BMW iX Flow Mobil yang Bisa Berubah Warna

Teknatekno.com – BMW iX Flow E Ink, yang tidak perlu menggunakan cat untuk mengubah warna, diresmikan oleh BMW di CES 2022 sebagai ide teknologi baru di industri otomotif.

E Ink bukan cat, lebih seperti stiker yang ditempel di seluruh bodi dan pelek. Namun e-reader, atau perangkat elektronik untuk membaca buku digital, memanfaatkan teknologi ini. Warna mobil bisa diubah-ubah sesuai mood pemiliknya, tren saat ini, atau bahkan sekadar menambah racing line.

Selain itu teknologi ini membantu meminimalkan pemanasan dan pendinginan yang dibutuhkan untuk AC mobil. Karena upaya kendaraan berkurang, dampak ini juga dapat membantu meningkatkan jangkauan daya.

BMW mempresentasikan mobil terbaru mereka selama Consumer Electronics Show (CES) tahunan 2022 di Las Vegas. Mobil yang dipamerkan ini dilengkapi dengan teknologi pengubah warna. Mobil BMW ini juga dilengkapi dengan teknologi yang disebut “E Ink”.

Teknologi ini memungkinkan warna eksterior mobil berubah dari hitam menjadi putih atau sebaliknya. Selain bodi mobil, teknologi ini juga disematkan pada pelek BMW iX Flow, sehingga bagian tersebut juga bisa berubah warna.

Bagaimana Cara Kerja Mobil BMW iX Flow ini

Bagaimana Cara Kerja Mobil BMW iX Flow ini?

Menurut Pemimpin Proyek BMW iX Flow, Stella Clarke, teknologi E Ink benar-benar didasarkan pada teknologi layar pengubah warna. Jajaran eReader Amazon Kindle, misalnya, menggunakan teknologi ini secara ekstensif.

Kami memulai inisiatif ini dengan memikirkan bagaimana teknologi eReader tertanam di mobil kami,” kata Clarke dalam video wawancara yang diposting BMWBlog.com dan dikutip KompasTekno, Jumat (7/1/2022).

Pada kenyataannya, kami mampu membuat mereka berubah warna dengan menempatkan dua titik persegi di pintu mobil dan dua area melingkar di pelek ban. Kami terus tumbuh dan berkembang dari sana” Clarke adalah tambahan terakhir.

Clarke menambahkan, secara teknis, teknologi pengubah warna bergantung pada kapsul listrik hitam putih yang sangat kecil, yang kemudian ditanamkan BMW ke seluruh “kulit” mobil iX Flow. Energi berdaya rendah dikirim ke kulit mobil untuk memungkinkan lampu dan warna kendaraan berubah.

Fungsi ini, menurut Clarke, mungkin dipicu saat mobil sedang bergerak juga. Di CES 2022 sendiri, mobil dihadirkan dan diparkir di suatu lokasi, dengan fitur E Ink menyala dan warna mobil berubah dari hitam menjadi putih dan sebaliknya.

BMW iX Flow Bisa Berubah Warna ke Warna Lain?

Soal warna, Clarke mengklaim teknologi perubahan warna pada mobil BMW sendiri berpotensi untuk diperluas, sehingga varian warna bisa lebih beragam.

Saat ini, teknologi ini dapat digunakan dalam berbagai warna, termasuk merah, biru, kuning, dan hijau. Kita dapat menerapkannya, meskipun diperlukan upaya tambahan” lanjut Clarke.

Kapsul-kapsul kecil dengan warna berbeda akan direkatkan ke permukaan kulit mobil, menurut Clarke, untuk menggantikan warna selain hitam dan putih.

Nyatanya, Clarke mengatakan pihaknya bisa menyematkan hingga empat macam warna, sehingga mobil ini memiliki empat varian warna yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan pengguna.

Kami dapat menyematkan lebih banyak kapsul warna di mobil kami berkat teknologi baru ini. Akibatnya, pelanggan dapat menyesuaikan BMW mereka untuk memasukkan warna warna mereka sendiri” jelas Clarke.

Clarke juga mengklaim bahwa teknologi ini mungkin akan disematkan pada mobil BMW lainnya. BMW, di sisi lain, berkonsentrasi untuk mengintegrasikan teknologi ini ke dalam BMW iX Flow untuk saat ini.

Tentu saja teknologi ini dapat disematkan pada mobil BMW lainnya, namun untuk saat ini BMW iX Flow merupakan satu-satunya mobil yang cocok dengan teknologi ini,” tutup Clarke.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar mobil BMW iX Flow.

Berapa Harga BMW iX Flow?

Di negeri gajah putih, BMW hanya akan menjual hingga 20 unit BMW iX. Tak heran bila harga BMW iX di Thailand sangat mahal, yaitu 5.999.000 baht atau sekitar Rp 2,7 miliar.

BACA JUGA:

Situs Jual Beli Mobil Online Terpercaya
Aplikasi Jual Beli Mobil Bekas Terbaik dan Terpercaya
Sederet Mobil BMW M Menjadi Safety Car di MotoGP Mandalika 2022

Kesimpulan

BMW iX Flow E Ink diresmikan di CES 2022 di Las Vegas. Warna eksterior mobil bisa berubah dari hitam menjadi putih atau sebaliknya. Teknologi ini juga disematkan pada pelek, sehingga kepingan ini juga bisa berubah warna.

Tidak perlu menggunakan cat untuk mengubah warna. Mobil BMW iX Flow bisa berubah warna dari hitam putih menjadi warna lain.

Energi berdaya rendah dikirim ke kulit mobil untuk memungkinkan lampu dan warna kendaraan berubah. Fungsi ini juga dapat dipicu saat mobil sedang bergerak.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button