Apa itu Coating Mobil, Jenis dan Manfaatnya

Teknatekno.com – Apa itu coating mobil? Coating mobil menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan warna cat kendaraan. Istilah ini tentunya sudah tidak asing lagi.

Kendaraan perlu dirawat karena digunakan setiap hari. Tidak hanya merawat mesin kendaraan, kondisi fisik juga harus diperhatikan agar mobil selalu dalam kondisi prima.

Kita bisa mempertahankan warna cat mobil kita agar tetap cerah dengan bantuan coating mobil. Lalu, apa saja manfaat, kelebihan dan kekurangan dari coating mobil? Berikut ini penjelasan rinci tentang apa itu coating mobil dari Teknatekno.

Apa itu Coating Mobil

Apa itu Coating Mobil?

Coating adalah sebuah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil untuk membuat tampilan warna cat pada mobil terlihat baru, mengkilap, dan tidak kusam.

Coating dapat membantu menjaga agar warna cat mobil tetap terlihat bersih, mengkilat, dan cemerlang setiap saat. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi penampilan mobil.

Permukaan mobil mungkin terlihat kotor dan warnanya dapat memudar atau berubah karena debu, hujan, terik matahari, kotoran burung, noda air, dan goresan mikroskopis yang mungkin tidak terlihat.

Manfaat Coating Mobil

Coating sangat disarankan dilakukan agar kendaraan selalu terlihat dalam situasi terang. Coating juga memberikan manfaat tambahan berikut:

  • Mencegah warna cat memudar. Warna cat pada mobil dapat memudar seiring waktu karena paparan sinar matahari yang menghasilkan sinar ultraviolet (UV) terus menerus. Biasanya, coating menggunakan bahan anti UV untuk mempertahankan dan mencegah warna cat memudar.
  • Tahan terhadap goresan karena lapisan coating yang tebal. Namun, hal ini bergantung pada jenis coating yang digunakan.
  • Coating mobil memiliki karakteristik water repellent effect yang dapat mencegah air dan kotoran menempel pada permukaan. Sehingga, mobil pun dapat tahan dari air dan jamur.
  • Mempertahankan kilauan pada mobil agar selalu terlihat mengkilap.

Apa itu Coating Mobil dan Jenisnya

Jenis Coating Mobil

Selain mengetahui apa itu coating mobil dan juga manfaatnya, penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa jenis coating mobil.

Zat yang digunakan untuk coating mobil adalah SiO2 atau silikon dioksida. Nano coating dan Ceramic coating adalah dua pilihan untuk coating mobil. Perbedaan antara keduanya adalah dalam daya tahan dan biaya.

Nano coating adalah coating berteknologi tinggi yang menggunakan partikel nano untuk mengisi pori-pori pada cat mobil, sehingga menghasilkan perlindungan yang lebih baik untuk cat.

Sedangkan coating keramik adalah silika cair yang dapat mengeras atau mengkristal sehingga akan terlihat seperti lapisan akrilik tipis ketika mengering. Coating mobil seharusnya melindungi permukaan kendaraan selama 3 hingga 5 tahun.

Kekurangan dari Coating

Ada kekurangan tertentu pada coating mobil, meskipun pada umumnya direkomendasikan untuk melindungi lapisan permukaan mobil. Beberapa kelemahan coating mobil, yaitu:

  • Proses coating yang cukup lama, hingga 3 hari.
  • Biaya coating yang tinggi karena bahan dan prosesnya yang cukup rumit. Harga coating mobil berkisar jutaan hingga belasan juta tergantung pada jenis dan ukuran kendaraan.
  • Risiko aplikasi coating yang tidak rapih dapat membuat permukaan cat mobil terlihat tidak rapi.

Perawatan untuk Coating Mobil

Merawat mobil setelah dilapisi akan membantu pekerjaan warna bertahan selama mungkin. Tetap lakukan perawatan berkala pada kendaraan, baik dari sisi mesin maupun fisik mobil.

Beberapa perawatan yang dapat dilakukan setelah proses coating mobil antara lain mencuci secara berkala, memperhatikan kemurnian air yang digunakan untuk mencuci, dan memanfaatkan peralatan dan bahan yang tepat untuk membersihkan mobil.

FAQ Seputar Apa itu Coating Mobil

FAQ

Berikut pertanyaan seputar apa itu coating mobil.

  • Kenapa Mobil Baru Harus di Coating?

Karena salah satu keuntungan dari perawatan coating adalah mencegah memudarnya warna cat mobil. Ya, lapisan coating mobil akan melindungi cat sekaligus warna dari sinar Ultraviolet yang terbawa bersama sinar matahari.

  • Berapa Lama Ketahanan Coating Mobil?

Lapisan coating mobil memiliki masa pakai hingga benar-benar rusak. Untuk pemakaian normal, ketahanan coating mobil dapat dijamin hingga empat tahun.

  • Apakah Coating Bisa Menghilangkan Baret?

Fungsi lapisan coating hanya untuk memberikan ketahanan terhadap baret halus dan perlindungan cuaca agar cat mobil tidak cepat kusam dan rusak. Karena tidak ada lapisan coating yang dapat menahan goresan yang disebabkan oleh barang yang cukup keras.

Baret mungkin masih bisa muncul dan merusak lapisan jika kamu menggosok benda logam tajam atau terkena batu, misalnya.

BACA JUGA:

Cara Kerja Kopling Pada Mobil Transmisi Manual
Mengenal Cara Kerja Shock Breaker pada Mobil
Cara Kerja Shock Absorber pada Mobil dan Jenisnya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu coating mobil beserta jenis dan juga manfaatnya. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa coating mobil dapat membantu menjaga agar warna cat mobil tetap terlihat bersih, mengkilat, dan cemerlang setiap saat.

Coating mobil memiliki sifat anti air yang mencegah air dan kotoran menempel ke permukaan. Coating mobil seharusnya melindungi permukaan kendaraan selama 3 hingga 5 tahun.

Biaya coating mobil bervariasi dari jutaan hingga puluhan juta tergantung pada jenis dan ukuran kendaraan. Merawat mobil setelah dilapisi akan membantu pekerjaan warna bertahan selama mungkin.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button