Apa itu Sales Counter? Pengertian, Tugas dan Gajinya

Teknatekno.com – Apa itu sebenarnya sales counter? Sales counter adalah salah satu karir yang banyak diminati, sehingga kamu tertarik untuk melamar ke banyak perusahaan yang menginginkan jabatan seperti ini. Singkatnya, tugas sales counter adalah menjual barang di setiap konter untuk menjangkau komunitas yang lebih besar.

Selanjutnya, kamu harus bisa menjual barangnya secara efektif, oleh karena itu jangan kaget jika bayarannya sepadan dengan jumlah barang yang terjual. Penjualan produk cenderung tumbuh dengan profesi sales counter.

Namun, ada perbedaan yang harus dibuat antara sales executice dan sales counter. Jangan sampai Teknozen keliru ya! Nah, untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Apa Itu Sales Counter

Apa Itu Sales Counter?

Pengertian sales counter adalah karyawan yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan agar kamu mau membeli produk yang sudah ditawarkan.

Tanggung jawab mereka hampir identik dengan sales executive atau account executive, yang tugasnya adalah meninjau dan melaksanakan taktik pemasaran untuk memenuhi tujuan penjualan.

Fokus mereka tidak hanya pada penjualan kamu juga harus meningkatkan kebahagiaan klien saat membeli barang atau jasa perusahaan.

Akibatnya, konsumen akan senang, yang akan meningkatkan citra positif perusahaan dan menarik perhatian pelanggan lain untuk datang langsung ke konter untuk membeli barang atau jasa.

Akibatnya, sales counter harus sederhana dan sopan agar klien senang dan termotivasi untuk melakukan pembelian lebih lanjut. Konsumen, pada kenyataannya, ingin mendiskusikan pengalaman pembelian produk mereka untuk menarik calon pelanggan lain untuk membeli dari perusahaan.

Apa Saja Tugas Sales Counter?

Setiap karir pasti akan memiliki tanggung jawab yang berbeda satu sama lain. Akibatnya, saat melamar pekerjaan, baik perusahaan maupun kandidat harus menyesuaikan posisi kerja dengan bakat pelamar kerja.

Ini juga berlaku untuk pekerjaan sales counter. Profesi ini memiliki tanggung jawab sendiri, yang terkait erat dengan penjualan barang-barang tertentu di konter. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak beberapa daftar tugas sales counter berikut ini:

1. Menjual Produk

Salah satu tugas utama dari profesi sales counter, seperti namanya, adalah untuk menjual barang-barang tertentu di konter yang diberikan oleh perusahaan yang memproduksi. sales counter biasanya diperlukan untuk menyelesaikan tujuan tertentu.

Misalnya, sales counter harus dapat menjual barang dalam jumlah yang ditetapkan oleh perusahaan setiap hari. Namun, ini tidak akan berlaku untuk setiap organisasi karena masing-masing memiliki seperangkat aturan sendiri.

2. Menawarkan dan Memberi Informasi Lengkap terkait Produk yang Dijual

Sebaiknya counter penjualan rajin mencari cara untuk menyediakan barang yang ditawarkan guna meningkatkan angka penjualan produk. Tawaran ini harus dilakukan dengan benar dan tentunya harus mampu merebut hati masyarakat.

Lebih jauh lagi, dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan, dapat dianggap sebagai tawaran menarik yang dapat merebut hati konsumen. Memberikan informasi menyeluruh tentang hal-hal yang ditawarkan adalah salah satu pendekatan untuk memberikan layanan terbaik.

Dalam situasi ini, sales counter dapat menyajikan semua informasi menyeluruh tentang barang, memungkinkan pelanggan untuk menentukan apakah produk tersebut memenuhi permintaan mereka atau tidak.

3. Melaporkan Aktivitas Penjualan kepada Atasan

Kegiatan penjualan harus diawasi dengan ketat. Dalam skenario ini, tidak boleh terjadi kesalahpahaman antara sales counter dan bos, sehingga sales counter harus selalu mengungkapkan semua hasil aktivitas penjualan kepada atasannya secara teratur.

Laporan ini terkadang disertai dengan dokumen yang merinci semua tindakan penjualan yang telah terjadi. Dokumen ini akan mencakup semua data, mulai dari jenis barang yang dijual hingga jumlah produk yang terjual hingga harga jual yang berhasil. Semua informasi ini harus konsisten agar tidak terjadi salah tafsir antar pihak.

4. Mempertahankan dan Menjaga Hubungan dengan Konsumen

Sales counter dan pelanggan memiliki interaksi yang sangat akrab. Karena pelanggan akan melihat pelayanan yang diberikan oleh sales counter saat mengunjungi counter tertentu. Konsumen dapat menentukan kualitas perusahaan dengan melihat layanan ini.

Akibatnya, sales counter harus mempertahankan dan membangun koneksi dengan pelanggan sehingga mereka akan kembali untuk membeli barang tambahan. Tentu, pekerjaan yang satu ini akan sangat membantu organisasi.

5. Mencari dan Mempersiapkan Prospek Baru

Pekerjaan lain sales counter adalah mencari dan menyiapkan prospek baru bagi pelanggan. Meski terlihat sederhana jika dilihat dengan mata telanjang, namun sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan.

Dengan meneliti pekerjaan ini, dapat disimpulkan bahwa semua kegiatan yang harus dilakukan oleh sales counter akan selalu terikat pada konsumen. Oleh karena itu, kami mengatakan sejak awal bahwa tugas utama sales counter adalah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan.

6. Mengubah Pengunjung Menjadi Pembeli

Tugas paling penting untuk sales counter, di atas segalanya, adalah mengubah pengunjung menjadi pembeli dan bahkan pelanggan. Perusahaan sedang mencari pelamar yang dapat mencapai ini untuk berbagai posisi terbuka.

Apa Saja Syarat Kualitfikasi Menjadi Sales Counter

Apa Saja Syarat Kualitfikasi Menjadi Sales Counter?

Setiap posisi pekerjaan memiliki kualifikasi yang disesuaikan dengan jobdesk masing-masing, seperti halnya sales counter. Pertanyaan pada interview sales counter juga beragam.

Kamu mungkin ditanyai tentang pengalaman sales counter kamu sebelumnya. Atau, kamu mungkin diminta untuk berpura-pura menjadi tenaga penjualan di depan interview.

Sales counter honda adalah salah satu yang sering membuka lowongan dan banyak diminati pencari kerja. Beberapa syarat menjadi sales counter pada umumnya adalah:

  1. Berpenampilan menarik, rapi dan sopan.
  2. Memiliki pengalaman di bidang sales lebih diutamakan (terutama sales di bidang yang sesuai dengan perusahaan tersebut).
  3. Memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik.
  4. Memiliki tinggi badan yang proporsional.
  5. Energik, mampu membentuk koneksi yang luas, dan percaya diri.
  6. Mampu bekerja dengan target dan di bawah tekanan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Sales Counter

Berikut adalah kemampuan-kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang sales counter, diantaranya:

1. Bisa Mencapai Target

Sales counter biasanya memiliki target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan. Sasarannya telah disesuaikan dengan pasar yang ada di daerah tersebut.

Untuk mencapai tujuan ini, sales counter harus mengubah setiap pelanggan yang masuk ke pembelian yang berhasil dari produk yang ditawarkan. Tentunya dengan pendekatan yang terencana dengan baik, tujuan penjualan dapat terpenuhi.

2. Memiliki Komunikasi yang Baik

Tentu saja, seorang sales counter harus bisa berkomunikasi secara efektif, terutama saat mempresentasikan barang yang kamu jual. Ini adalah kriteria yang paling penting! Komunikasi inilah yang menentukan apakah pelanggan membeli atau tidak.

Untuk meningkatkan penjualan, perlu untuk menggambarkan produk secara lugas kepada pelanggan dan menunjukkannya dengan benar.

3. Memiliki Teknik Closing Sales

Salah satu senjata sales counter agar mampu menjual produk yaitu dengan memiliki teknik closing yang tepat. Skill ini terbilang penting, karena sales counter selalu berpatokan dengan hasil. Antara membeli atau tidak.

Akibatnya, strategi penutupan ini sering digunakan sejak pertama kali konsumen mengunjungi toko hingga akhirnya berhasil menjadi target pembelian.

5. Paham akan Grooming

Ketika sales counter memiliki penampilan yang menarik, tentu ini juga bisa menggaet para pelanggan. Jadi sudah sepantasnya kamu paham akan grooming.

Disarankan agar laki-laki berpakaian bagus, memakai kemeja panjang, sepatu pantofel, dan parfum. untuk wanita boleh memakai kerudung atau membiarkan rambut kamu tidak diikat. Jangan sampai kita terlihat kusut atau ceroboh di tempat kerja seperti pekerja yang tidak mengurus diri sendiri.

6. Memiliki Sifat-Sifat Tertentu

Sifat tertentu yang dimaksud disini yaitu hal menarik yang dimiliki masing-masing individu untuk dapat menggaet pelanggan agar mau membeli. Seperti misalnya mudah bergaul, supel, komunikatif, percaya diri atau mungkin pintar dalam menawarkan produk.

7. Memiliki Attitude yang Baik

Hal inti yang tidak kalah penting menjadi seorang sales counter adalah memiliki attitude atau sikap yang baik. Ini merupakan sikap basic yang harus diperlihatkan kepada calon customer yang datang ke gerai.

Pastikan kamu baik, sopan, dan mampu melayani konsumen sebaik-baiknya mungkin. Jangan terlihat menggurui atau angkuh.

8. Mampu Berinteraksi dengan Konsumen

Saat menjual barang, sales counter sangat penting untuk berhasil berinteraksi dengan pelanggan. Menanyakan tentang kebutuhan, keinginan, dan preferensi produk kamu.

Melalui percakapan seperti itu, kamu dapat belajar tentang arah dan metode pemasaran yang harus diterapkan agar orang tertarik dan akhirnya membeli barang yang kita jual.

Gaji Sales Counter

Gaji Sales Counter

Bagi kamu yang penasaran dengan berapa Gaji sales counter, tentu semua tergantung dari kebijakan perusahaan. Umumnya gaji sales counter adalah di kisaran Rp 2.000.000 sampai Rp 5.000.000 per bulannya. Hal tersebut adalah gaji bersih yang didapat setiap bulan.

Apa Saja Tunjangan Sales Counter?

Ada beberapa tunjungan yang akan di berikan perusahaan. Berikut ini adalah beberapa tunjungan yang akan didapatkan seorang sales counter.

Tunjangan Wajib

Tunjangan kesehatan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Tunjangan ini diperlukan dan diwajibkan oleh undang-undang perburuhan. Kedua kelebihan ini wajib dimiliki oleh kamu yang sedang dalam proses melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Tunjangan Lain

Insentif untuk penjualan Ini adalah keuntungan tersendiri yang tidak dimiliki oleh profesi lain. Setiap penjualan yang kamu lakukan akan memberi kamu komisi. Jadi, jika penjualan kamu memenuhi tujuan, kamu dapat yakin bahwa kamu akan dibayar ekstra.

Perbedaan Sales Counter dan Sales Executive

Berdasarkan pekerjaan, perbedaan antara keduanya jelas. Pekerjaan sales counter adalah melindungi toko atau konter ketika pelanggan masuk, sementara eksekutif penjualan lebih cenderung mencari klien untuk bertemu klien dan membentuk kemitraan strategis dengan kamu.

Sales counter juga melayani konsumen yang datang, sedangkan sales executive bertugas menjelaskan barang kepada calon klien yang ingin bekerjasama.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu sales counter, tugas, syarat kualitfikasi, kemampuan serta gaji dan tunjangan sales counter yang terdapat di Indonesia.

Apa itu sales counter? Sales counter adalah karyawan yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan agar kamu mau membeli produk yang sudah ditawarkan.

Related Articles

Back to top button