Konsep Money Management Saat Investasi Saham

Teknatekno.com – Dalam mengelola keuangan atau money management, para investor perlu mengetahui konsep money management yang benar agar mampu bertahan saat berinvestasi saham.

Apa Saja Konsep Money Management?

Ada berbagai konsep money management yang perlu dipahami investor agar tidak terjerumus dalam investasi saham, antara lain:

Apa Saja Konsep Money Management

1. Jangan Taruh Semua Telur dalam Satu Keranjang

Pengertian ini berkaitan dengan prinsip pengelolaan uang saat berinvestasi yang paling mendasar, yaitu tidak menempatkan seluruh modal dalam satu produk investasi.

Sebaliknya, diversifikasi portofolio Anda dengan memilih beberapa saham terbaik menurut investor dan membagi modal investasi Anda secara merata di antara mereka.

Dengan begitu, saat harga satu saham turun, modal di saham lain masih bisa mendongkraknya sehingga kerugian bisa dihindari.

2. Mengukur Risiko dan Imbalan Saham

Gagasan risiko dan imbalan adalah pemicu utama bagi investor ritel untuk gagal karena mereka tidak memiliki pengetahuan tentang kapan harus berhenti. Untuk mencegah investor menderita kerugian yang lebih tinggi, perlu untuk mengatur posisi stop atau stop loss saat mengelola uang.

Menentukan batas stop loss sangat penting bagi investor karena mungkin untuk mengurangi risiko ketakutan & keserakahan yang dapat menjebak psikologi mereka untuk terus bertahan hingga akhirnya menjadi terpancing di saham.

Penentuan reward juga perlu dilakukan bersamaan dengan penentuan risiko untuk menentukan apakah potensi keuntungan saham sebanding atau proporsional dengan risiko.

Dengan kata lain, saat berinvestasi di saham, jangan biarkan daya tarik keuntungan lebih rendah dari risiko yang ditimbulkannya. Dari sini, investor dapat memahami nilai pembelian saham pada level support dan memperkirakan kapan harga akan melambung.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button