Istilah Dalam Investasi Bitcoin yang Perlu Diketahui

Teknatekno.com – Sebelum berinvestasi crypto, kita perlu mengenal istilah dalam investasi bitcoin. Populasi umum saat ini tertarik untuk berinvestasi dalam mata uang digital seperti Bitcoin dan Ethereum. Apalagi, ketika biaya terus meningkat drastis sejak akhir tahun lalu.

Berinvestasi dalam aset kripto, di sisi lain, membutuhkan beberapa persiapan yang mumpuni. Anda tidak hanya harus siap secara psikologis, tetapi Anda juga harus membiasakan diri dengan istilah dalam investasi bitcoin asing yang sering digunakan dalam berita dan komentar terkait Bitcoin dan Ethereum.

Lalu Apa Saja Istilah Dalam Investasi Bitcoin

Lalu Apa Saja Istilah Dalam Investasi Bitcoin?

Berinvestasi dalam bitcoin membutuhkan keakraban dengan istilah-istilah dalam investasi bitcoin berikut:

1. HODL

HODL adalah singkatan dari frasa “Hold on for Dear Life“. Keadaan ini menunjukkan situasi di mana investor tetap teguh dalam menjaga Bitcoin dan aset kripto lainnya meskipun harganya masih rendah. Pada tahun 2013, istilah ini awalnya muncul di komunitas aset kripto GameKyuubi di internet.

2. Bitcoiner atau Altcoiner atau Nocoiner

Ini semua adalah istilah yang digunakan oleh investor yang memegang jenis aset kripto tertentu. Diperkirakan, Bitcoiner adalah investor yang memiliki Bitcoin. Sedangkan Altcoiner adalah julukan untuk sekelompok investor yang ingin menyelidiki aset kripto selain Bitcoin.

Namun, sekelompok penggemar kripto yang dikenal sebagai “Nocoiners” adalah mereka yang tidak memiliki aset kripto sama sekali.

3. FUD

FUD adalah singkatan dari “fear, uncertainty and doubt“. Dalam bentuknya saat ini, FUD memiliki nada gelap. Istilah ini banyak digunakan oleh investor untuk menggambarkan lingkungan pasar yang kacau karena laporan yang tidak berdasar. Akibatnya, investor akan menjual secara besar-besaran.

Biasanya, berita ini disebarkan oleh investor lain yang bertujuan untuk menurunkan harga Bitcoin atau aset kripto lainnya. Mereka menunggu harga turun dan kemudian membelinya dengan harga murah.

4. ATH

Dengan kata lain, jika ini sudah menjadi istilah yang banyak digunakan di sektor keuangan. ATH adalah singkatan dari “all-time high” atau rekor harga tertinggi.

5. Private and Public Key

Sebelum dapat mengakses Bitcoin atau aset digital lainnya, investor harus memasukkan kunci pribadi mereka. Kode ini terdiri dari angka dan huruf. Kunci pribadi mungkin dianggap sebagai kata sandi (password).

Sementara itu, kunci publik adalah alamat unik Anda untuk mendapatkan aset kripto. Investor tidak boleh membagikan kunci pribadi mereka kepada orang lain. Namun, investor harus berbagi kunci publik dengan orang lain.

6. Whale

Istilah dalam investasi bitcoin selanjutnya yaitu Whale. Whale adalah julukan bagi investor yang memegang sejumlah besar Bitcoin dan aset kripto lainnya.

Setiap gerakan yang mereka lakukan pasti akan menyebabkan kegemparan di pasar dan mendistorsi harga aset kripto, mirip dengan bagaimana paus (whale) dapat menghasilkan gelombang di air hanya dengan melambaikan ekornya.

7. Rekt

Rekt adalah singkatan dari  “wrecked” (hancur). Ini adalah istilah yang digunakan oleh investor yang telah kehilangan banyak uang karena berinvestasi di Bitcoin, serta oleh teman-teman mereka.

8. Fork

Fork adalah perubahan protokol aset kripto ketika terdapat pembaruan sistem. Secara umum, terdapat dua jenis fork: Hardfork dan Softfork.

Hard fork adalah perubahan pada sistem aset kripto yang tidak kompatibel dengan sistem sebelumnya. Dengan demikian, keduanya tidak dapat dilakukan secara bersamaan dan dapat membagi blockchain. Sedangkan Softfork merupakan upgrade aset kripto yang sesuai dengan sistem sebelumnya.

9. Airdrop

Tidak, ini bukan fungsi yang ada di ponsel iPhone. Pengembang aset kripto baru menggunakan Airdrop sebagai taktik pemasaran, memberikan token aset kripto mereka secara gratis atau dengan harga diskon kepada investor yang tertarik. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan nilai pasar dari aset digital ini.

10. Mooning

Mooning adalah ekspresi yang digunakan investor untuk menyebut kenaikan harga Bitcoin dan aset kripto lain yang melesat tajam, ibarat roket yang tengah melesat menuju bulan (moon).

BACA JUGA:

United Bitcoin (UBTC), Aset Crypto Turunan Bitcoin
Perbedaan Saham, Forex dan Crypto
Harga Cryptocurrency Melonjak Ke Level Tertinggi Hari Ini

Kesimpulan

Populasi umum saat ini tertarik untuk berinvestasi dalam mata uang digital seperti Bitcoin dan Eter. Sebelum berinvestasi di crypto, kita perlu mengetahui istilah-istilah dalam investasi bitcoin.

Anda tidak hanya harus siap secara psikologis, tetapi juga membiasakan diri dengan istilah dalam investasi bitcoin asing yang sering digunakan dalam berita dan komentar mengenai Bitcoin dan Ethereum.

Related Articles

Back to top button