Apa itu Bitcoin Miner dan Bagaimana Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Pernah mendengar istilah apa itu bitcoin miner? Sebelum menjelaskan bagaimana cara kerja bitcoin miner, kami akan menjelaskan sedikit tentang pengertian bitcoin. Setelah runtuhnya pasar perumahan, mata uang digital baru yang disebut Bitcoin diperkenalkan pada bulan Januari tahun itu.

Bitcoin mengikuti cita-cita yang dikemukakan dalam whitepaper oleh Satoshi Nakamoto. Satoshi Nakamoto adalah moniker yang sangat misterius.

Orang yang memproduksi teknologi ini masih menjadi misteri hingga saat ini. Bitcoin memberikan biaya transaksi yang lebih murah daripada solusi pembayaran online dengan sistem konvensional yang dijalankan oleh otoritas terdesentralisasi. Berbeda dengan uang yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Bitcoin juga tidak diterbitkan atau didukung oleh bank atau pemerintah negara mana pun. Meskipun demikian, bitcoin terus meningkat secara dramatis. Banyak mata uang digital dan virtual alternatif, umumnya dikenal sebagai “Altcoin,” diluncurkan sebagai tanggapan atas popularitasnya yang luar biasa.

Jadi, bagaimana cara mendapatkan bitcoin. Salah satu cara yang rutin dilakukan dikenal dengan istilah bitcoin miner, atau penambangan bitcoin. Seperti apa tampilan lengkapnya tentang penambangan bitcoin. Mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu Penambangan Bitcoin Miner_

Mengenal Apa itu Bitcoin Miner

Jadi apa itu bitcoin miner? Bitcoin miner atau dalam bahasa Indonesianya penambang bitcoin adalah salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin. Kita mungkin menganggap bitcoin sebagai sistem keuangan global virtual dan digital yang menyimpan banyak riwayat transaksi (atau prosedur untuk transfer uang).

Saat transaksi bitcoin sedang diproses oleh jaringan bitcoin, pastikan semua transaksi didokumentasikan dengan benar. Sebagian besar, bitcoin diproses oleh puluhan ribu komputer yang terhubung ke internet di seluruh dunia, bukan oleh satu entitas.

Tindakan ini dikenal sebagai penambang atau penambang yang menyiratkan penambangan. Komputer yang memproses bitcoin dikenal sebagai penambang bitcoin. Lalu bagaimana cara kerja penambangan bitcoin?

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin Miner?

Cara kerja penambangan bitcoin adalah menggunakan blockchain. Banyak transaksi bitcoin terjadi secara bersamaan. Transaksi yang terjadi pada saat yang sama diatur ke dalam kelompok yang sama, kelompok tersebut dikenal sebagai blockchain. Grup ini diverifikasi oleh penambang bitcoin.

Blockchain memeriksa transaksi dalam kelompok daripada secara individual. Setelah diverifikasi, mereka akan dimasukkan atau ditambahkan ke blockchain terverifikasi yang ada.

Beginilah cara kerja blockchain dalam penambangan bitcoin. Salah satu manfaat bitcoin adalah mereka yang ingin menjadi penambah tidak perlu tahu bagaimana melakukan aritmatika dan perhitungan.

Blockchain hanya membutuhkan perangkat keras atau perangkat keras dan perangkat lunak untuk menambang bitcoin. Jika kamu tertarik untuk menjadi penambang bitcoin. Jadi apa saja teknik untuk menjadi penambang bitcoin? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Menjadi Penambang Bitcoin

Diskusi tentang penambang bitcoin akan mengarah pada masalah bagaimana menjadi penambang bitcoin atau penambang bitcoin?

Seperti yang telah dijelaskan di atas tentang apa itu bitcoin miner (penambang bitcoin), bahwa penambang bitcoin adalah salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin, dengan menggunakan mekanisme kerja yang dikenal dengan blockchain. Semua orang bisa menjadi penambang bitcoin.

Langkah pertama untuk memulai penambangan bitcoin adalah membeli perangkat keras penambangan. Memilih perangkat keras yang tepat sangat penting dalam mencapai kesuksesan kecil.

Apa Saja Hardware Untuk Penambang Bitcoin?

Berikut beberapa hardware penambang bitcoin yang mungkin bisa menjadi alternatif yang bisa kita lakukan. Untuk sebagian besar, orang-orang saat ini menggunakan mesin penambangan bitcoin:

CPU (Central Processing Unit)

Sebagai penambang bitcoin, kita harus memiliki CPU atau unit pemrosesan pusat, atau unit pemrosesan pusat. Setiap komputer yang akan melakukan penambangan bitcoin harus memiliki CPU yang kuat.

Sehingga ketika mendapatkan tantangan matematis saat menambang dapat diatasi dengan cepat. Namun seiring dengan pertumbuhan bitcoin yang sangat cepat, CPU tidak memadai dan mulai bermigrasi ke GPU.

GPU (Graphics Processing Unit)

GPI atau unit pemrosesan grafis, adalah unit pemrosesan komputer yang dapat berfungsi lebih cepat daripada CPU. Ketika kita bisa menyelesaikan soal matematika dengan lebih cepat, berarti kita bisa memenangkan perlombaan dalam menambang lebih cepat dan akan mendapatkan hadiah yaitu bitcoin.

  • FPGA (Field Programmable Gate Array) (Field Programmable Gate Array)
  • FPGA atau field programmable gate array adalah sistem unit pemrosesan komputer yang dapat digunakan untuk menambang bitcoin.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya tentang apa itu penambang bitcoin, penambang bitcoin adalah salah satu cara kamu mendapatkan bitcoin. Dengan cara kerja yang dikenal dengan blockchain. Seperti halnya CPU dan unit pemrosesan grafis (GPU), FPGA digunakan untuk memecahkan masalah matematika untuk menghasilkan bitcoin.

ASIC, sejenis perangkat keras bitcoin khusus, telah dikenal sebagai masa evolusi bitcoin dan teknologi yang dijalankannya. Apa singkatan dari ASIC? Simak ulasannya pada pembahasan berikut.

ASIC (Application Specific Integrated Circuit)

ASIC atau Application Specific Integrated Circuit adalah perangkat keras unik untuk penambangan bitcoin, yang sekarang menjadi penambang bitcoin terbaik dan peralatan penambangan bitcoin tepercaya.

Jika kamu ingin memenangkan perlombaan dan menambang bitcoin banyak saat ini, perangkat keras yang digunakan adalah ASIC.

ASIC dibangun terutama untuk dapat menghasilkan sejumlah besar bitcoin gratis. Seperti kalkulator penambangan bitcoin, selain dapat menghitung dengan cepat, juga dapat menghasilkan jumlah yang cukup besar. Pada tabel di bawah ini, terdapat perbandingan dari sekian banyak ASIC yang sering digunakan.

FAQ

Berikut pertanyaan seputar apa itu bitcoin miner.

Bitcoin Miner Apakah Legal?

Sejak 2019, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menganggap Bitcoin halal atau legal melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Berapa Pendapatan Bitcoin Miner?

Menurut Glassnode, perusahaan analitik blockchain, menyatakan bahwa rekor terbesar pendapatan penambang Bitcoin memperoleh $4,06 juta atau sekitar Rp 60,5 triliun per jam dan $50,78 juta atau sekitar Rp 757 triliun per minggunya mulai Februari 2021. Penambang diberi imbalan 6,25 Bitcoin untuk setiap blok yang ditambang pada saat itu.

Berapa Lama Untuk Mendapatkan 1 Bitcoin?

Setiap blok membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menghasilkan 1 bitcoin. Ini juga dapat menghasilkan produksi sejumlah bitcoin baru setiap blok dalam waktu 10 menit.

Apa yang Membuat Bitcoin Mahal?

Hanya ada 21 juta bitcoin yang dapat ditambang, dengan lebih dari 18 juta yang beredar saat ini. Jadi, jawaban atas pertanyaan mengapa bitcoin bernilai tinggi adalah kelangkaan dari bitcoin itu sendiri. Saat ini, jumlah bitcoin berkurang sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan.

Apa itu Bitcoin Mining?

Penambangan mata uang kripto, juga dikenal sebagai mining crypto, adalah proses menggunakan jaringan komputer khusus untuk mengembangkan, memasukkan, dan memvalidasi aset kripto baru. Penambangan kripto dilakukan melalui penggunaan teknologi canggih untuk memecahkan tantangan aritmatika komputasi yang sangat sulit.

Apa yang Dimaksud dengan Bisnis Mining?

Dalam dunia crypto, mining adalah kegiatan verifikasi, pemrosesan, dan pengamanan transaksi secara terdesentralisasi. “Penambang” yang berhasil menyelesaikan prosedur akan diberikan reward berupa mata uang asli dari sistem blockchain.

BACA JUGA:

Aplikasi Mining Crypto di Android dan iOS
Aplikasi Penambang Bitcoin Android Terbaik
Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis di Android
Game Penghasil Bitcoin 2022 Terbaik

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu bitcoin miner serta cara kerjanya. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian penambang bitcoin adalah salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin dengan menggunakan mekanisme kerja yang dikenal dengan blockchain.

Blockchain memeriksa transaksi dalam kelompok daripada secara individual. Setelah diverifikasi, mereka akan dimasukkan atau ditambahkan ke blockchain terverifikasi yang ada. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Articles

Back to top button