Cara Mengetahui Perbedaan Kartu MicroSD Asli dan Palsu

Teknatekno.com – Mari belajar bagaimana membedakan antara kartu MicroSD asli dan palsu. Bagi pengguna smartphone Android, mungkin tidak asing lagi dengan MicroSD, sebuah memori eksternal yang mungkin digunakan untuk perangkat Android jika mereka tidak memiliki memori internal yang sesuai.

Kartu microSD, meskipun ukurannya kecil, memiliki kapasitas untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Selain itu, pemanfaatan memori microSD juga sangat bermanfaat untuk kamera aksi, DSLR, CCTV, drone dan masih banyak lagi.

Perbedaan Kartu MicroSD Asli dan Palsu

Perbedaan Kartu MicroSD Asli dan Palsu

Dengan menggunakan teknik yang dijelaskan di bawah ini, Anda mungkin menemukan perbedaan kartu microSD asli atau palsu yang ingin Anda beli sebagai kartu asli.

1. Perhatikan Estetika Kemasan Produk

Pertama-tama, pastikan bahwa kartu microSD asli yang Anda beli datang dalam produk tertentu yang dibungkus dan disegel dengan baik.

Biasanya kartu microSD diikat dengan stiker yang bertuliskan label dari perusahaan pembuatnya. Sebagai parameter, juga dapat digunakan untuk menilai keaslian suatu produk.

2. Hindari Tergiur dengan Harga yang Terlalu Murah.

Perlu Anda ketahui bahwa kartu microSD asli berkinerja tinggi dan berkapasitas besar lebih mahal daripada microSD standar. Dengan kata lain, pastikan biaya dan kualitas diberi harga yang wajar. Agar tidak membeli barang palsu, sebaiknya hindari tergiur dengan harga yang terlalu murah.

3. Pastikan Nomor Serinya Unik.

Dalam kebanyakan kasus, kartu microSD asli membawa nomor seri yang muncul sebagai rangkaian angka atau karakter yang panjang.

Kecuali Anda dapat menemukan ini, Anda tidak boleh membeli produk ini. Atau mungkin ditulis secara manual, sehingga labelnya mudah dilupakan. Anda harus memeriksa ulang nomor seri untuk melakukan ini.

4. Periksa Langsung Kapasitas Kartu MicroSD Asli

Anda juga dapat langsung memeriksanya menggunakan perangkat lain seperti ponsel atau PC jika itu pilihan. Pastikan Anda memeriksa kapasitas produk sebelum membelinya untuk memastikan itu sah.

5. Cek Kecepatan MicroSD

Selain memeriksa kapasitas, Anda juga harus memeriksa kecepatan microSD. Kunci untuk menentukan kecepatan produk adalah mengirim data apa pun.

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara MicroSD asli dan palsu, Anda harus tahu cara memilih MicroSD yang layak.

Cara Memilih Kartu MicroSD Asli

Untuk saat ini, toko elektronik sedang gencar-gencarnya mempromosikan microSD ini. Baik itu di toko nyata atau online, ada berbagai macam kartu microSD asli terbaik.

Itu sebabnya Anda memerlukan beberapa saran untuk memilih sehingga Anda dapat menemukan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Periksa Performa Kecepatan atau Kelas Kecepatan

Kelas berdasarkan performa atau kecepatan, selain kapasitas penyimpanannya yang besar, microSD juga menawarkan kecepatan baca/tulis yang mengesankan. Biasanya kelas kecepatan perangkat microSD teratas akan ditunjukkan pada produk.

Berikut adalah 3 kelas kecepatan kartu microSD asli:

Speed Class

Dimungkinkan untuk mengukur kecepatan penulisan file menggunakan kelas jenis ini. Ini dibagi menjadi 4 tingkatan, yaitu C2 (2MB), C4 (4MB), C6 (6MB), dan C10 (10MB). Dihitung untuk setiap detik.

Ultra High Class (UHS)

Menggunakan bus UHS, microSD ini terbagi menjadi 2 bus yaitu UHS-I dan UHS-II yang kecepatannya juga terbagi menjadi dua tingkat kecepatan minimum per detik yaitu U1 (10MB) dan U3 (30MB).

Video Speed Class

Ini digunakan untuk mengukur kecepatan perekaman video microSD untuk kelas ini. Kelas ini dibagi menjadi 5 peringkat yang juga dibagi menjadi 5 kecepatan minimum, yaitu V6 (6MB), V10 (10MB), V30 (30MB), V60 (60MB), dan V90 (90MB).

2. Periksa Garansi

Garansi pabrik harus menjadi hal berikutnya yang Anda periksa. Dengan begitu, Anda akan terlindungi dari potensi kerusakan terbesar pada kartu microSD.

Dengan begitu Anda dapat menggunakannya untuk waktu yang lama. Selain mahal, garansi jenis ini juga sulit didapat.

Beberapa bertahan setahun, beberapa tahun, atau bahkan selamanya. Anda perlu memberi perhatian besar padanya dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button