Ismail Marzuki Dikenang Dalam Google Doodle Untuk Hari Pahlawan 2021

Teknatekno.com – Google Doodle untuk Hari Pahlawan 2021 yang jatuh pada hari ini, Rabu (10/11/2021), Ismail Marzuki dikenang untuk menghormati. Pada tahun 2004, pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada Ismail Marzuki sebagai Pahlawan Nasional atas kontribusi budayanya yang luar biasa. Ismail Marzuki adalah seorang komposer terkenal Indonesia.

Namanya kini identik dengan pusat seni di Jakarta, tepatnya Taman Ismail Marzuki di kawasan Cikini ibu kota. Ismail Marzuki lahir dan besar di Jakarta dari keluarga Betawi, menurut Wikipedia. Pada 11 Mei 1914, ia lahir di Desa Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Ismail Marzuki memulai debut musiknya pada usia 17 tahun, dengan menggubah lagu “O Sarinah” untuk pertama kalinya pada tahun 1931 pada usia 17 tahun.

Ismail sangat menyukai seni. Ismail bergabung dengan ansambel musik Lief Java pada tahun 1936, bermain gitar, saksofon, dan pump harmonium.

Ismail Marzuki menikah dengan Eulis Zuraidah, seorang primadona dari klub musik Bandung tempat dia juga menjadi anggotanya, pada tahun 1940.

Ismail Marzuki adalah anggota orkestra radio di Hozo Kanri Keyku, Radio Militer Jepang, pada masa penjajahan Jepang. Ismail Marzuki terus menyiarkan musiknya di RRI setelah pendudukan Jepang berakhir.

Selanjutnya ketika RRI direbut kembali oleh Belanda pada tahun 1947, Ismail Marzuki memilih keluar karena tidak mau bekerjasama dengan Belanda.

Setelah RRI berhasil diambil alih, Ismail Marzuki kembali bekerja di radio. Ia kemudian diberi hak istimewa untuk memimpin Jakarta Studio Orchestra.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like