Cara Membuat Aplikasi Startup di Windows 7

Teknatekno.com – Cara setting startup di windows 7 merupakan salah satu hal yang perlu kita pelajari, hal ini penting jika kita akan mengelola program atau aplikasi komputer yang aktif saat komputer dihidupkan pertama kali.

Perangkat lunak antivirus, misalnya, sering dikonfigurasi untuk berjalan secara otomatis segera setelah komputer dihidupkan. Selain itu, dengan mengkonfigurasi startup kita juga dapat mempercepat peluncuran windows di komputer kita.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Teknatekno ingin memberikan saran tentang cara mensetup di windows 7 startup. Tidak perlu memikirkan pentingnya keberadaan di Windows 7. Pertama, karena umumnya mulai dari Windows XP, Windows Vista hingga Windows 10, tidak ada perubahan yang terlalu parah.

Hanya sebagian tampilan dan positioning yang berubah. Jadi, jika kamu telah beralih dari Windows 7 ke yang lain, kamu tidak perlu repot mengonfigurasi startup Windows 10 dengan cara yang berbeda.

Tahukah kamu apa itu startup, seperti biasa, sebelum kita masuk ke topik? Dalam bahasa Inggris, kita dapat mendefinisikan startup sebagai “starting”.

Pada kenyataannya, tidak ada banyak perbedaan; yang dimaksud di sini juga mulai, terutama ketika komputer mulai masuk ke sistem Windows. Dia. Aplikasi atau program yang diluncurkan secara otomatis saat komputer dihidupkan menjadi fokus upaya startup sistem ini.

Jadi, apakah kamu ingin mempelajari cara mengatur opsi startup Windows 7? Jangan khawatir, ini tidak sulit dan kamu bisa melakukannya dengan mudah. Di sini kami biasanya menggunakan dua metode paling sederhana.

Cara Membuat Aplikasi Startup di Windows 7

Cara Mengatur Startup Lewat “RUN”

Saat kita masih menggunakan Windows XP, kita mengenal istilah “run”. Jauh lebih mudah sekarang karena “run” tersedia dari menu mulai di Windows 7. Jadi, bagaimana kamu mengatur startup di windows 7 melalui “run”?

Meskipun kita dapat menyetel sistem ini menggunakan “jalankan”, metode sebenarnya untuk mengonfigurasi startup dilakukan dengan memasukkan perintah ke dalam sistem konfigurasi Windows. Sekarang mari kita coba ini.

  1. Di sudut kiri bawah layar kamu, klik tombol mulai di Windows 7.
  2. Kamu kemudian dapat memasukkan “msconfig” ke dalam kotak pencarian di bagian “search program and file”.
  3. Dengan menggunakan perintah ini, kami dapat mengakses opsi startup PC di pengaturan konfigurasi sistem.
  4. Seperti inilah tampilan jendela “konfigurasi sistem” ketika muncul dalam hitungan detik. Coba lihat, ada satu tab “startup”
  5. Untuk mengatur program startup di Windows 7, buka tab startup di kotak pengaturan sistem. Dari sini, kamu akan melihat banyak program yang mungkin kamu atur.
  6. Setup semudah memeriksa nama program di kotak daftar untuk aktivasi otomatis atau startup saat komputer dihidupkan.

Atau, kamu dapat menghapus centang pada kotak centang untuk mengaktifkan program dan menonaktifkannya agar tidak berjalan saat komputer di-boot. Tidak sulit kan, hanya itu cara mengatur startup apps di Windows 7, dan cara ini memang sudah cukup memadai. Tetapi ada cara lain, terutama dengan bantuan perangkat lunak.

Meskipun ini bukan perangkat lunak startup per per, ini adalah fitur perangkat lunak yang mungkin sudah familiar bagi kamu. CCleaner, pernahkah kamu mendengarnya? Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan software ini. Tujuan utamanya adalah untuk membersihkan file yang tidak perlu dari komputer kamu.

Namun, ada beberapa fungsi tambahan termasuk kontrol program seperti mengelola startup dan bahkan menghapus aplikasi (uninstall) dari komputer.

Cara Setting Startup Program di Windows 7 dengan Software

Cara Setting Startup Program di Windows 7 dengan Software

Kami tidak akan mulai dengan dasar-dasar seperti di mana mengunduh perangkat lunak dan bagaimana mengaturnya di komputer kamu segera. Kami akan menganggap bahwa perangkat lunak sudah diinstal pada komputer. Alhasil, kita harus memanfaatkannya dengan baik.

  1. Cara mengatur startup di windows 7 dari ccleaner tentu saja pertama jalankan aplikasi tersebut dengan double klik jika kamu mengambil dari desktop komputer
  2. Tunggu beberapa saat, hingga nampak jendela program ccleaner
  3. Kemudian langsung saja klik di menu “tools” kemudian pilih “startup”tidak terlalu berbeda dengan cara pertama, di sini kita juga melihat beberapa program komputer.
  4. Cara mengatur startup program tersebut, kamu tinggal klik salah satu program yang ingin kamu atur, kemudian pilih “disable” untuk menonaktifkan, atau pilih “enable” untuk mengaktifkan startup.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar aplikasi di Windows 7.

Bagaimana Cara Mendownload Play Store di Laptop Windows 7?

Untuk memulai, luncurkan Microsoft Store dari menu Star Windows laptop kamu. Kemudian, setelah berada di menu Microsoft Store, cari Play Store yang ingin kamu instal di laptop kamu.

Kemudian, dengan memilih Install, kamu dapat mengunduh aplikasi Play Store tersebut. Jika berhasil, kamu dapat menginstal aplikasi Play Store di laptop kamu.

Windows 7 Keluaran Tahun Berapa?

Di windows 7 adalah versi Windows yang diluncurkan pada tanggal 22 Juli 2009 untuk pembuat komputer dan pada tanggal 22 Oktober 2009 untuk masyarakat umum. Windows 7 dirilis kurang dari tiga tahun setelah pendahulunya, Windows Vista.

Apa Kabar Windows 7?

Berbicara tentang Windows 7, OS Microsoft yang populer di kalangan konsumen ini telah dihentikan. Microsoft secara resmi mengakhiri dukungan untuk di Windows 7 pada 14 Januari 2020. Windows 7 tidak akan lagi mendapatkan peningkatan konten, fitur, atau keamanan saat dukungan berakhir.

BACA JUGA:

Cara Install Android Studio di Windows
Windows Movie Maker: Mengenal Fitur dan Fungsinya
Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Windows 8

Kesimpulan

Cara mengatur startup di Windows 7. Perangkat lunak antivirus, misalnya, sering kali telah dikonfigurasi sebelumnya untuk berjalan secara otomatis segera setelah komputer dihidupkan.

Dengan mengkonfigurasi startup, kita juga dapat mempercepat peluncuran windows di komputer kita. Untuk mengatur program startup di Windows 7, buka tab startup di kotak pengaturan sistem.

Atau, kamu dapat menghapus centang pada kotak centang untuk mengaktifkan program dan menonaktifkannya agar tidak berjalan saat komputer di-boot. Tujuan utama CCleaner adalah untuk membersihkan file yang tidak perlu dari komputer kamu.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button