Apa itu Microblog? Pengertian dan Keuntungan

Teknatekno.com – Apakah Teknozen sudah apa itu microblog? Secara umum microblog adalah ungkapan yang sudah ada sejak lama. microblog adalah taktik pemasaran media sosial yang populer.

Penasaran dengan apa itu microblog? Pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk mengetahui tentang pengertian microblog untuk itu kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu Pengertian Microblog?

Pengertian microblog didefinisikan sebagai generasi pesan kecil atau posting di web atau platform media sosial. Materi singkat yang dibuat untuk microblog berusaha memberikan informasi singkat dan ringkas kepada orang-orang.

Microblog yang kamu kembangkan selanjutnya dibagikan kepada audiens di media sosial untuk meningkatkan interaksi. Sebuah microblog dapat dibuat dalam beberapa cara.

Microblog dapat dilakukan dalam bentuk audio, video, gambar, dan teks. microblog menjadi populer lebih dari satu dekade yang lalu, ketika media sosial mulai berkembang pesat dan menguntungkan industri pemasaran.

Apa Itu Pengertian Microblog

Apa Saja Keuntungan Microblog?

Berikut ini adalah beberapa keuntungan microblog yang harus kamu ketahui:

1. Konten Lebih Mudah Dibuat

Microblog adalah informasi yang singkat dan to the point, jadi kamu tidak perlu khawatir membuat postingan yang panjang seperti artikel blog.

Dengan microblog, kamu dapat mengekspresikan ide-ide kompleks dalam frasa sederhana yang tidak terlalu bertele-tele. Jika dibandingkan dengan blogging konvensional, kamu mungkin lebih produktif dalam hal mengembangkan materi dan membagikannya dengan audiens kamu di media sosial secara teratur.

2. Lebih Cepat Dipahami

Microblog mudah dipahami pembaca karena informasinya singkat. Namun, ini tergantung pada kemampuan kamu untuk mengatur kata-kata.

Lagi pula, orang lebih suka membaca informasi yang berguna dalam gaya microblog daripada potongan besar. Menurut Forbes, salah satu aspek pemasaran untuk demografi milenial yang harus dibenahi adalah rentang perhatian mereka yang relatif pendek.

Akibatnya, microblog adalah pendekatan yang sangat baik untuk berkomunikasi atau memasarkan apa pun dalam kelompok usia ini di media sosial.

Dengan microblog sederhana, kamu dapat langsung menangkap minat mereka dan meningkatkan kemungkinan mereka akan membaca semua informasi kamu.

3. Cocok Untuk Informasi Time-Sensitive

Jika kamu perlu menyampaikan informasi dengan cepat, microblog adalah cara yang tepat. Dikatakan bahwa menyiapkan microblog tidak memakan waktu lama.

Sehingga kamu dapat dengan cepat menyampaikan informasi pada saat itu juga, terutama jika informasi tersebut bersifat mendesak.

4. Komunikasi Secara Langsung

Microblog memungkinkan kamu untuk memposting materi lebih cepat daripada blog standar, serta mendapatkan jawaban dan umpan balik dengan lebih mudah dan cepat.

Fitur komentar di banyak platform media sosial untuk microblog akan sangat memudahkan kamu untuk mengetahui komentar dari pembaca microblog yang kamu publikasikan di media sosial.

Selanjutnya, pengguna dapat mendistribusikan microblog kamu dalam hitungan detik dengan melakukan share, retweet, reblog, dan tindakan lainnya.

5. Akses Jutaan Pengguna Media Sosial

Menurut penelitian Statista, ada pengguna media sosial yang mengakses internet, khususnya media sosial, melalui ponselnya. Proporsi pengunjung website dari smartphone sebesar 55,2 persen.

Dengan hampir semua orang memiliki smartphone, arus informasi semakin cepat, dan individu tidak selalu ingin menghabiskan waktu lama untuk mendapatkan informasi. Akibatnya, microblog dapat berfungsi sebagai sumber informasi cepat bagi pengguna media sosial.

Apa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Microblog

Apa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Microblog?

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuat microblog yang harus kamu ketahui yaitu:

1. Perkuat Brand Voice

brand voice adalah bagaimana orang memandang suatu merek berdasarkan kehadirannya di internet. Mengembangkan suara merek akan membantu audiens target kamu lebih mudah mengidentifikasi merek kamu dan mengaitkannya dengan sifat-sifat positif.

Sangat penting bahwa gaya komunikasi yang digunakan adalah asli dan sesuai dengan cita-cita perusahaan. Menerbitkan mikroblog yang menawan dengan visual animasi, misalnya, dapat dikaitkan dengan citra perusahaan yang menjual buku anak-anak.

2. Susun Strategi dan Kumpulkan Ide

Mengunggah materi mikroblog secara teratur membantu penggemar kamu tetap terlibat di media sosial. Lembar kerja seperti Excel atau Google Spreadsheet dapat digunakan terlebih dahulu untuk mengembangkan strategi atau ide konten.

Kamu dapat menentukan topik atau tujuan konten, yang mungkin untuk menghibur audiens atau untuk memulai kampanye pemasaran. Pertimbangkan untuk menyertakan bagian tempat kamu dapat memasukkan teks untuk melengkapi gambar atau multimedia, seperti film, GIF, atau grafik.

3. Buat Jadwal Konten

Memasukkan tanggal dan waktu untuk posting microblog memungkinkan kamu untuk menyesuaikan informasi yang ditampilkan dan mengoptimalkan interaksi di jaringan media sosial.

Periksa materi yang menerima paling banyak suka, komentar, atau bagikan dari audiens target kamu, lalu coba jadwalkan artikel di sekitar periode puncak itu.

4. Manfaatkan Tren yang Sedang Berlangsung

Bahkan jika saat ini kamu memiliki strategi untuk menerbitkan materi yang bagus, kamu masih dapat mengubahnya untuk mencerminkan tren media sosial saat ini. Meme dari program siaran baru-baru ini atau slogan-slogan baru mungkin digunakan dalam materi.

Pertimbangkan untuk menyesuaikan tren dengan merek kamu sambil memastikan bahwa materi mempertahankan keunikan suara merek kamu.

Misalnya, jika GIF respons yang menggambarkan kebahagiaan populer, kamu dapat membuat mikroblog dengan GIF yang menggambarkan perasaan orang setelah menggunakan produk kamu.

Cara Membuat Microblog Diplatform Instagram

Cara Membuat Microblog Diplatform Instagram

Di antara beberapa platform, Instagram adalah yang paling populer untuk membuat materi microblog. Hal ini disebabkan oleh kesederhanaan pemilik akun yang dapat memublikasikan tayangan slide gambar hingga sepuluh slide.

Di bawah ini akan dipaparkan bagaimana cara membuat microblog di Instagram untuk mendapatkan keterlibatan pengguna yang efektif.

1. Konten

Langkah pertama dalam membangun microblog adalah mempertimbangkan kontennya. Secara umum, materi mikroblog Instagram menawarkan saran, DIY, motivasi, atau konten lain yang dapat meningkatkan keterlibatan pengguna.

Buat materi dari artikel yang kamu miliki, lalu padatkan informasinya menjadi tulisan-tulisan singkat yang dapat dimanfaatkan dalam konten visual microblog Instagram.

2. Gambar

Perhatikan juga ukuran gambar yang optimal dalam materi microblog. Foto persegi di Instagram biasanya memiliki lebar 1080 px dan tinggi 1080 px. Pilih gambar atau latar belakang menarik yang melengkapi estetika materi mikroblog kamu.

3. Gunakan Font

Karena sebagian besar informasi visual di mikroblog Instagram berupa teks dan foto, penting untuk memilih jenis huruf yang sesuai. Font tipe San biasanya sesuai untuk digunakan.

4. Caption

Perhatikan juga caption dari materi microblog yang telah disiapkan. Caption Instagram hanya boleh memiliki maksimal 2200 karakter.

Kamu tidak boleh menggunakan teks yang panjang karena materi mikroblog yang kamu tautkan menyertakan kata-kata untuk pemirsa. Oleh karena itu, penting untuk membuat teks yang ringkas dan hanya merangsang partisipasi penonton.

5. Hashtag

Tahukah kamu bahwa tagar dapat meningkatkan keterlibatan pemirsa sebesar 12,6%? Kemampuan menulis tagar Instagram dapat melebihi 30 tagar.

Namun, kamu tidak perlu menggunakan semua tagar ini; sebagai gantinya, pilih 11-15 tagar untuk meningkatkan interaksi audiens.

6. Konsisten

Membuat materi microblog itu sulit. Akibatnya, membuat satu posting microblog setiap hari akan sulit pada awalnya.

Tidak harus setiap hari kamu dapat menulis materi mikroblog setidaknya dua atau tiga kali setiap minggu yang utama adalah konsisten. Akibatnya, pengikut secara bertahap akan mengidentifikasi seberapa sering kamu memberikan informasi.

7. Call to Action

Tahap terakhir dalam mengembangkan materi mikroblog adalah memasukkan ajakan bertindak. Ini sering merupakan tawaran untuk mengunjungi situs web, memberikan suka, berbagi, dan komentar, dan menyimpan materi.

Call to action bisa kamu letakkan di bagian caption atau pada slide terakhir dari konten visual microblog kamu.

Tanya Jawab Tentang Microblog

Berikut ini adalah tanya jawab tentang microblog yaitu:

1. Apa itu Microblog pendek?

Pesan microblog pendek muncul dalam berbagai format konten, termasuk audio, video, gambar dan teks. Tren microblog dimulai ketika media sosial ( baca pengertian media sosial disini) muncul untuk memberikan cara yang lebih cepat bagi perusahaan untuk melibatkan pelanggan.

2. Apa Saja Aplikasi Microblog?

  1. Canva
  2. PIXLR
  3. PicsArt

3. Apakah Facebook Termasuk Microblog?

Situs web jejaring sosial populer Facebook dan MySpace juga memiliki fitur mikroblog yang disebut pembaharuan status atau status update.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian sebagai generasi pesan kecil atau posting di web atau platform media sosial. Materi singkat yang dibuat untuk microblog berusaha memberikan informasi singkat dan ringkas kepada orang-orang.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar pengertian microblog, keuntungan, serta hal sebelum membuat microblog hingga cara membuat microblog di instagram. Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button