Manfaat Penggunaan Fintech Bagi Masyarakat

Teknatekno.com – Apa saja manfaat penggunaan fintech? Berikut penjelasannya. Fintech atau financial technology merupakan sesuatu yang memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat di era modern ini.

Istilah ini berkaitan dengan perkembangan kemajuan layanan keuangan berbasis teknologi. Seperti yang telah kita pelajari, teknologi di era modern telah mempengaruhi rutinitas banyak orang.

Apalagi dengan hadirnya smartphone dan ponsel pintar di tengah masyarakat. Berbagai tugas seperti berbelanja, memesan makanan, mentransfer uang, hingga mengajukan pinjaman dapat dilakukan dengan bergantung pada kompleksitas smartphone dan jaringan internet.

Meningkatnya aktivitas di industri keuangan juga tak terhindarkan memerlukan penggunaan teknologi. Itulah sebabnya istilah fintech diciptakan dan kehadirannya menjamur dengan pesat di era milenial.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas perusahaan teknologi keuangan telah melonjak karena mereka menawarkan kemudahan bagi banyak orang. Misalnya dalam cara pembayaran, mendapatkan pinjaman, hingga pengelolaan keuangan pribadi maupun untuk kebutuhan bisnis.

Manfaat Penggunaan Fintech

Popularitas fintech semakin meningkat karena menawarkan berbagai keuntungan bagi masyarakat. Apa manfaat yang dapat dirasakan dari hadirnya layanan keuangan berbasis teknologi ini?

Manfaat Penggunaan Fintech

Berikut beberapa manfaat penggunaan fintech di Indonesia:

1. Menawarkan Kemudahan Layanan Finansial

Keuntungan pertama yang mungkin Anda rasakan sebagai pengguna fintech adalah kemudahan layanan keuangan.

Jika menengok ke belakang, Anda harus membayar listrik ke pusat pembayaran dan membayar tagihan lainnya langsung ke outlet pembayaran.

Kini, dengan hadirnya fintech, prosedur pembayaran menjadi jauh lebih mudah. Hanya dengan menggunakan program di ponsel Anda, Anda dapat membayar semua tagihan dengan mudah.

Kapan pun dan kapan pun, pengguna tekfin dapat melakukan berbagai layanan keuangan dengan nyaman tanpa harus keluar rumah.

2. Mempermudah Pelaku Usaha Dalam Menerima Pembiayaan

Di masa lalu, bank adalah satu-satunya cara aman bagi pelanggar untuk menerima uang bisnis. Prasyarat untuk menerima pinjaman tidak mudah.

Namun, saat ini pelaku usaha lebih mudah menerima pinjaman karena hadirnya fintech. Jumlah fintech Indonesia yang menyediakan layanan pembiayaan semakin banyak dan tentunya menawarkan pendekatan yang lebih mudah.

Tanpa perlu bertatap muka, para pelaku usaha dapat mengajukan pinjaman dana dan memenuhi persyaratan yang mudah.

Setelah pihak fintech memvalidasi pinjaman, pinjaman dapat segera dicairkan ke rekening peminjam.

3. Mendukung Inklusi Keuangan Nasional

Pernahkah Anda mendengar istilah inklusi keuangan? Inklusi keuangan adalah hak setiap orang untuk dapat mengakses layanan lembaga keuangan secara lengkap secara tepat waktu, informatif, dan berbiaya rendah.

Namun, hanya 49% orang Indonesia yang memiliki inklusi ke layanan keuangan, jauh dari target nasional 75%.

Kehadiran tekfin mampu membantu pemerintah mencapai tujuan tersebut. Dengan munculnya fintech, orang dapat mengakses berbagai layanan keuangan hanya dengan smartphone dan internet.

Pengaruh inklusi keuangan yang sangat baik mampu mendongkrak kinerja sektor ekonomi nasional.

4. Memberikan Opsi Pinjaman Bunga Rendah

Ketika mereka mengalami kesulitan keuangan dan membutuhkan uang segera, orang akan meminjam uang dari pihak yang dapat langsung memasok mereka.

Namun, tidak sedikit dari pemberi pinjaman ini memberikan bunga tinggi yang justru semakin mempersulit masyarakat.

Kehadiran fintech memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat menerima pinjaman dengan bunga yang lebih bersahabat.

Beberapa fintech gelap, di sisi lain, memanfaatkan kesulitan yang dihadapi masyarakat dengan menawarkan suku bunga selangit.

Oleh karena itu, Anda harus waspada saat memilih layanan fintech. Pilih korporasi yang transparan, terpercaya dan sudah pasti terdaftar di OJK.

5. Mendukung Standar Hidup Masyarakat Menjadi Lebih Baik

Perusahaan fintech tidak hanya fokus pada keuntungan finansial untuk bisnis mereka sendiri. Selain itu, startup juga berperan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Seiring berjalannya waktu, daya beli masyarakat semakin meningkat. Hal ini berkat kemajuan infrastruktur keuangan yang diberikan oleh para pengusaha financial technology.

Selain itu, kehadiran startup ini juga berperan dalam melahirkan merchant-merchant yang memungkinkan pembayaran dengan cara yang mudah, praktis, dan hemat.

Ini juga menjadi motivasi bagi orang untuk memulai bisnis online mereka sendiri. Dengan kata lain, fintech membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Berikut telah kami siapkan artikel mengenai bentuk-bentuk perusahaan fintech yang ada di Indonesia.

Kesimpulan:

Finansial Technology (fintech) terkait dengan kemajuan layanan keuangan berbasis teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas perusahaan fintech melonjak karena menawarkan kemudahan bagi banyak orang.

Pengguna Fintech dapat melakukan berbagai layanan keuangan dengan nyaman tanpa harus keluar rumah. Inklusi keuangan merupakan hak setiap orang untuk dapat mengakses layanan keuangan secara lengkap.

Hanya 49% masyarakat Indonesia yang memiliki akses ke layanan keuangan, jauh dari target nasional 75%. Kehadiran fintech memudahkan masyarakat menerima pinjaman dengan suku bunga yang lebih bersahabat.

Related Articles

Back to top button