Tips Membeli Mobil Bekas yang Bagus Bagi Pemula

Teknatekno.com – Bagi orang yang belum pernah melakukannya, membeli mobil bekas mungkin cukup merepotkan. Selain itu, ada semacam ketakutan di antara para pemula ini untuk tertipu ketika membeli mobil bekas dari pedagang atau dealer.

Calon pembeli juga dibingungkan oleh banyaknya pilihan mobil bekas yang tersedia, yang menambah kegelisahan mereka. Namun, membeli mobil tidak selalu hanya berdasarkan keinginan; itu juga dapat ditentukan oleh kemampuan dan sumber daya keuangan seseorang.

Tips Bagi Pemula dalam Membeli Mobil Bekas

Berikut beberapa tips yang bisa kamu yang pemula terapkan ketika akan membeli mobil bekas:

1. Ketahui Jenis Mobil yang di Butuhkan

Dari persyaratan ini kamu dapat memilih tipe atau tipe mobil yang ingin kamu beli. Misalnya, apakah itu MPV, SUV atau mungkin hatchback. Karena setiap jenis mobil memiliki ciri khas tersendiri.

SUV, misalnya, berukuran sangat besar tetapi memiliki daya dukung yang lebih rendah daripada MPV. Atau hatchback memiliki ground clearance yang rendah, tetapi hemat dalam konsumsi dan hanya ideal untuk penggunaan perkotaan.

2. Cari Tahu Merek Mobil Yang Sesuai

Berdasarkan karakteristik mobil yang dipermasalahkan, kita dapat melacaknya kembali ke merek dan tipe mobil yang tepat. Biasanya ada beberapa merek di pasaran untuk satu jenis mobil.

Untuk MPV 7-seater di Indonesia misalnya, setidaknya ada beberapa kemungkinan seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio, dll.

Tentunya setiap jenis mobil memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Akibatnya, kamu harus melakukan penelitian. Masukan dapat berasal dari sumber tambahan, antara lain potongan-potongan di media, masukan evaluasi, dan saran dari anggota masyarakat.

3. Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

Ada dua metode untuk menemukan mobil bekas, terutama melalui penjualan individu dan dealer. Masing-masing teknik tentunya memiliki langkah yang berbeda-beda, namun pada dasarnya tujuannya sama yaitu membeli mobil bekas yang berkualitas.

Hal ini menandakan bahwa mobil dalam kondisi prima dan tidak pernah ada riwayat tabrakan atau banjir yang berarti seperti itu. Beli mobil dari siapa pun, yang penting adalah memeriksa kondisinya dengan benar.

Berdasarkan temuan pemeriksaan, kamu memiliki gambaran tentang kondisi mobil dan kamu dapat mempertimbangkannya saat membuat pilihan pembelian.

4. Rencanakan Anggaran Keuangan Untuk Pembayaran

Calon pembeli mobil biasanya sudah menetapkan anggaran pembelian mobil, baik secara tunai maupun kredit. Jika membeli mobil secara cash, tentu tidak ada kesulitan.

Namun jika kredit yang dipilih, perencanaan keuangan debitur harus matang karena merupakan komitmen jangka panjang. Tentunya saat menentukan jangka waktu atau term cicilan.

Setidaknya ada 6 elemen dalam menentukan tenor. Biasanya, kemungkinan perusahaan leasing adalah 12, 24, 36, 48, 60 hingga 72 bulan. Kebanyakan orang hanya memilih antara 3 dan 5 tahun.

5. Siapkan Dana Lebih Untuk Perawatan Awal

Kami bertekad untuk hanya membeli mobil bekas dengan kualitas terbaik. Namun karena mobil tersebut sudah pernah digunakan oleh orang lain, maka kita tetap perlu mempersiapkan mobil tersebut agar tetap dalam kondisi prima saat digunakan.

Penggantian semua cairan pelumas mobil, seperti oli mesin, oli gearbox, minyak rem, dan oli gandar, merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan. Kami menyarankan kamu juga membersihkan bagian luar dan dalam, menggunakan disinfektan untuk membasmi mikroorganisme.

Karena kebutuhan itu, selain uang untuk pembelian, juga harus menyisihkan anggaran untuk pemeliharaan di kisaran 5 persen hingga 10 persen.

FAQ

Berikut pertanyaan seputar membeli mobil bekas.

Apa yang Harus di Cek Ketika Membeli Mobil Bekas?

Berikut ini adalah dokumen penting yang harus dicek dan diperhatikan saat membeli mobil bekas:

  1. STNK serta Lembar Pajak.
  2. BPKB atau Bukti Pemilik Kendaraan bermotor
  3. Form A.
  4. Faktur.

Dimana Beli Mobil Bekas yang Aman?

Berikut adalah beberapa rekomendasi situs jual beli mobil yang aman, murah dan berkualitas:

  1. Blibli.
  2. Carmudi.
  3. Carsome.
  4. Carro.
  5. OLX Autos.

Beli Mobil Bekas Minimal Tahun Berapa?

Jika dikendarai sendiri dan setiap hari, mobil bekas yang berumur kurang dari tiga tahun masih bisa diterima. Jika digunakan untuk pekerjaan atau bisnis, maka usianya harus kurang dari 7 tahun.

Mobil Bekas Yang Bagus Merk Apa Ya?

Berikut daftar mobil bekas dengan harga di bawah Rp 100 juta:

  1. Honda Brio Satya 2014.
  2. Honda Mobilio Rs CVT 2016.
  3. Honda Jazz 2008.
  4. Toyota Yaris.
  5. Toyota Rush 1.5 S AT TRD Sportivo.
  6. Toyota Innova E 2005.
  7. Toyota Avanza.
  8. Toyota Agya 2014.

Apakah Dealer Resmi Menjual Mobil Bekas?

Dealer pasti memiliki berbagai macam mobil bekas yang tersedia, dengan harga mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Pembeli juga dapat melihat dan memilih secara langsung sederetan mobil bekas yang ditawarkan.

Beli Mobil Bekas Maksimal Km Berapa?

Salah satu kritertia paling penting dan umum saat membeli mobil bekas yaitu jumlah jarak tempuhnya (mileage). Semakin tinggi angka odometernya, maka semakin banyak jam terbang yang dimiliki mobil tersebut dan dianggap ‘lelah’. Adapun yang dapat diterima adalah 10-20 ribu kilometer per tahunnya.

Kesimpulan

Membeli mobil bekas tidak selalu hanya berdasarkan keinginan; mungkin juga ditentukan oleh kemampuan dan sumber keuangan seseorang. Setiap jenis mobil memiliki karakteristik uniknya sendiri, dan kamu perlu melakukan riset untuk menemukan merek dan tipe yang tepat untuk kamu.

Ada dua metode untuk menemukan mobil bekas, terutama melalui penjualan individu dan dealer. Menentukan apakah batas kredit adalah ide yang baik memerlukan pertimbangan yang cermat. Untuk itu, dibutuhkan anggaran pemeliharaan di kisaran 5 persen hingga 10 persen.

Related Articles

Back to top button