Apa itu Aplikasi Snapchat, Fitur, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Aplikasi Snapchat adalah salah satu platform media sosial yang populer di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Aplikasinya juga dapat ditemukan di perangkat Android maupun iPhone.

Nah, penasaran apa itu aplikasi Snapchat? Simak penjelasan dari Teknatekno.com dibawah ini untuk mempelajari lebih lanjut apa itu aplikasi Snapchat dan fitur yang ditawarkannya.

Mengenal Apa itu Aplikasi Snapchat

Bagi yang belum tahu, Snapchat merupakan aplikasi media sosial, di mana pengguna dapat saling berkirim media, baik berupa foto maupun video. Kata “snap” dan “chat” digabungkan untuk membentuk istilah “Snapchat”, yang mengacu pada obrolan yang mencakup pengambilan foto atau video.

Kamu akan dapat mengirim dan menerima pesan teks, serta berbagi foto dan video. Kamu juga bisa melakukan hal-hal seperti mengirim stiker ke teman dan melakukan panggilan telepon ke orang lain dalam kategori ini.

Salah satu yang membedakan Snapchat dengan media sosial biasa adalah semua media yang dikirim akan otomatis terhapus dari sistem. Snapchat dirilis pada September 2011. Dan itu sudah digunakan oleh ratusan juta orang setiap hari hingga saat ini.

Mengenal Apa itu Aplikasi Snapchat

Sejarah Munculnya Snapchat

Aplikasi Snapchat dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat mereka masih kuliah di Stanford University pada tahun 2011.

Awalnya, aplikasi ini dikenal sebagai “Picaboo” dan digunakan untuk mengirim foto yang dihapus setelah beberapa detik. Namun, pengembangan aplikasi berlanjut dan pada tahun 2012, aplikasi ini diubah menjadi Snapchat dan diluncurkan secara resmi.

Pada tahun 2013, aplikasi ini mulai menambahkan fitur baru seperti “lensa” dan “filter” yang membuat aplikasi ini menjadi lebih menyenangkan digunakan dan menarik bagi pengguna.

Pada tahun 2014, aplikasi ini juga menambahkan fitur “stories” yang memungkinkan pengguna untuk membagikan foto dan video selama 24 jam.

Pada tahun 2016, Snapchat meluncurkan fitur baru yang disebut “Discover” yang memungkinkan pengguna untuk menemukan konten dari berbagai sumber seperti publisher, brand, dan artis.

Pada tahun 2017, Snapchat meluncurkan fitur baru yang disebut “Snap Map” yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi teman-teman mereka di peta dan menemukan konten dari orang lain yang dibagikan di wilayah tersebut.

Pada tahun 2017 juga, sebuah perusahaan teknologi besar melakukan penawaran untuk membeli Snapchat namun ditolak oleh pemilik Snap Inc. Pada tahun 2018, Snap Inc mengajukan IPO di bursa saham NASDAQ.

Pada saat ini, Snapchat masih menjadi aplikasi paling populer di kalangan anak muda dan terus menambahkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Fitur Aplikasi Snapchat

Apa saja fitur-fitur yang ada di Snapchat, sampai bisa populer dan punya ratusan juga pengguna aktif dalam satu harinya? Nah, berikut di antaranya:

Fitur Aplikasi Snapchat

1. Filter dengan Augmented Reality (AR)

Snapchat menawarkan fitur filter yang menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek visual dan interaktif pada foto dan video yang diambil.

Filter AR ini dikenal sebagai “lensa” dan dapat digunakan untuk menambahkan efek seperti wajah animasi, filter wajah, dan efek gerakan pada foto dan video.

Beberapa contoh filter AR yang ditawarkan Snapchat adalah:

  1. Lensa wajah yang dapat menambahkan efek seperti topi, kacamata, dan rambut.
  2. Lensa gerakan yang dapat menambahkan efek gerakan pada foto dan video, seperti efek api atau partikel.
  3. Lensa objek yang dapat menambahkan objek seperti mobil, bangunan, atau binatang pada foto dan video.

Snapchat juga menawarkan lensa yang diperbarui secara teratur dan dapat ditemukan di kategori “lensa harian” atau dicari menggunakan kata kunci. Fitur ini membuat Snapchat menjadi aplikasi yang unik dan menyenangkan digunakan, membuat aplikasi ini menjadi populer di kalangan anak muda.

Fitur augmented reality (AR) pada aplikasi Snapchat terus ditingkatkan setiap tahunnya. Sehingga dari waktu ke waktu fungsi menarik lainnya dari AR terus bermunculan.

2. Lens Learning

Snapchat memiliki fitur yang disebut “Lens Studio” yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat lensa AR yang dapat digunakan oleh pengguna Snapchat.

Fitur ini menawarkan kemampuan yang disebut “Lens Learning” yang memungkinkan lensa AR untuk belajar dari interaksi pengguna dan meningkatkan fungsionalitasnya secara otomatis.

Lens Learning memungkinkan lensa AR untuk mengenali objek, wajah, atau gerakan tertentu dan bereaksi sesuai dengan interaksi pengguna.

Contohnya, sebuah lensa mungkin dapat mengenali wajah pengguna dan menambahkan efek animasi pada wajah tersebut, atau sebuah lensa mungkin dapat mengenali objek seperti botol minuman dan menambahkan efek gerakan pada objek tersebut.

Ini membuat lensa yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga lebih interaktif dan menyenangkan digunakan. Lens Studio juga memberikan pengembang pihak ketiga akses ke berbagai alat dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat lensa AR yang menarik dan interaktif.

Membuat Bitmoji Sendiri

3. Membuat Bitmoji Sendiri

Saat digunakan sebagai avatar untuk profil Snapchat, bitmoji ini berfungsi sebagai emotikon. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai stiker di Snapchat. Jika kamu menginginkan Bitmoji asli, kita harus membuatnya dari awal.

Snapchat menawarkan fitur yang disebut “Bitmoji” yang memungkinkan pengguna untuk membuat karakter animasi yang mencerminkan dirinya sendiri.

Fitur ini menawarkan berbagai pilihan gaya rambut, warna kulit, pakaian, dan aksesori yang bisa digunakan untuk membuat karakter animasi yang unik dan mencerminkan pengguna.

Setelah membuat Bitmoji, pengguna bisa menggunakannya dalam aplikasi Snapchat seperti menambahkan Bitmoji ke “snap” atau “story” yang dibagikan, atau menambahkannya ke profil pengguna.

Pengguna juga bisa menggunakan Bitmoji dalam aplikasi lain yang didukung, seperti pada kontak, pesan, atau platform sosial lainnya.

Fitur ini membuat aplikasi Snapchat lebih menyenangkan digunakan dan memungkinkan pengguna untuk lebih terlibat dan mengekspresikan diri melalui konten yang dibagikan. Bitmoji juga merupakan fitur unik yang membuat Snapchat berbeda dari aplikasi lainnya.

4. Cameo Stickers

Fitur cameo stickers Snapchat memungkinkan kamu membuat stiker dengan wajah kamu sendiri sebagai subjek. Alih-alih satu atau dua, kamu dapat membuat beberapa Stiker Cameo di Snapchat. Stiker ini, di sisi lain, dapat dikirim ke teman melalui obrolan instan.

5. Bermain Game

Mirip seperti Telegram, dimana kamu bisa bermain game di Telegram, di Snapchat juga sama. Bahkan kamu bisa juga mengajak orang lain bermain bersama. Pilihan game yang ada di aplikasi ini bervariasi. Mulai dari mini-games, puzzle dan game-game lainnya.

Snap Map adalah fitur di Snapchat yang memungkinkan pengguna untuk bermain game sosial dengan teman-teman mereka melalui aplikasi. Fitur ini mencakup berbagai jenis game, seperti teka-teki, trivia, dan permainan multiplayer.

Game dapat dimainkan dengan teman-teman yang ditambahkan ke daftar kontak Snapchat atau dengan orang yang ditemukan melalui Snap Map. Fitur ini sangat menyenangkan dan memungkinkan pengguna untuk bersosialisasi dan bermain game bersama teman-teman mereka melalui aplikasi.

Kelebihan dan Kekurangan SnapChat

Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi Snapchat:

Kelebihan dan Kekurangan SnapChat

Kelebihan Snapchat

Snapchat memiliki banyak keunggulan. Sebagian dari jawabannya dapat disimpulkan dari fitur-fitur yang disebutkan di atas. Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut:

  1. Punya fitur Augmented Reality dan Machine Learning yang jarang ditemui
  2. Punya fitur avatar
  3. Bisa membuat stiker sendiri untuk mengobrol dengan orang lain
  4. Bisa bermain game, bisa juga mengajak teman bermain game.
  5. Fitur unik seperti “lensa” dan “story” yang membuat aplikasi ini menyenangkan untuk digunakan dan menarik bagi penggunanya.
  6. Fitur chat yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi dengan teman-teman secara real-time.
  7. Fitur Snap Map yang memungkinkan kamu untuk menemukan konten dari orang lain yang dibagikan di wilayah tertentu.
  8. Fitur Discover yang memungkinkan kamu untuk menemukan konten dari berbagai sumber seperti publisher, brand, dan artis.
  9. Fitur privasi yang memungkinkan kamu untuk mengontrol siapa yang dapat melihat konten yang dibagikan.

Kekurangan SnapChat

Selain mempunyai kelebihan, aplikasi Snapchat juga memiliki sejumlah kekurangan. Namun, kekurangan tersebut tergantung pengguna masing-masing yang menganggap kekurangan atau lebih menganggap
kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  1. Foto atau video yang dibagikan teman tidak dapat tersimpan, kecuali kita ambil screenshoot.
  2. Batas waktu hanya 10 detik, sehingga harus memerlukan fokus lebih untuk dapat menikmati video. Artinya, sulit menjalankan snapchat bersama dengan aplikasi lain.
  3. Penyebaran dan pencarian konten sempit, tidak seluas instagram ditambah fitur hashtag.
  4. Aplikasi ini cukup menguras daya baterai dan kuota internet. Jika kamu menggunakan smartphone dengan kapasitas baterai besar dengan koneksi unlimited atau Wifi, hal ini tentu tidak terlalu menjadi masalah. Tapi untuk smartphone biasa, membuka snapchat secara terus menerus hanya bertahan beberapa jam saja.
  5. Kamu harus memiliki akun Snapchat untuk melihat konten yang dibagikan, oleh karena itu, jumlah audiens yang dapat dijangkau terbatas.
  6. Konten yang dibagikan hanya dapat dilihat selama 24 jam, setelah itu akan dihapus secara otomatis.
  7. Beberapa fitur, seperti “lensa” dan “filter” hanya tersedia untuk pengguna yang berlokasi di negara tertentu.
  8. Beberapa fitur, seperti “filter” dapat menjadi terlalu banyak dan membuat foto atau video terlihat tidak alami.
  9. Fitur privasi yang memungkinkan kamu untuk mengontrol siapa yang bisa melihat konten yang kamu bagikan, bisa menjadi sulit digunakan dan dikonfigurasi.

Setelah mengetahui seluk beluk tentang aplikasi Snapchat dan fitur-fitur yang ada didalamnya, pastikan kamu mengetahui cara menggunakan aplikasi snapchat dengan benar.

FAQ Seputar Aplikasi Snapchat

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi Snapchat.

1. Apakah Snapchat Bisa Chatting?

Ya, Snapchat mempunyai fitur chatting yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman-teman melalui pesan teks dan panggilan video.

2. Apakah Snapchat Aman?

Snapchat dianggap sebagai aplikasi yang aman jika dibandingkan dengan aplikasi lain dalam hal privasi. Namun, seperti aplikasi lainnya, pengguna harus berhati-hati dengan siapa mereka berbagi informasi pribadi dan konten.

3. Apakah aplikasi Snapchat Berbayar?

Aplikasi Snapchat tidak berbayar, pengguna iOS maupun Android bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis. Namun, beberapa fiturnya ada juga yang berbayar.

4. Apakah Snapchat Bisa Untuk Video?

Ya, Snapchat memungkinkan penggunanya untuk mengambil video dan berbagi dengan teman-teman. Selain itu Snapchat juga memiliki fitur video call yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan video dengan satu atau beberapa teman sekaligus.

5. Snapchat Dibuat Tahun Berapa?

Snapchat dibuat pada tahun 2011 oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy dan Reggie Brown saat mereka masih duduk dibangku kuliah di Standford University.

Bagaimana Cara Mencari Teman di Snapchat

6. Bagaimana Cara Mencari Teman di Snapchat?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari teman di Snapchat, diantaranya:

  1. Menggunakan nomor telepon
  2. Menambahkan teman secara manual dengan mengetikkan username atau alamat email
  3. Menggunakan fitur Snap Map dengan melihat lokasi teman di peta
  4. Menggunakan Quick Add

7. Bagaimana Cara Menghapus Akun Snapchat?

Untuk menghapus akun Snapchat, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Snapchat dan masuk dengan akun yang ingin kamu hapus.
  2. Buka menu utama dengan mengklik ikon gear di pojok kanan bawah layar.
  3. Pilih “Account Information”
  4. Pilih “Delete My Account”
  5. Masukkan nama pengguna dan alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar, kemudian berikan alasan mengapa kamu ingin menghapus akun kamu.
  6. Klik “Submit” dan ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses penghapusan akun.

Kesimpulan

Snapchat adalah aplikasi media sosial, di mana pengguna dapat saling berkirim media, baik berupa foto maupun video. Ini dirilis pada September 2011, dan sudah digunakan oleh ratusan juta orang setiap hari hingga saat ini. Aplikasi Snapchat juga dilengkapi dengan machine learning berbasis AI.

Fitur Stiker Cameo Snapchat memungkinkan kamu membuat stiker dengan wajah kamu sendiri sebagai subjek. kamu juga dapat mengundang teman untuk bermain game di Snapchat. Aplikasi ini menghabiskan banyak data dan masa pakai baterai, tetapi tidak terlalu menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna.

 

Back to top button