Cara Daftar Merchant OVO GoPay DANA dan LinkAja

Teknatekno.com – Silakan baca sampai selesai jika ingin mengetahui cara daftar merchant OVO, GoPay, LinkAaja, dan DANA. Penggunaan kata merchant muncul di tempat-tempat di mana kartu kredit atau pembayaran seluler dapat digunakan, seperti di hotel, restoran, pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan lain-lain.

Merchant menawarkan berbagai pilihan pembayaran, termasuk tunai dan non-tunai. Nah, yang paling kita kenal saat ini adalah pembayaran nontunai atau cashless dengan memanfaatkan layanan kartu kredit, kartu debit, bahkan mobile payment (e-money).

Merchant paling sering menerima kartu kredit dan debit sebagai bentuk pembayaran saat melayani layanan non-tunai kepada konsumennya.

Namun, dengan meningkatnya jumlah pengguna “dompet digital”, para pelaku usaha kini dituntut untuk mengembangkan kesepakatan dengan layanan fintech seperti membuat cara daftar merchant OVO, GoPay, LinkAja, DANA, dan sebagainya.

Apa itu Merchant

Apa itu Merchant?

Dengan menggunakan kartu atau dompet digital mereka, pelanggan bank dan lembaga keuangan yang berpartisipasi dapat melakukan pembelian dari tempat merchant. Hotel, supermarket, bioskop, dan tempat lain di mana bank dan lembaga keuangan memiliki kemitraan adalah contoh merchant.

Umumnya pedagang (merchant) akan membubuhkan tanda atau lambang untuk pembayaran dari bank atau lembaga keuangan manapun yang diterima. Tidak ada lokasi yang bisa menjadi pengecer. Ada 2 (dua) cara untuk menjadi merchant dari bank atau lembaga keuangan (fintech), yaitu:

  • Permohonan dari pengusaha kepada pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya agar ditunjuk sebagai merchant.
  • Penawaran atau permintaan dari pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya kepada pengusaha yang bersangkutan, agar tempatnya menjadi merchant.

Untuk memperlancar para pedagang dalam melayani transaksi pembeliannya, pihak bank atau lembaga keuangan lainnya memberikan penjelasan kepada para pedagang tentang mekanisme layanan transaksi tersebut.

Prosedur Kerja Merchant

Dalam menjalankan usahanya, pedagang akan mendaftar sebagai merchant dengan mendaftar sesuai standar yang diminta oleh penyedia layanan.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin daftar sebagai merchant sebaiknya sudah menyiapkan data-data penting agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan baik, tanpa komplikasi, ada banyak untuk cara daftar mechant OVO, GoPay, LinkAaja, dan DANA.

Kamu hanya perlu menunggu persetujuan atau penolakan setelah Anda mendaftarkan bisnis kamu ke penyedia dan informasi Anda dikonfirmasi.

Jika disetujui, maka merchant dapat melayani pembelian dari konsumen tanpa harus menggunakan uang tunai. Sehingga metode pembayaran yang dilakukan jauh lebih cepat dan mudah. Dan tentunya akan memudahkan dalam pengelolaan keuangan dan pembukuan.

Manfaat Menjadi Merchant E-Money

Pengusaha harus memanfaatkan peluang yang disajikan oleh meningkatnya penggunaan metode pembayaran elektronik dan non-tunai. Karena semakin banyaknya konsumen yang membayar dengan cara nontunai, pengusaha juga harus menyesuaikan dengan pembayaran ini, suka atau tidak suka.

Berikut beberapa keuntungan atau keuntungan jika pengusaha menjadi merchant e-money atau fintech yang semakin menjadi tren transaksi jual beli saat ini:

  • Bisnis yang dijalankan lebih nampak profesional dan modern.
  • Mampu meningkatkan volume penjualan karena banyaknya metode transaksi yang bisa dipilih oleh konsumen.
  • Mencegah pembayaran yang dilakukan dengan uang palsu, sehingga lebih aman bagi pelaku usaha.
  • Sering menyediakan diskon merchant sehingga bagi yang suka berbelanja secara non-tunai menjadi pilihan yang tepat.

Cara Mendaftar Merchant E-Money

Berikut cara mendaftar di berbagai merchant E-money mulai dari cara daftar merchant OVO, Gopay, Dana dan LinkAja antara lain yakni:

1. Cara Daftar Merchant OVO

Apakah para pebisnis yang tertarik menjadi merchant OVO? Tetapi kamu harus mengikuti cara daftar merchant OVO. Berikut ini adalah cara daftar merchant OVO yang perlu kamu ketahui antara lain:

  • Identitas Pemilik Usaha, berupa KTP, nomor mobile phone aktif dan juga alamat email.
  • Identitas Usaha, berupa SIUP, NIB, atau TDP. Atau jika masih berupa usaha rintisan atau UMKM, bisa menggunakan surat keterang usaha, foto gerai atau toko, bidang usaha yang dijalankan, dan alamat lengkap tempat usaha.
  • Dokumen-dokumen tersebut selanjutnya dikirimkan ke alamat email merchant.support@ovo.id
  • Jika dalam cara daftar merchant OVO kamu dapat masalah, pelaku usaha dapat call center OVO 1500167 pada pukul 06.00-22.00 WIB berlaku dari hari Senin hingga Minggu.

2. Cara Daftar Merchant Gopay

Untuk mendaftar sebagai merchant di layanan Gopay, Anda harus menyediakan banyak dokumen baik untuk perusahaan perorangan maupun organisasi hukum, yaitu sebagai berikut:

Usaha Perseorangan

  • Kartu identitas (KTP atau Paspor)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Informasi mengenai rekening bank pemilik usaha
  • Informasi lengkap mengenai usaha yang dimiliki

Usaha Badan Hukum

  • Kartu identitas (KTP atau Paspor)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Buku tabungan perusahaan
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Informasi lengkap mengenai usaha yang dijalankan

Prosedur Pendaftaran Merchant Gopay

  • Pertama kali, pelaku usaha bisa menjadi partnership Gopay dengan dua cara, melalui aplikasi GoBiz dan website di gojek.com.
  • Kemudian klik menu pendaftaran.
  • Isilah form yang telah disediakan. Informasi yang perlu dimasukan antara lain data perusahaan, data personal, data pembayaran, data outlet, syarat dan ketentuan.
  • Setelah dikirimkan tunggu verifikasi dari pihak GoJek
  • Apabila telah diverifikasi, kuti langkah selanjutnya, sesuai dengan prosedur yang dikirimkan oleh pihak GoJek.

3. Cara Daftar Merchant DANA

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan merchant untuk dapat mendaftarkan usahanya sebagai merchant DANA.

Oh memang, DANA menawarkan dua macam program merchant, yaitu DANA Bisnis untuk UMKM dan DANA Enterprise untuk perusahaan skala besar.

DANA Bisnis

Jika Anda baru pertama kali berwirausaha, fitur DANA Bisnis dapat membantu bisnis Anda online. Untuk menjadi merchant DANA Bisnis, Anda harus mengumpulkan bahan-bahan di bawah ini:

  • Download aplikasi DANA di Google Play atau Appstore.
  • Siapkan dokumen yang berisikan Profil Bisnis. Buatlah profil bisnis yang mencantumkan deskripsi jenis bidang usaha yang dijalankan, alamat lengkap atau lokasi di mana bisnis kamu berada.
  • Siapkan foto gerai atau toko dan produk. Unggahlah foto tersebut dengan posisi toko yang tampak dari luar dan tampak bagian dalamnya, dan jangan lupa berikan deskripsinya. Kemudian lengkapi dengan foto produk barang yang dijual.

DANA Perusahaan

Dalam usaha menjadi merchant DANA Enterprise, pelaku dapat mengunduh aplikasi DANA dari Google Play atau Appstore. Setelah itu selesaikan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buatlah akun DANA Enterprise dengan cara melakukan registrasi pada menu registrasi di dana.id kemudian isi form yang sudah disediakan.
  • Buat profil bisnis dengan mengisikan data-data yang dibutuhkan, meliputi nama usaha, brand, kategori, jenis usaha, skala bisnis (besar atau kecil), dan memasukkan logo.
  • Upload dokumen bisnis. Tahapan ini kamu diminta untuk memasukkan semua dokumen bisnis pada form yang telah disediakan, seperti SIUP, NIB, dan lain sebagainya.
  • Jika sudah selesai, kamu tinggal menunggu verifikasi dari pihak DANA apakah pengajuan untuk menjadi merchant DANA Enterprisemu disetujuai ataukah tidak.

4. Cara Daftar Merchant LinkAja

Pelaku usaha harus memiliki akun LinkAja terlebih dahulu sebelum dapat menjadi merchant di dompet digital Telkomsel ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menjadi anggota:

  • Unduh aplikasi LinkAja di Google Play atau Appstore
  • Lakukan registrasi, isikan data yang dibutuhkan
  • Selanjutnya klik menu daftar merchant dan isikan data yang diminta pada form yang telah disediakan

Itulah gambaran umum tentang apa itu pedagang dan bagaimana pedagang dapat mendaftar untuk menjadi pedagang di berbagai layanan lembaga keuangan, terutama uang elektronik atau dompet digital.

Karena pesatnya bisnis teknologi, para pelaku harus menjadi lebih inovatif dan fleksibel dalam bisnis untuk mendaftar kompetitif. Pertimbangkan untuk mendaftar akun pedagang di salah satu fintech yang disebutkan di atas sekarang.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara daftar merchant OVO, GoPay, DANA dan LinkAja antara lain:

Mending OVO apa DANA?

DANA dan OVO adalah e-wallet berlisensi resmi dari Bank Indonesia yang aman dan kredibel. DANA unggul dalam memiliki banyak fitur, berbagai promo dengan pinjaman bayar kemudian. Sedangkan OVO kurang dalam merchant dan pilihan pembayaran yang lebih sedikit. Keunggulan OVO ada pada fitur investasi yang lengkap, yang tidak dimiliki DANA.

Apa Perbedaan OVO dan GoPay?

OVO unggul sebagai dompet elektronik yang memiliki banyak fitur, promo yang beragam, sedangkan GoPay memiliki promo yang lebih sedikit, mitra merchant yang terbatas dalam ekosistemnya.

Apakah Bisa Menarik Uang dari GoPay?

Kamu juga bisa menarik saldo GoPay melalui rekening bank lain seperti Mandiri, BNI, CIMB, dan Permata Bank.

Kesimpulan

Merchant paling sering menerima kartu kredit dan debit sebagai bentuk pembayaran saat melayani layanan non-tunai kepada konsumennya. Pelaku usaha kini dituntut untuk mengembangkan kesepakatan dengan layanan tekfin seperti OVO, GoPay, LinkAja, DANA, dan sebagainya.

Pengusaha harus memanfaatkan peluang yang disajikan oleh meningkatnya penggunaan metode pembayaran elektronik dan non-tunai.

DANA menawarkan dua macam program merchant, yaitu DANA Bisnis untuk UMKM dan DANA Enterprise untuk perusahaan skala besar. Pertimbangkan untuk mendaftar akun pedagang di salah satu fintech yang disebutkan di atas sekarang.

Related Articles

Back to top button