Decentralized Social atau DeSo dalam Cryptocurrency

Teknatekno.com – Berikut ini pembahasan tentang Decentralized Social atau DeSo yang telah kami rangkum dalam artikel kami. Decentralized Social (DESO) adalah cryptocurrency asli yang menggerakkan platform blockchain yang dimaksudkan untuk mendukung berbagai aplikasi media sosial terdesentralisasi sekarang dapat diakses di Coinbase.

Sesuai posting blog, klien Coinbase sekarang pada dasarnya dapat menjual, mengirim, menerima, atau menyimpan DESO dan menggunakannya untuk memperoleh “token sosial” dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT)

Dan untuk membuat profil serta postingan untuk aplikasi Sosial Terdesentralisasi. Proyek blockchain layer 1 bermaksud untuk membawa skalabilitas ke platform media sosial hingga satu miliar pengguna.

Apa Singkatan Dari DeSo

Apa Singkatan Dari DeSo?

DeSo adalah bentuk baru dari blockchain yang dimaksudkan untuk mendukung jaringan sosial terdesentralisasi Web 3.0. Sejak debutnya pada tahun 2019, DeSo berupaya mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh konsentrasi media sosial kontemporer.

Saat ini, segelintir bisnis komersial secara efektif mengatur wacana publik, menghasilkan keuntungan monopolistik; sementara itu, pembuat konten yang benar-benar mengembangkan konten biasanya dibayar rendah dan kurang terlibat.

Sebaliknya, blockchain sosial DeSo memperlakukan konten media sosial sebagai utilitas publik, membuatnya tanpa izin dan terbuka untuk siapa saja.

DeSo memadukan gagasan sistem keuangan P2P terbuka yang diberikan oleh cryptocurrency dengan arsitektur basis data yang efisien dan dapat diskalakan, yang diarahkan untuk menghadirkan jejaring sosial Web 3.0 generasi berikutnya.

Saat ini, ada lebih dari seratus aplikasi yang dibuat di blockchain DeSo, termasuk Diamond, Polygram, Cloutfeed, Pulse, Supernovas.

Siapa Pendiri DeSo?

Decentralized Social atau DeSo dibentuk oleh Nader Al-Naji pada Januari 2019. Dia memulai karirnya sebagai software engineer di DE Shaw Group setelah lulus dari Princeton, dan kemudian pindah ke Google, di mana dia bekerja di tim Search and Ads untuk raksasa mesin pencari.

Sebelum DeSo, dia mendanai lebih dari $133 juta untuk membangun Basis stablecoin algoritmik pada tahun 2017. Yayasan DeSo nirlaba berada di belakang blockchain DeSo, yang bertujuan untuk mendukung desentralisasi media sosial.

Al-Naji saat ini adalah ketua dewan Yayasan DeSo, dengan dana $200 juta di belakangnya untuk mendukung tujuannya. Pada Oktober 2021, DeSo Foundation meluncurkan dana pengembang senilai $50 juta, yang dikenal sebagai Octane Fund.

Apa yang Membuat Decentralized Social atau DeSo Unik?

Blockchain DeSo memungkinkan tidak hanya fitur sosial biasa seperti menghasilkan profil dan posting, tetapi juga fitur asli blockchain baru seperti token sosial (koin pembuat), tip, dan NFT.

Fitur-fitur ini melepaskan kategori baru yang sangat besar dari barang-barang yang mendukung uang, dari pengalaman NFT sosial hingga pasar saham yang berpengaruh.

Fitur-fitur ini membantu pembuat konten untuk lebih berhasil mengkomersialkan konten mereka dan terlibat dengan audiens mereka di aplikasi yang didukung DeSo. Karena DeSo menganggap data sosial sebagai sumber daya publik, pembuat konten tidak terpaku pada beberapa aplikasi terpusat.

Dengan cara yang mirip dengan aplikasi DeFi blockchain Ethereum, semua konten di DeSo disimpan di buku besar yang terdesentralisasi dan langsung dapat diakses ke jaringan yang berkembang dari aplikasi pihak ketiga yang independen.

Apa Manfaat Decentralized Social atau DeSo?

Manfaat utama DeSo terletak pada kenyataan bahwa itu bukan blockchain tujuan umum. Sebagai gantinya, ia menyediakan satu set kecil fitur berorientasi sosial yang diimplementasikan pada bare metal.

Yaitu memanfaatkan indeks dipesan lebih dahulu yang dibangun setiap node selama konsensus ketika disinkronkan dari rekan-rekannya.

Ini memungkinkan blockchain DeSo untuk mencapai kapasitas penyimpanan yang sangat skalabel yang tidak ada bandingannya dengan blockchain tujuan umum mana pun.

Meskipun infrastruktur kontrak pintar terbesar saat ini membutuhkan biaya jutaan ($1.000.000+) untuk memperoleh tingkat penyimpanan on-chain yang sama, dengan DeSo, biaya 1 GB hanya 1 DeSo.

DeSo juga telah mengumumkan perpindahan ke konsensus Proof of Stake pada akhir tahun 2021, yang diperkirakan mencapai throughput ratusan ribu transaksi per detik, berkat skema transaksi yang ditentukan dengan cermat.

DeSo menggunakan sistem berbasis token pada blockchain Ethereum. Ini menyiratkan bahwa token DeSo dapat ditransfer antar rekan dan digunakan sebagai pembayaran untuk layanan mikro di dalam jaringan, seperti mengunggah konten, menandai pengguna lain, berkomentar, dan menyukai posting.

Token DeSo juga dapat berfungsi sebagai mekanisme untuk menghargai perilaku pengguna yang memajukan jaringan atau sebagai metode untuk mengakses fitur tertentu di dalam jaringan DeSo.

Misalnya, ketika sejumlah komentar tertentu telah diposting oleh pengguna jaringan yang berbeda, orang-orang tersebut kemudian dapat menggunakan Token DeSo mereka untuk membuka kunci kemampuan membuat polling di dalam postingan mereka.

Decentralized Social atau DeSo berbeda dari yang biasa kita gunakan, karena berfungsi pada server yang dioperasikan secara independen, bukan pada server terpusat yang dikendalikan oleh satu bisnis.

Decentralized Social atau DeSo seperti Mastodon adalah salah satu contohnya. Itu dibangun di atas perangkat lunak sumber terbuka dan beroperasi sangat mirip dengan Twitter. Contoh lain adalah Steem, yang beroperasi pada blockchain sosial.

Data dapat disimpan di server di seluruh dunia berkat teknologi blockchain. Ini mendukung transparansi, karena data dapat diperiksa hampir secara real-time oleh siapa saja di jaringan.

Decentralized Social atau DeSo memberi pengguna kekuatan dan otonomi yang lebih besar. Seorang individu dapat membangun jaringan sosial mereka dan mengontrol bagaimana fungsinya dan apa yang dapat dikatakan pengguna.

Konten Decentralized Social (DeSo) dapat menetapkan aturan untuk perilaku yang dapat diterima di situs, daripada mengandalkan bisnis untuk melakukannya. Sebelum memutuskan untuk membeli token DeSo, disarankan untuk melihat prediksi harga dari token DeSo ini terlebih dahulu.

Decentralized Social atau DeSo dalam Cryptocurrency

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar Decentralized Social atau DeSo.

Apa itu Decentralized Social Network?

Decentralized Social Network adalah platform berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna untuk bertukar informasi serta mempublikasikan dan mendistribusikan konten ke audiens. Karena aplikasi ini berjalan di blockchain, mereka mampu didesentralisasi dan tahan terhadap sensor dan kontrol yang tidak semestinya.

Apakah DeSo ada di Coinbase?

Koin DeSo dapat dibeli melalui bursa seperti Coinbase.

Apakah DeSo Bukti Kerja?

DeSo menjalankan mekanisme konsensus Proof of Work hybrid yang memungkinkannya menggunakan energi yang jauh lebih sedikit daripada Bitcoin atau Ethereum sambil tetap aman dari serangan 51%.

Untuk Apa Deso Crypto Digunakan?

Decentralized Social (DeSo) adalah cryptocurrency asli yang mendukung blockchain Sosial Terdesentralisasi, sebuah platform yang dirancang untuk mendukung berbagai macam aplikasi media sosial terdesentralisasi.

DeSo dapat digunakan untuk membeli “token sosial” dan NFT, dan untuk membuat profil dan posting untuk aplikasi Sosial Terdesentralisasi.

BACA JUGA:

Decentralized Social Crypto Panduan Cara Membelinya
Apa itu Decentralized Application (DApps) dan Contohnya
Apa itu Fear and Greed Index dalam Jual Beli Aset Crypto

Kesimpulan

DeSo adalah bentuk baru dari blockchain yang dimaksudkan untuk mendukung jaringan sosial terdesentralisasi Web 3.0. DeSo memperlakukan konten media sosial sebagai utilitas publik, membuatnya tanpa izin dan terbuka untuk siapa saja.

Saat ini, ada lebih dari seratus aplikasi yang dibuat di blockchain DeSo. Decentralized Social (DeSo) adalah cryptocurrency asli yang menggerakkan platform blockchain sekarang dapat diakses di Coinbase. DeSo menggunakan sistem berbasis token pada blockchain Ethereum.

Proyek layer 1 bermaksud untuk membawa skalabilitas ke platform media sosial hingga satu miliar pengguna. Jejaring sosial terdesentralisasi berbeda dari yang populer karena berfungsi pada server yang dioperasikan secara independen, bukan pada server terpusat yang dikendalikan oleh satu bisnis.

Ini menyiratkan bahwa token DeSo dapat ditransfer antar rekan dan digunakan sebagai pembayaran untuk layanan mikro di dalam jaringan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button