan nusantara di era modern. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Pengertian wawasan nusantara adalah secara etimologi berasal dari bahasa Jawa wawas yang berarti pandangan, nusa yang berarti kesatuan kepulauan dan antara yang bermakna dua samudera.

Melaporkan segala sesuatu yang mengganggu keamanan kepada pihak yang berwenang, menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas di lokasi yang sama atau di tempat lain.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button