Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal Awal

Teknatekno.com – Tahukah Anda, reseller Shopee bisa menghasilkan hingga puluhan juta rupiah tanpa modal. Anda juga dapat berhasil sebagai reseller jika Anda meluangkan waktu dan tenaga.

Penasaran? Silakan baca terus untuk mengetahui cara menjadi reseller Shopee untuk pemula berikut ini tanpa modal sepeser pun!

Era baru telah tiba, era di mana perusahaan dapat dioperasikan secara online tanpa uang muka. Ini bukan isapan jempol. Salah satu strategi bisnis yang patut dicoba adalah reseller.

Panduan Menjadi Reseller Shopee

Panduan Menjadi Reseller Shopee

Peluang reseller untuk berkembang semakin kecil ketika semakin banyak penjual Shopee yang terbagi menjadi usaha kecil menengah (UMKM) dan penjual reguler. Selain itu, jumlah Dropshippers juga sama banyaknya dengan reseller di Shopee.

Tapi jangan khawatir; semua yang Anda inginkan adalah perubahan kecil dalam pendekatan. Ya, seperti halnya penjual, persaingan reseller di Shopee juga cukup ketat. Anda harus memiliki strategi khusus agar bisa bersaing dengan jutaan reseller lainnya.

Namun sebelum itu, Anda mungkin perlu memahami apa itu reseller dan bagaimana cara menjadi reseller Shopee yang sukses dengan modal minimal bahkan tanpa sepeser pun.

Apa itu Reseller Shopee?

Reseller adalah istilah gaul untuk seseorang yang menjual kembali barang orang lain. Merupakan tanggung jawab pengecer untuk menjual produk dari beberapa pemasok, masing-masing dengan perbedaan harga yang berbeda.

Prinsip perdagangan konvensional berlaku. Anda memperoleh barang dari pemasok dan kemudian menjualnya lagi dengan margin persentase tertentu.

Toko online dan Marketplace lebih terkait erat dengan pengecer daripada dengan bentuk perdagangan yang lebih tradisional. Rutinitas harian reseller termasuk mengutak-atik Shopee dan pasar lain seperti Shopee, Bukalapak, dan toko online Tokopedia.

Meskipun dalam prakteknya, reseller terbagi menjadi 2 jenis. Ada reseller yang mengambil produk dari toko fisik (offline to online), ada juga yang mengambil produk dari Marketplace (online to online).

  • Reseller Offline To Online : Reseller yang merestok barang dari toko fisik seperti Swalayan, Mall atau UMKM lalu dijual melalui Marketplace online seperti Shopee, Bukalapak atau Tokopedia.
  • Reseller Online To Online : Reseller yang menjual produk dari satu Marketplace ke Marketplace lainnya. Misalnya menjual barang dari Shopee ke Tokopedia atau ke Lazada dan sebaliknya.

Cara Kerja Reseller Shopee

Merupakan tanggung jawab reseller Shopee untuk memasarkan dan menjual produk baik dari retailer fisik maupun online di Shopee Marketplace.

Sama seperti penjual Shopee pada umumnya, reseller di Shopee juga memiliki toko sendiri di Shopee. Selain itu reseller Shopee juga diharuskan memiliki toko sendiri di Shopee, membalas chat untuk melakukan packing dan pengiriman.

Salah satu contoh pusat reseller offline yang besar adalah Pusat Grosir Solo (PGS) (PGS). Setiap hari, ribuan orang mengantre di depan toko untuk memproses pesanan reseller.

Reseller dapat bergabung dengan Grup WhatsApp untuk menerima katalog produk dengan mengklik tautan di spanduk masing-masing toko.

Reseller kemudian menawarkan produk ini di situs seperti Amazon dan eBay serta melalui media sosial. Segera setelah reseller melakukan pemesanan, reseller menghubungi toko untuk mengatur penyimpanan produk.

Ketika keesokan harinya datang, reseller mengambil barang dari toko dan mengirimkannya melalui berbagai jasa kurir antara lain JNE, Tiki, Pos, dan sebagainya, ke tempat tujuan.

Toko yang menyediakan produk, reseller yang menjualnya. Ini menunjukkan bukti betapa suburnya bisnis reseller saat ini.

Cara Menjadi Reseller di Shopee Tanpa Modal

Untuk menjadi reseller Shopee yang sukses, berikut step by step cara menjadi reseller di Shopee tanpa modal apapun yang harus Anda lakukan:

1. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah pertama dalam memulai bisnis reseller di Shopee adalah menentukan produk yang akan dijual. Menentukan produk ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Untuk menentukan produk mana yang cocok untuk dijual kembali melalui sistem reseller, seseorang harus melakukan riset terhadap jumlah pencarian produk setiap hari, bulan, bahkan tahun.

Dalam menentukan apakah produk reseller cocok untuk dijual di Shopee, Anda harus memeriksa faktor-faktor berikut:

  • Besarnya permintaan produk yang akan anda jual 3 bulan terakhir.
  • Volume pencarian produk rata  – rata perbulan.
  • Apakah produk tersebut sedang trend atau sedang digandrungi di masa mendatang.
  • Apakah supplier untuk produk tersebut tersedia.
  • Apakah memungkinkan mengambil margin keuntungan beberapa persen dari produk yang akan anda jual.
  • Seberapa besar tingkat pemahaman anda terhadap produk tersebut.
  • Begitu juga dengan faktor lainnya.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like