Apa itu Dedicated Server, Manfaat dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Dalam posting ini, Anda akan mengetahui apa itu dedicated server, manfaatnya dan cara kerjanya. Jika Anda ingin membangun situs web, Anda juga membutuhkan hosting domain.

Namun, akun hosting membutuhkan platform yang lebih besar untuk “bersarang”, yaitu server. Saat ini, dua jenis server yang paling umum digunakan untuk hosting adalah dedicated server dan cloud server. Penasaran? Simak pembahasan berikut ini.

Apa itu Dedicated Server

Apa itu Dedicated Server?

Jadi, apa itu dedicated server? Dedicated server adalah server yang didedikasikan untuk account hosting. Pemilik situs web dengan lalu lintas tinggi atau sejumlah besar data penting sering kali memiliki server khusus jenis ini.

Pemilik dedicated server, di sisi lain, membutuhkan ruang khusus dan tim teknisi yang terampil untuk mengatur dan memelihara server. Server yang sekarang menjadi istilah generik dari “server” adalah sistem komputer yang berfungsi untuk menyimpan data atau informasi.

Setiap kali pengunjung situs web meminta data, server dengan senang hati akan dengan senang hati mengirimkannya ke orang yang membuat permintaan, dalam data ini, pengguna.

Cara kerjanya mirip dengan hosting, tetapi server mencapai kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan bandwidth yang lebih luas sehingga lalu lintas situs web tidak stagnan.

Ada dua jenis server yang sekarang digunakan, yaitu dedicated server dan cloud server yang disebut juga dengan Virtual Private Server (VPS).

Manfaat Menggunakan Dedicated Server

Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan dedicated server untuk mengelola website Anda, yaitu:

  • Memiliki kendali penuh atas data yang disimpan.
  • Mendapat kapasitas penyimpanan lebih besar dibanding hosting.
  • Kapasitas atau memori penyimpanan tidak terbagi-bagi dengan pengguna lain.
  • Fleksibel, karena selain digunakan untuk membuat website, kamu juga bisa memanfaatkan server sebagai tempat penyimpanan data (library).
🔥TRENDING:  Cara Membuat Email Bisnis Profesional Dengan Mudah

Jenis server ini tidak disarankan atau bahkan diterima bagi Anda yang ingin menggunakan situs web sebagai blog atau portofolio pribadi, meskipun sebenarnya menawarkan banyak manfaat yang menarik dan bermanfaat untuk diuji.

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Sebelum memilih untuk menggunakan dedicated server untuk situs web Anda, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan.

Kelebihan

Berikut kelebihan dari dedicated server:

  • Memiliki alamat IP khusus.
  • Akun dan mesin server dapat dikelola sendiri.
  • Lebih leluasa dalam mengelola sistem keamanan website.
  • Jika traffic website besar, kecepatan website bisa lebih stabil dibanding menggunakan hosting.

Kekurangan dari Dedicated Server

Kemudian, perhatikan kekurangan atau dampak berikut yang membuat pemilik blog atau portofolio online tidak disarankan untuk menggunakan dedicated server:

  • Memerlukan tenaga ahli atau kemampuan yang cukup andal untuk mengoperasikan mesin server.
  • Membutuhkan ruangan khusus dengan mesin pendingin yang bekerja 24 jam agar mesin server tidak overheat.
  • Jika mengalami error, performa website bisa saja terganggu hingga dapat memengaruhi traffic dan penurunan ranking website di mesin pencari.
  • Meski beberapa penyedia server menawarkan jasa pengelolaan, namun tentunya akan memakan biaya lebih besar untuk memenuhi kebutuhan server.

Akibatnya, tidak mengherankan jika situs web dengan traffic tinggi, portal berita, situs web pemerintah, dan perusahaan besar dengan data sensitif bergantung pada dedicated server.

Cara Kerja Dedicated Server

Cara kerja dedicated server dimulai saat Anda selesai melakukan pembayaran. Ibarat sebuah bangunan, Anda akan mendapatkan sebuah server yang dapat digunakan untuk berbagai alasan, baik untuk menambah aplikasi maupun sistem operasi, mengembangkannya menjadi program baru, mengubah dan mengoptimalkan agar dapat digunakan sesuka Anda.

Beberapa tujuan yang bisa dicapai menggunakan server adalah membangun Learning Management System (LMS), tempat menyimpan file, menjadi area kerja yang bisa diakses secara umum, mengembangkan sistem operasi, bahkan kamu juga bisa membuat bisnis hosting-mu sendiri dengan menginstal control panel.

🔥TRENDING:  Cara Hapus Background Foto Atau Latar Belakang

Namun, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan sebelum memulai server, yaitu:

  • Tentukan OS yang akan digunakan oleh server (Windows, Linux, atau OS yang kamu inginkan).
  • Setelah mendapat informasi login ke server, tingkatkan keamanan server dengan menginstal firewall, melakukan pembaruan atau update OS ke versi terbaru hingga menginstal dan mengonfigurasi webserver).
  • Arahkan domain ke alamat IP VPS.
  • Lakukan pemasangan sertifikat SSL untuk mengamankan transfer data di website.

Kesimpulan:

Dua jenis server yang paling umum digunakan untuk hosting adalah server khusus dan server cloud. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan dedicated server untuk mengelola website Anda.

Situs web dengan lalu lintas tinggi, portal berita, situs web pemerintah, dan perusahaan besar dengan data sensitif bergantung pada server khusus. Siapkan alamat IP khusus untuk situs web atau aplikasi Anda. Pilih OS yang akan digunakan oleh server (Windows, Linux, atau OS yang Anda inginkan).

Pencarian Populer

Dedicated Server Amd - Storage Server Dedicated - Storage Dedicated Server - Rangkuman Dedicated Hosting Server- Mengkonfigurasi Dedicated Hosting Server - Harga Dedicated Server - Dedicated Server Windows - Dedicated Server Terbaik - Dedicated Server Ryzen - Dedicated Server Offshore - Dedicated Server Nl - Dedicated Server Murah - Dedicated Server I9 9900k - Dedicated Server Free - Vps Dedicated Server -

Back to top button