Apa itu Whale dan Pengaruhnya Dalam Aset Crypto

Teknatekno.com – Apa itu Whale? Dalam cryptocurrency, istilah lain yang sering muncul adalah “whale in crypto assets.” Seperti dalam berita terkait Bitcoin yang sempat mencapai titik tertinggi sepanjang masa dengan harga 60 ribu dolar AS atau setara dengan Rp. 865 juta setiap chip.

Pada saat itu, nama Whale sering disebut sebagai individu yang mendorong kenaikan harga bitcoin. Alasannya adalah ketika harga Bitcoin (BTC) rendah, para Whale memperoleh mata uang digital dalam jumlah besar.

Apa itu Whale

Apa itu Whale?

Whale adalah istilah untuk seseorang yang memiliki sejumlah besar aset kripto dan memiliki kapasitas untuk mempengaruhi harga aset kripto di pasar. Ketika likuiditas rendah atau volatilitas tinggi, Whale memiliki banyak pengaruh.

Akibatnya, “Whale Bitcoin” adalah istilah yang memiliki sejumlah besar aset kripto Bitcoin dan memiliki kemampuan untuk secara signifikan mempengaruhi nilai pasar dengan satu transaksi.

20 persen pemilik bitcoin terkaya memiliki lebih dari 80 persen nilai dolar mata uang, menurut aturan 80-20 (juga dikenal sebagai prinsip Pareto). Sementara itu, BitInfoCharts menunjukkan bahwa tiga dompet bitcoin memiliki 7,18 persen dari semua bitcoin yang beredar pada Q1 2021 dengan nilai sekitar 74 miliar dolar.

Sementara 100 dompet teratas menguasai sekitar sepertiga dari semua bitcoin dengan nilai 342 miliar dolar AS.

Pengaruh Whale pada Aset Crypto

Aktivitas Whale mungkin berdampak pada pasar aset kripto. Ketika Whale memperdagangkan aset kripto, mereka lebih suka melakukannya dengan jumlah besar, khususnya puluhan atau bahkan ratusan juta dolar.

Nilai pesanan pembelian atau penjualan yang besar dapat menyebabkan perubahan harga yang cepat dan dramatis dalam aset kripto.

Jika, misalnya, pesanan pembelian dalam jumlah besar dipenuhi, harga aset kripto dapat naik. Ini terjadi ketika pasar menerima sinyal bahwa aset kripto tertentu dalam permintaan yang meningkat.

Oleh karena itu, Whale dapat mempengaruhi pasar dengan melakukan pembelian atau penjualan skala besar yang selanjutnya mengarah pada urutan pembelian atau penjualan.

Milyarder Bitcoin Whale

Setelah mengetahui apa itu whale dan pengaruh yang ditimbulkan terhadap aset kripto, kini saatnya berkenalan dengan para milyarder Bitcoin whale yang diakui. Berikut ulasannya.

1. Matthew Roszak

Mark Roszak membeli Bitcoin pertamanya pada tahun 2021. Mark merupakan ketua dan salah satu pendiri Bloq, sebuah perusahaan yang didedikasikan untuk inovasi blockchain.

Dilansir dari Forbes, Roszak diperkirakan memiliki 1,2 miliar dolar AS dalam aset kriptonya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button