Jaga Data Pribadi dengan Aplikasi Google Authenticator

Teknatekno.com – Aplikasi Google Authenticator adalah pilihan paling aman yang tersedia saat ini untuk melindungi data sensitif. Praktis dan cocok untuk semua sistem operasi, aplikasi yang satu ini mampu mengamankan data pribadi agar tidak bocor.

Seperti apa tampilan aplikasi ini? Bagaimana cara memanfaatkannya? Yuk, temukan lebih banyak lagi tentang Aplikasi Google Authenticator dalam ikhtisar Glints berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Google Authenticator?

Menjaga keamanan akun online Anda sangatlah mudah dengan aplikasi Google Authenticator, aplikasi autentikasi dua faktor (2FA). Saat seseorang mencoba mengakses akun pribadi pengguna, aplikasi mengirimkan kode autentikasi ke ponsel cerdas pengguna.

Jika individu yang mengakses akun tidak memiliki kode otentikasi, dia tidak dapat masuk ke akun. Dengan memanfaatkan aplikasi 2FA seperti Google Authenticator, Anda dapat mencegah orang asing mengakses data Anda meskipun mereka mengetahui kata sandi akun Anda.

Dengan Google Authenticator, pengguna dapat menggunakan kode QR yang dibuat oleh aplikasi di perangkat lain untuk menyelesaikan autentikasi dua faktor di ponsel cerdas pribadi mereka.

Selain itu, dapat juga dilakukan hanya dengan memasukkan kode kunci dasar. Kecuali jika pengguna harus mentransfer aplikasi ke smartphone baru, proses ini cukup mudah.

Prasyarat & Cara Menggunakan Aplikasi Google Authenticator

Salah satu alasan popularitas Google Authenticator adalah cara penggunaannya yang mudah dan tidak merepotkan.

Namun, ada hal lain yang perlu Anda selesaikan sebelum dapat memanfaatkan aplikasi yang satu ini. Berikut penjelasannya:

1. Prasyarat

Pertama-tama, ada beberapa prasyarat sebelum Anda dapat mulai menggunakan Google Authenticator. Sebenarnya, beberapa hal ini mungkin tampak tidak penting, tetapi jika Anda tidak memenuhi prasyarat, Anda tidak akan dapat menggunakan Google Authenticator.

Nah, prasyarat yang harus Anda lengkapi sebelum menggunakan Google Authenticator adalah sebagai berikut:

  • Anda harus menyiapkan Verifikasi 2 Langkah (2-step verification) di akun Google Anda.
  • Anda harus menginstal aplikasi Google Authenticator di smartphone pribadi Anda. Hanya aplikasi yang mudah dari Google Play Store yang diperlukan untuk mengaktifkan dan menjalankannya.
  • Jika kamera pada smartphone Anda tidak mampu memindai kode batang, Anda perlu menginstal aplikasi pemindai kode batang.

Cara Menggunakan Aplikasi Google Authenticator

2. Cara Menggunakan Aplikasi Google Authenticator

Setelah Anda menyelesaikan semua prasyarat, yang tersisa hanyalah menyiapkan aplikasi di ponsel cerdas Anda. Berikut langkah-langkah dalam menyiapkan Google Authenticator:

  • Buka halaman keamanan akun Google (Google account security) pada aplikasi browser pilihan.
  • Klik ‘Verifikasi 2 Langkah’ (2-step verification).
  • Di bawah bagian aplikasi Authenticator, klik ‘Setup’.
  • Pilih jenis perangkat-mu(Android/iPhone) dan klik “Berikutnya” untuk menampilkan kode QR.
  • Buka aplikasi Authenticator di smartphone.
  • Ketuk ‘Begin Setup’.
  • Ketuk ‘Scan Barcode’.
  • Pindai kode QR yang tertera pada browser.
  • Klik tombol ‘Berikutnya’.
  • Ketik kode yang kamu lihat pada layar smartphone ke dalam kotak teks dan klik verifikasi.
  • Klik opsi ‘Selesai’ untuk menyelesaikan set up Google Authenticator-mu.

Pencarian Populer

Microsoft Authenticator - Google Authenticator Download - Google Authenticator App - Google Authenticator Apk - Cara Menggunakan Google Authenticator - Cara Mengembalikan Google Authenticator Yang Terhapus- Authenticator Online - Authenticator Login - Authenticator Google - Authenticator Download -

1 2Next page

Related Articles

Back to top button