Jenis Investasi Emas yang Menguntungkan

Teknatekno.com – Berbicara tentang jenis investasi emas, sebenarnya ada banyak sekali jenis emas terbaik yang bisa dipilih. Emas batangan, dinar, dan koin hanyalah beberapa dari sekian banyak pilihan yang tersedia, tetapi yang paling populer adalah perhiasan emas.

Karena pengembaliannya yang tinggi, semua jenis investasi emas menguntungkan. Namun, selain itu, masih banyak jenis emas lainnya untuk investasi lain yang tak kalah menarik dan cocok dijadikan pilihan.

Teknatekno.com telah menyusun panduan lengkap tentang berbagai jenis emas yang mungkin Anda ketahui sebagai investasi hanya untuk Anda.

Mengenal Emas Sebagai Investasi Terbaik

Mengenal Emas Sebagai Investasi Terbaik

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang jenis-jenis emas untuk investasi, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu informasi fundamental terkait emas, dan mengapa emas menjadi salah satu pilihan investasi terbaik.

Seperti diketahui, emas merupakan logam berharga yang memiliki rona kuning tua dan berkilau. Emas sering digunakan dalam produksi berbagai macam barang perhiasan, antara lain cincin, gelang, kalung, dan anting-anting.

Dalam perhiasan saja, emas memiliki nilai yang sangat tinggi. Jadi, orang merasa punya kebanggaan tersendiri, saat memakai perhiasan emas.

Ini juga salah satu alasan mengapa emas, khususnya perhiasan emas, biasanya dianggap sebagai investasi terbaik. Perhiasan, selain menyenangkan secara estetika, juga memiliki nilai moneter yang tinggi dan umumnya dapat diandalkan.

Selain itu, emas juga biasanya dihubungkan dengan tanda kekayaan. Anda telah melakukan investasi emas terbaik untuk masa depan jika Anda memiliki banyak koleksi perhiasan emas atau komoditas emas murni.

Namun, investasi emas kini cukup luas cakupannya. Bentuk emas yang dapat diinvestasikan tidak hanya dalam bentuk perhiasan dan emas murni, tetapi juga dapat berupa koin emas, sertifikat, reksa dana, saham perusahaan tambang emas dan sebagainya.

Semua itu dapat dimanfaatkan sebagai investasi terbaik, asalkan dikendalikan dan dikelola secara efektif, sehingga menguntungkan untuk masa depan.

Jenis Investasi Emas

Setelah pada pembahasan sebelumnya anda sudah mengetahui emas sebagai investasi terbaik, maka kali ini anda akan mengetahui jenis-jenis emas untuk investasi yang mungkin bisa dipilih.

Sebab, umumnya ada berbagai jenis emas untuk investasi. Beberapa di antaranya sudah dibahas sebelumnya di awal, seperti emas batangan, emas perhiasan, koin emas, dan dinar emas. Berinvestasi dalam emas mungkin rumit, karena ada beberapa alternatif jenis investasi emas yang tersedia.

1. Emas Batangan

Emas batangan adalah salah satu jenis investasi emas yang paling populer. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa emas tipe tetap tidak berfluktuasi nilainya dari waktu ke waktu. Apalagi emas batangan juga cukup mudah dijual, saat Anda sangat membutuhkan uang.

Emas batangan benar-benar merupakan bentuk investasi yang sangat aman dan menguntungkan, baik untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Emas Perhiasan

Menurut Teknatekno.com, perhiasan emas adalah salah satu investasi terbaik karena merupakan cara yang baik untuk melindungi uang Anda. Bisa dibilang, perhiasan emas adalah jenis investasi emas yang biasanya dipilih oleh para ibu-ibu, selain emas batangan.

Sebab, perhiasan emas bisa dibeli dengan mudah di toko emas. Namun sayang, pembelian emas perhiasan untuk investasi tidak disarankan, jika tujuannya untuk investasi jangka pendek.

Akan lebih baik jika perhiasan emas digunakan sebagai investasi jangka panjang. Karena manfaat kesehatan dari memakai perhiasan emas diragukan. Salah satu alasannya, ketika Anda membeli perhiasan emas, Anda tidak hanya membayar harga emas, tetapi juga harga biaya pembuatannya.

Bahkan jika Anda kembali ke tukang emas untuk menjual perhiasan emas, dia tidak mungkin membayar berapa biaya untuk membuatnya. Toko hanya akan membayar harga emas.

Akibatnya, jika Anda serius ingin berinvestasi dalam perhiasan emas, pilih opsi jangka panjang daripada opsi jangka pendek yang lebih fluktuatif.

3. Dinar Emas

Dinar emas, bagi Anda yang belum mengetahuinya, merupakan salah satu dari beberapa jenis investasi emas yang bisa Anda pilih. Dinar emas juga merupakan mata uang, atau simpanan emas yang pada zaman dahulu banyak digunakan sebagai instrumen perdagangan.

Seiring berjalannya waktu, seiring perkembangan zaman, begitu pula peran dinar emas. Satu hal yang berharga itu, lebih banyak digunakan sebagai sarana investasi yang menguntungkan. Hal ini karena dinar emas lebih tahan terhadap inflasi dan dapat melacak nilai mata uang lainnya.

4. Koin Emas

Koin emas yang dimaksud di sini adalah koin emas ONH (Ongkos Naik Haji), karena diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin memiliki tabungan untuk persiapan perjalanan.

Walaupun tujuan dari jenis investasi emas ini berbeda dengan yang lain, harga emas sama dengan jenis emas lainnya yang juga mengikuti harga mata uang asing, dan umumnya aman terhadap inflasi.

5. Emas Kuno

Berbicara tentang emas kuno, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, “Apakah keberadaan emas kuno saat ini merupakan investasi terbaik?”, jawabannya tentu sangat luar biasa.

Emas kuno memiliki nilai sejarah yang tinggi, yang berarti nilai pasarnya saat ini juga tinggi. Menariknya, emas kuno bisa dimanfaatkan sebagai koleksi benda berharga sekaligus investasi.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button