Rekomendasi Bisnis Kuliner dengan Modal Kecil

Teknatekno.com – Bisnis kuliner saat ini sangat diminati oleh masyarakat. Alasannya karena bisnis ini banyak dicari dan seolah tidak akan pernah mati. Meski begitu, persaingan di ranah bisnis kuliner pun juga tinggi. Jika kamu sedang mencari ide untuk memulai bisnis kuliner, berikut Teknatekno berikan rekomendasi bisnis kuliner untuk Teknozen.

20+ Rekomendasi Bisnis Kuliner

Sampai saat ini, bisnis kuliner masih menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Bisnis satu ini tidak akan pernah ada matinya dan selalu ramai peminatnya.

Maka, tak heran bila sebagian besar orang ingin memulai usaha kuliner ini. Bagi kamu yang masih bingung untuk membuka bisnis kuliner, berikut beberapa rekomendasi bisnis kuliner yang bisa kamu coba dengan modal yang kecil:

1. Jus Buah Aneka Rasa

Bisnis kuliner tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga minuman. Bicara soal bisnis kuliner minuman, memang ada beberapa yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah menjual jus aneka rasa.

Pembuatan jus ini memang sangat mudah dan banyak referensinya yang bisa didapatkan di internet. Mengenai waktunya, kamu bisa menjual pada siang hari saat cuaca terik hingga malam hari.

2. Gorengan

Gorengan sepertinya sudah melekat di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan satu ini disukai dari kalangan menengah ke atas hingga masyarakat biasa. Modalnya pun kecil dan keuntungannya juga besar.

Ada banyak jenis gorengan yang bisa kamu jual, seperti risoles, tempe goreng dan bakwan. Kamu bisa menjualnya pada malam hari sebagai usaha sampingan selepas kerja.

3. Nasi Goreng

Bisnis kuliner lainnya yang tak kalah menjanjikan adalah nasi goreng. Kamu bisa berkreasi membuat aneka nasi goreng unik dengan cita rasa yang berbeda dari lainnya tentunya. Contohnya dengan membuat nasi goreng seafood, seperti nasi goreng udang, nasi goreng cumi, atau nasi goreng ikan asin.

4. Bubur Ayam

Bubur ayam banyak dicari oleh sebagian besar orang, terutama saat pagi hari untuk sarapan menjelang pergi ke kantor. Maka, tak heran jika usaha bubur ayam sangat laris di kalangan pekerja kantoran. Kamu bisa membuat porsi sesuai kebutuhan. Sebagai permulaan, kamu bisa membuat untuk beberapa porsi terlebih dahulu.

5. Gado-Gado

Begitu juga dengan gado-gado, kuliner satu ini memang banyak dicari. Berbeda dengan bubur ayam yang dicari pelanggan pada pagi hari, gado-gado pada umumnya banyak dicari di siang hari. Khususnya saat jam istirahat kantor. Selain itu, modalnya pun tidak besar dan tidak perlu digoreng karena sebagian bahannya dikukus.

6. Batagor

Selain makanan berat, kamu juga bisa memulai bisnis kuliner dengan menjual camilan ringan khas tanah air. Batagor adalah salah satunya. Makanan khas Bandung ini mulai menjamur di berbagai tempat di Indonesia.

Cara pembuatannya yang mudah serta modal tak begitu besar membuat sebagian orang tertarik untuk menjalani usaha kuliner ini. Ditambah bumbu kacang yang menggugah selera, membuat batagor laris manis di pasaran camilan.

7. Kedai Kopi Kekinian

Bisnis kuliner di bidang minuman lain yang tak pernah sepi ialah bisnis kedai kopi. Siapa yang tak kenal kopi, dan semua orang pasti pernah merasakannya, bukan? Hal ini akan menjadi peluang emas kamu jika ingin memulai kuliner kopi.

Usaha kopi pun sangat beragam, bisa mulai dari warung kopi, angkringan, atau memilih salah satu franchise kopi di kota kamu.

8. Minuman Dingin

Saat cuaca panas terik, minuman dingin menjadi incaran banyak orang, terutama saat siang hari ketika menjalani aktivitas di luar ruangan. Beberapa rekomendasi minuman dingin yang bisa kamu jual sangat beragam.

Misalnya saja es teh, es susu, hingga es krim. Kamu bisa membuka gerai minuman di rumah atau tempat strategis dengan prospek cerah. Contohnya di depan sekolah, area taman, dan dekat kantor.

9. Roti Bakar Bandung

Bisnis kuliner roti bakar Bandung juga menjadi primadona usaha kuliner masyarakat saat ini. Pasalnya, usaha tersebut bisa dijalankan tanpa modal yang tidak begitu besar. Sebenarnya, usaha roti bakar juga banyak jenisnya.

Namun, yang menjadi pilihan dan mudah diterapkan adalah roti bakar yang menggunakan roti tawar sebagai bahan dasar utamanya dan dengan beraneka ragam rasa. Kamu bisa membukanya di tempat strategis dan menjualnya kapan saja.

10. Pepes Ikan

Sebagai makanan tradisional, pepes sangat familiar. Pada awalnya, pepes hanyalah makanan rumahan. Namun, kamu juga bisa menjadikannya sebagai bisnis kuliner menjanjikan.

Meski labelnya berupa makanan tradisional, soal cita rasanya juga tidak kalah menggugah selera. Agar menarik, kamu bisa menambahkan kemasan unik saat menawarkannya kepada calon pelanggan.

11. Tahu Bulat atau Tahu Kremes

Kamu suka dengan makanan yang berasal dari olahan tahu? Tahu bulat dan tahu kremes adalah alternatif bisnis kuliner yang bisa dijalankan. Resep dan cara membuatnya juga sangat mudah. Bahan bakunya adalah tahu yang dilapisi tepung garing.

Di beberapa daerah, tahu kremes ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Segmentasi pasarnya juga luas, mulai anak-anak hingga orang dewasa semuanya menyukai kuliner ini.

12. Pisang Keju

Bosan dengan pisang goreng yang sudah ada sebelumnya? Kamu pun bisa berkreasi dengan membuat pisang goreng yang dilapisi keju parut. Kamu bisa menggoreng pisang setengah matang, setelah itu angkat dan tiriskan pisang serta lapisi dengan susu kental manis dan taburan keju parut. Pisang keju pun siap disajikan.

13. Singkong Keju

Selain pisang, makanan yang juga bisa dilapisi parutan keju lainnya adalah singkong. Bahan bakunya pun mudah kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional. Usaha singkong keju banyak dipilih karena proses pembuatannya yang simpel. Kamu juga bisa menambahkan varian rasa lainnya seperti rasa pedas dan keju cokelat.

14. Keripik Pedas

Segala aktivitas memang terkadang kurang lengkap tanpa adanya camilan. Salah satu camilan yang wajib ada adalah keripik pedas.

Ada aneka jenis keripik yang bisa kamu pilih sebagai bisnis kuliner. Di antaranya adalah keripik pisang, keripik kentang, hingga keripik singkong. Kamu pun bisa menjualnya dalam berbagai ragam ukuran.

15. Makaroni Pedas

Camilan lainnya yang bisa dijual selain keripik pedas adalah makaroni pedas. Makaroni pedas ini pada dasarnya hampir mirip dengan keripik. Kamu bisa membeli dalam bentuk sudah jadi atau bahan mentahnya.

Kemudian, goreng hingga kering serta tambahkan bumbu pedas yang biasanya dijual sepaket. Misalnya bumbu balado pedas, pedas manis dan, lainnya yang bisa dipilih sesuai selera.

16. Ayam Geprek

Bisa dibilang usaha ayam geprek kini menjamur di masyarakat. Meski modal awalnya tidak begitu besar, keuntungan yang diperoleh pun menjanjikan. Kamu tidak harus menjualnya dalam satu hari penuh.

Di sisi lain, kamu juga bisa menjualnya dengan sistem pre-order terlebih dahulu. Dengan begitu, ini tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

17. Aneka Masakan Rumahan

Berikutnya ada aneka masakan rumahan yang bisa kamu coba untuk dijadikan bisnis kuliner. Masakan kuliner banyak dicari orang karena tidak semua orang bisa memasak pada saat-saat tertentu.

Kamu bisa menjual aneka ragam sayuran maupun lauk pauk pelengkap yang familiar di masyarakat Indonesia. Misalnya tahu, tempe goreng, dan pindang telur.

18. Martabak Mini

Martabak memang memiliki banyak jenisnya, ada martabak manis dan martabak telur. Akan, tetapi ada satu martabak yang unik dan memiliki cita rasa yang manis, yakni martabak mini.

Seperti namanya, martabak ini memiliki rasa manis dengan ukuran kecil. Ditambah lagi dengan aneka topping manis yang membuat rasanya semakin legit.

19. Bakpao Isi

Bakpao adalah kuliner khas dari Negeri Tiongkok. Namun, kuliner ini sudah lama ada di Indonesia. Kamu bisa menjadikan bakpao sebagai bisnis kuliner menjanjikan. Agar semakin nikmat, kamu bisa menambahkan rasa di dalam bakpao tersebut. Misalnya cokelat, ayam, dan sapi sesuai selera dan pangsa pasar.

20. Burger

Sama halnya dengan bakpao, burger pun menjadi makanan cepat saji yang banyak dipilih masyarakat untuk mengganjal perut.

Bedanya dengan bakpao, burger ini merupakan roti bulat yang diisi dengan aneka ragam varian. Mulai daging, sayuran, bawang, dan saus pelengkap maupun keju. Burger ini pun memiliki modal usaha yang kecil.

21. Ayam Goreng

Jika tadi ada ayam geprek, bisnis kuliner ayam lainnya yang bisa dicoba adalah ayam goreng. Di sini kamu bisa memilih menggunakan bumbu tradisional menggunakan rempah-rempah agar terasa gurih. Atau menggunakan tepung khusus yang membuat teksturnya semakin renyah dan garing saat dimakan.

22. Usaha Pempek

Kuliner yang berasal dari Palembang ini punya cita rasa pedas manis nan gurih. Agar semakin lengkap, ada baiknya kamu menjual ragam jenis pempek yang banyak digemari. Misalnya saja pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, dan pempek lenggang. Ditambah lagi saus dengan bumbu yang khas, membuatnya makin digemari.

23. Es Cendol

Minuman tradisional yang juga laris manis hingga kini adalah es cendol. Baik di kota maupun di desa, mudah untuk kamu temukan. Bahan bakunya pun mudah didapat serta cara membuatnya tidak ribet. Meski dijual dengan harga terjangkau, es cendol mampu mendatangkan keuntungan yang besar bagi para penjualnya.

24. Seblak

Kuliner ini sangat terkenal di kawasan Jawa Barat. Namun, popularitasnya kini mulai merebak di berbagai daerah di tanah air. Pembuatan seblak tidaklah rumit dan bahannya pun mudah didapatkan. Jika kamu masih belum begitu jelas mengenai cara pembuatannya, bisa melihat tutorialnya di channel YouTube.

25. Cupcake

Selain makanan dengan cita rasa gurih, kuliner dengan rasa manis juga sangat digemari. Contohnya saja dengan membuka bisnis kuliner cupcake.

Biasanya untuk menarik calon pelanggan, cupcake dibuat dengan bentuk mini dan imut. Segmentasi pasarnya juga menjanjikan. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka dengan kue ini. Kamu bisa menjualnya secara online.

26. Buah Goreng

Jika biasanya buah dijual dengan cara dibuat menjadi salad atau jus, tidak ada salahnya kamu menjualnya dalam bentuk berbeda. Menggoreng beberapa jenis buah, misalnya. Beberapa buah yang bisa kamu goreng di antaranya adalah nangka goreng dan stroberi goreng selain pisang goreng yang sudah mainstream.

27. Jajanan Pasar

Meski kini banyak jajanan modern yang dijual di pasaran, bisnis kuliner jajanan pasar tak pernah padam. Mengingat yang menjual jajanan pasar tidak begitu banyak, persaingan usaha ini juga tidak begitu ketat.

Beberapa jenis jajan pasar yang banyak disukai pelanggan di antaranya adalah kue lapis, kue cucur, dan lainnya. Kamu bisa menjualnya langsung di depan rumah atau membuka stand.

28. Cireng

Kuliner dan camilan tradisional saat ini memiliki pamor yang meningkat di mata masyarakat. Salah satunya adalah cireng ini. Sekilas memang bentuknya sangat mirip dengan pempek, namun sebenarnya sangat berbeda. Cireng dibuat dengan cara digoreng. Harganya pun sangat terjangkau.

29. Telur Gulung

Lalu, kamu bisa mencoba kuliner telur gulung yang minim modal dan menghasilkan untung cukup besar. Cara membuatnya sama seperti membuat telur dadar, namun saat proses penggorengannya, kamu bisa menggulung adonan tersebut dengan menggunakan stik.

30. Es Kacang Hijau

Terakhir, bisnis kuliner yang bisa kamu coba adalah es kacang hijau. Selain menyegarkan, es kacang hijau juga menyehatkan bagi tubuh sehingga banyak dicari oleh sebagian besar orang. Selain itu, semua orang pun bisa mengonsumsinya.

Kesimpulan

Nah, itu dia rekomendasi bisnis kuliner yang bisa Teknatekno rangkum untuk Teknozen semua. Jadi, setelah membaca rekomendasi bisnis kuliner di atas, adakah bisnis yang menarik minat kamu? Selamat mencoba!

Pencarian Populer

Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini - Usaha Makanan - Usaha Kuliner - Jualan Makanan Yang Laris Di Kampung - Ide Usaha Makanan - Ide Jualan Makanan Online - Ide Jualan Makanan Kekinian - Ide Jualan Makanan - Ide Bisnis Makanan - Bisnis Makanan Ringan-

Related Articles

Back to top button