Investasi Crypto: Jenis, Manfaat dan Risikonya

Teknatekno.com – Cryptocurrency atau investasi crypto adalah jenis investasi yang memberikan keuntungan tinggi. Cryptocurrency sendiri adalah uang digital yang hanya ada dan mungkin dihabiskan di dunia maya.

Instrumen atau produk investasi semakin sederhana, semakin beragam dan tentunya semakin kompleks. Karena kemampuan teknologi canggih saat ini, investasi dalam cryptocurrency seperti bitcoin telah menjadi pilihan yang layak.

Ketika Satoshi Nakamoto pertama kali memperkenalkan konsep investasi kripto pada Januari 2009, dia berfokus pada bitcoin pada khususnya.

Transaksi dalam game, seperti layanan dan aksesori, serta barang dagangan lainnya, seperti pakaian, semuanya dapat diselesaikan menggunakan kartu ini. Saat cryptocurrency baru muncul, pembelian dan perdagangan bitcoin menjadi semakin lazim dan populer.

Ada cryptocurrency lain yang populer di luar bitcoin yang terkenal, termasuk ethereum, ripple, litecoin, dogecoin, mrai, dan dashcoin.

Cryptocurrency sebagai Instrumen Investasi Populer di Kalangan Anak Muda

Cryptocurrency sebagai Instrumen Investasi Populer di Kalangan Anak Muda

Cryptocurrency adalah uang digital atau virtual yang dijamin dengan enkripsi. Penggunaan enkripsi membuatnya hampir sulit untuk memalsukan uang kripto. Pembayaran dan transfer antar individu juga dapat dilakukan secara online menggunakan cryptocurrency.

Pembelian online dapat dibayar menggunakan cryptocurrency, yang kemudian dapat dikonversi ke mata uang lain termasuk dolar, yen, dan rupiah.

Sejak mewabahnya Covid-19, para peminat investasi semakin terpikat dengan investasi, khususnya generasi milenial dan z, yang sadar akan keuntungan besar yang bisa diperoleh dengan berinvestasi di kripto.

Aset Crypto seperti Bitcoin, Ethereum, Degocoin dan masih banyak lagi menjadi salah satu alat investasi yang diminati oleh investor.

Dapat disebutkan bahwa saat ini investasi mata uang kripto mulai menjadi kendaraan investasi paling populer di negara ini. Jumlah orang Indonesia yang berinvestasi dalam uang kripto kini telah melampaui jumlah investor saham, seperti yang dapat ditunjukkan. Nilai aset kripto juga cukup tinggi.

Cara Menggunakan Cryptocurrency sebagai Investasi

Membeli dan menjual aset di bursa adalah satu-satunya metode untuk berinvestasi dalam cryptocurrency. Platform ini bertindak sebagai pasar untuk pertukaran aset kripto, menyatukan pembeli dan penjual. Transaksi aset kripto terjadi antara anggota atau pedagang anggota bursa.

Tidak seperti transaksi di bursa saham, di mana investor harus melalui perantara sebagai perantara, di bursa kripto, transaksi langsung antar investor. Tidak ada broker perantara dalam transaksi di bursa bitcoin.

Penyimpanan bitcoin atau aset kripto dilakukan di ‘wallet’. Ketika kita punya uang, kita taruh di dompet atau brankas. Namun, dengan bitcoin, kami menyimpannya secara digital.

Investor dapat menggunakan dompet yang disediakan bursa atau membawa dompet mereka sendiri. Sama seperti nasabah yang menyimpan uangnya di bank atau di rumah.

Investor harus memilih ‘sepasang’ koin untuk ditukar agar dapat bertransaksi dalam aset kripto. Platform akan memiliki berbagai pasangan yang tersedia dari bursa. Pertimbangkan nilai tukar Bitcoin/Rupiah (BTC/IDR).

Karena transaksi bitcoin terjadi antar anggota bursa, harga jual beli bitcoin antar bursa mungkin berbeda. Investor dapat menontonnya kapan saja di internet untuk mengetahui di mana harga bitcoin paling kompetitif.

Berikut ini adalah urutan di mana Anda harus membuat akun baru untuk perdagangan dan investasi crypto:

  • Membuka akun di Bitcoin Exchange, atau bursa Bitcoin.
  • Mendapatkan verifikasi KYC
  • Melakukan deposit (Rupiah & Kripto)
  • Memilih pair aset kripto
  • Mulai order
  • Berikutnya melakukan transaksi jual-beli
  • Withdraw/penarikan
  • Membayar biaya/fee berdasarkan jumlah transaksi
  • Transfer aset kripto ke wallet yang merupakan tempat menyimpan aset kripto.
  • Pilih fitur trading untuk yang ingin fokus trading mata uang kripto.

Tidak ada informasi pribadi, seperti nomor telepon atau nomor kartu identitas, yang diperlukan untuk transaksi online apa pun. Alih-alih menggunakan rekening bank, Anda dapat memindahkan aset Anda ke saldo PayPal atau dompet digital seperti OVO dan Go-Pay.

Jenis Investasi Crypto

Untuk orang yang baru tahu bahwa investasi crypto adalah semata-mata bitcoin, jangan salah paham. Berikut adalah beberapa jenis investasi kripto yang dapat Anda coba:

Bitcoin

Bitcoin adalah jenis cryptocurrency pertama yang masih cukup populer. Cryptocurrency jenis ini awalnya debut dan diperkenalkan pada tahun 2009 oleh pihak bernama Satoshi Nakamoto.

Tidak ada yang tahu apakah itu nama orang, kelompok, atau korporasi dan tidak ada yang tahu dari mana asalnya.

Per November 2019, ada lebih dari 18 juta bitcoin yang dipertukarkan dengan total nilai pasar sekitar US$146 miliar, kata Investopedia. Sampai saat ini, sekitar 68 persen cryptocurrency adalah bitcoin.

Litecoin

Cryptocurrency seperti Litecoin termasuk yang pertama menarik perhatian masyarakat umum ketika mereka pertama kali mulai mendapatkan daya tarik.

Untuk pertama kalinya pada tahun 2011, mata uang digital peer-to-peer (P2P) dengan tingkat pembuatan blok yang lebih cepat (yang membentuk blockchain) telah tersedia.

Jadi salah satu kelebihan Litecoin adalah memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi lebih cepat tanpa memerlukan perangkat keras komputer yang canggih.

Dogecoin

Dogecoin muncul pada Desember 2013. Dogecoin adalah cryptocurrency yang maskotnya adalah anjing Shiba Inu, seperti yang tersirat dari namanya. Dogecoin memiliki nilai yang jauh lebih rendah daripada bitcoin.

Transaksi yang lebih kecil, seperti kontribusi dan tip, adalah penggunaan umum untuk jenis cryptocurrency ini.

BitcoinCash

Dimulai pada bulan Agustus tahun lalu, BitcoinCash dengan cepat diluncurkan untuk menjadi salah satu dari lima cryptocurrency teratas di pasar. Jenis ini diluncurkan oleh sekelompok pengguna Bitcoin yang tidak puas dengan beberapa peraturan yang berlaku.

Mereka kemudian memisahkan diri dan menciptakan BitcoinCash, mata uang digital baru. Kelompok ini telah membuat improvisasi tertentu yang dianggapnya lebih unggul daripada cryptocurrency awal, bitcoin.

Feathercoin

Feathercoin adalah jenis cryptocurrency yang bersifat open source. Pada bulan April 2013, seorang petugas TI di Brasenose College, Ofxord University, menciptakan Peter Bushnell dengan ide untuk jenis cryptocurrency ini.

Feathercoin juga memiliki kesamaan dengan Litecoin dan berada di bawah lisensi MIT/X11.

Pencarian Populer

Investasi Uang Kripto- Pluang Crypto -
1 2Next page

Related Articles

Back to top button