Kliring RTGS dan Real Time Online Kenali Perbedaannya

Teknateno.com – Kliring RTGS dan Real Time Online adalah beberapa jenis pengiriman uang atau transfer uang di bank. Ketiga fasilitas tersebut digunakan bank untuk mempermudah penyelesaian transaksi bagi nasabah yang menggunakan internet banking dan online banking.

Kamu harus memahami ketiga fasilitas transfer ini sepenuhnya. Dengan begitu, kamu tidak akan melakukan kesalahan selama transfer atau asal transfer.

Dengan mengetahui fasilitas transfer pembayaran dari bank ini, kamu dapat mengetahui kapan uang yang kamu kirimkan akan mencapai rekening target.

Perbedaan Kliring RTGS dan Real Time

Perbedaan Kliring RTGS dan Real Time

Berikut perbedaan dari Kliring RTGS dan Real Time Online yang termasuk jenis pengiriman uang atau transfer uang di bank.

1. Kliring

Kliring juga terkadang disebut dengan LLG (Lalu Lintas Giro) merupakan metode pembayaran yang mewajibkan bank untuk memeriksa atau memproses Kliring saldo rekening sumber sebelum melakukan proses pembayaran. Tujuan dari kegiatan Kliring ini adalah untuk mempermudah transaksi uang sehingga lebih cepat dan aman.

Berikut penjelasan detail tentang proses Kliring.

  • Kliring adalah teknik bertransaksi menggunakan mobile banking, online banking, dan teller bank, ketika kamu ingin melakukan transfer atau mengirim uang ke bank lain.
  • Saat mengirim uang menggunakan Kliring, perlu diingat bahwa prosesnya bisa memakan waktu hingga tiga hari sebelum dana benar-benar diterima di rekening yang kamu tuju. Sebab, bank pengirim harus mengirimkannya ke BI (Bank Indonesia) terlebih dahulu. Setelah itu, hanya Bank Indonesia yang akan mengirimkannya ke bank tujuan transfer.
  • Layanan pengiriman uang Kliring ini ditawarkan hingga lima kali sehari selama jam kerja di Bank Indonesia.
  • Biaya transfer antar bank melalui Kliring lebih murah jika dibandingkan dengan transaksi antar bank online. Biaya Kliring transfer uang antar bank mulai dari Rp3.500 setiap transaksi.
  • Bank akan memeriksa terlebih dahulu apakah jumlah di rekening sumber mencukupi sebelum melanjutkan dengan transfer pembayaran ini..
  • Saat ini limit tertinggi untuk transaksi Kliring adalah Rp 1 miliar.

2. RTGS

Real Time Gross Settlement (RTGS) adalah layanan pembayaran dari bank. Jika kamu ingin mentransfer dalam jumlah besar dan membutuhkan waktu lebih cepat dari Kliring, RTGS mungkin bisa dilakukan.

Berikut penjelasan lengkap tentang RTGS.

  • RTGS sering menjadi pilihan nasabah untuk mentransfer uang dengan nominal yang lebih besar, minimal Rp 100 juta.
  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Kliring, mulai dari Rp25.000.
    Jika kamu melakukan transfer menggunakan RTGS, uang akan tiba di rekening target secara instan atau real time.
  • Namun, kamu perlu memperhatikan bahwa waktu nyata tidak menunjukkan bahwa uang kamu akan mencapai rekening penerima pada jam dan menit yang sama.
  • Proses RTGS memakan waktu beberapa jam agar uang sampai ke rekening penerima, umumnya sekitar 3-4 jam atau lebih cepat.
  • Jika transfer uang dilakukan setelah pukul 15.00 maka akan ditangani pada hari berikutnya.
  • Begitu juga jika kamu melakukan transfer RGTS menjelang akhir bulan pada tanggal 30 atau 31, maka proses transfer akan mengalami keterlambatan satu hari kerja karena adanya proses penutupan.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button