Aplikasi untuk Mengatur Keuangan Terbaik dan Terpopuler

Teknatekno.com – Penting bagi kita untuk bisa mengatur keuangan, tetapi ada sebagian besar orang belum bisa mengatur keuangannya sendiri karena sulit untuk menghitung berapa biaya masuk dan biaya keluar.

Nah, apakah kamu pernah mengalami hal seperti di atas? Salah satu opsi yang harus kamu lakukan adalah mengelola keuangan seefektif mungkin. Seorang akuntan keuangan bersertifikat atau certified public accountant (CPA) dapat dipercayakan dengan tugas ini.

Tetapi sekarang kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa akuntan pribadi untuk membuat anggaran bulanan. Aplikasi manajemen keuangan Android berikut untuk memulai. Hasilnya, kamu dapat mengelola uang dengan lebih baik dengan bantuan aplikasi.

Aplikasi Manajemen Keuangan Pribadi di Android

10 Aplikasi Manajemen Keuangan Pribadi di Android

Berikut ini adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan kamu:

1. AndroMoney (Expense Track)

Aplikasi ini membantu melacak pendapatan dan pengeluaran kamu dalam perspektif yang sederhana dan menyeluruh.

Aplikasi ini memungkinkan kamu membuat anggaran khusus, melihat grafik pengeluaran kamu, dan menghemat pengeluaran di Dropbox dan Google Documents.

Aplikasi ini dapat membantu kamu menentukan anggaran untuk bepergian dan menonton film, makan, elektronik, keperluan rumah tangga dan furnitur, hingga belanja pakaian. Silakan gunakan tautan ini untuk mengakses Play Store dan mengunduh aplikasi.

2. Money Lover

Butuh bantuan untuk mengelola keuangan pribadi kamu? Pertimbangkan untuk menginstal Money Lover yang merupakan aplikasi manajemen keuangan yang sangat mudah dan berguna.

Beberapa fitur yang disertakan dalam aplikasi ini, seperti anggaran, tabungan, dan acara, dibebankan untuk mengelola pengeluaran bulanan kamu untuk berbagai tujuan, mulai dari makanan, transportasi, dan hiburan.

Semua pengeluaran kamu akan di bawah ibu jari kamu jika kamu menggunakan Money Lover. Jadi, kamu tidak perlu repot mencatat laporan keuangan pribadi kamu di selembar kertas. Karena kini kamu bisa memantau pemasukan dan pengeluaran kamu hanya dengan aplikasi Money Lover.

3. Uang Droid

Selanjutnya, kita akan menjumpai aplikasi yang menampilkan grafik uang pribadi. Pembuat Cash Droid mengatakan bahwa ini adalah aplikasi manajemen keuangan terbesar dibandingkan dengan program lain yang sebanding.

Pasalnya, tampilan visual di Cash Droid akan mengevaluasi keuangan kamu dan data CSV yang diimpor (pada edisi Cash Droid Pro). Kamu juga dapat mengatur pendapatan dan pengeluaran kamu di Cash Droid, seperti yang kamu lakukan di AndroMoney.

Upah dan pengeluaran dasar seperti asuransi, tagihan, dan layanan mobil adalah beberapa contoh dana pendanaan. Berikut ini tautan tempat kamu bisa mendapatkan perangkat lunak.

4. Monefy

Kamu harus mengakui bahwa antarmuka aplikasi ini sangat mencolok dan sederhana. Ya, software untuk pengelolaan keuangan harus sesederhana mungkin. Alasannya karena mengatur keuangan kamu sudah cukup sulit tanpa harus berurusan dengan software yang canggih.

Kamu dapat mengelola pelacakan anggaran kamu dalam berbagai cara menggunakan beberapa kategori Monefy. Antarmuka yang sederhana dan efektif adalah dasar dari aplikasi ini.

Kamu tinggal memasukkan jumlah dana, lalu pilih kategori yang sesuai. Aplikasi ini memudahkan untuk melacak keuangan pribadi kamu secara teratur.

5. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi yang diproduksi oleh perusahaan Asyncbite Software ini juga memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mencatat pengeluaran bulanan kamu.

Dalam penerapannya, Catatan Keuangan Harian menyediakan fitur yang sangat lengkap, seperti memasukkan pengeluaran, pendapatan, menghitung selisih, laporan bulanan, dan masih banyak lagi.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mengatur Keuangan

6. Financial Calculators

Aplikasi anggaran ini juga dapat dikelola sebagai alat mengatur keuangan yang efektif, seperti namanya. Berbagai macam fitur disertakan dalam aplikasi ini, seperti kalkulator pinjaman komersial dan alat pengembalian investasi.

Dengan Kalkulator Keuangan, kamu dapat menentukan mana yang paling ekonomis untuk keuangan kamu antara membeli atau menyewa apa pun.

Aplikasi keuangan ini juga membantu kamu untuk memahami suku bunga majemuk dan membantu kamu untuk lebih konsisten dalam menetapkan tujuan, seperti mencapai impian memiliki tempat tinggal pribadi.

7. Financisto

Manajemen akun multi-mata uang dimungkinkan berkat aplikasi ini. Financicto membantu dengan mudah untuk menentukan apakah siklus keuangan kamu saat ini sangat baik atau negatif.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mencatat segala bentuk pemasukan dan pengeluaran harian kamu. Financisto dapat membantu kamu melacak keuangan kamu jika kamu lupa ke mana perginya uang kamu. Setelah pelacakan, aplikasi ini akan mengungkapkan jenis pengeluaran kamu bersama dengan tanggal transaksi.

8. Mint

Sesuai dengan namanya, Mint akan membantu kamu menyegarkan siklus keuangan kamu. Beberapa akun, klasifikasi otomatis, pengingat tagihan, dan pelacakan tujuan keuangan adalah semua fitur dari aplikasi ini. Mint juga mampu menangani credit rating dengan baik.

Mint sangat membantu kamu untuk menetapkan anggaran agar tidak melebihi penghasilan kamu. Misalnya, ketika kamu menghabiskan uang untuk makan langsung dicatat di area Makanan & Makan, saat berpesta dengan teman catat pengeluaran di kategori Alkohol & Bar.

Kemudian, setelah kamu menghabiskan uang untuk berbelanja, segera catat pengeluaran tersebut sesuai dengan jenis barang yang diperoleh, apakah itu kebutuhan sehari-hari, pakaian jadi atau peralatan teknologi. Silahkan download aplikasi Mint ini disini.

9. Sepran (Expense Manager)

Sering mengalami uang kamu terasa cepat habis? Bingung digunakan untuk apa? Terlalu malas untuk membuat laporan keuangan dengan tangan? Aplikasi Sepran dapat mengatur kamu mengendalikan keuangan pribadi kamu.

Aplikasi manajemen keuangan ini akan membantu kamu mencatat pendapatan dan pengeluaran harian dengan nyaman & cepat. Sepran memudahkan untuk melacak keuangan kamu secara teratur hanya dengan beberapa penekanan tombol dan pengingat bawaan.

Selain itu, aplikasi ini mungkin masih dapat diakses meskipun tanpa koneksi internet, sehingga kamu dapat memanfaatkan aplikasi ini kapan saja.

Keuntungan lain dari Sepran adalah kamu dapat menyusun ikhtisar keuangan sesuai dengan kebutuhan kamu apakah itu mingguan, bulanan, atau bahkan tahunan.

Tidak hanya itu, aplikasi juga memastikan bahwa data kamu akan disimpan dengan aman, bahkan saat kamu memindahkan ponsel. Hah? Bagaimana bisa? Ya! Karena kamu dapat mencadangkan semua data di aplikasi Sepran ke penyimpanan Google pribadi kamu.

Apalagi jika kamu menggunakan Sepran Pro Version, kamu bebas menggunakan aplikasi ini tanpa jeda iklan selamanya. Bagaimana dengan data dari Sepran versi gratis? Tidak perlu khawatir, kamu dapat memilikinya kembali dalam beberapa detik.

10. Buku Warung

BukuWarung adalah aplikasi manajemen keuangan pribadi dan perusahaan. Aplikasi ini dimaksudkan untuk memberikan pilihan pencatatan keuangan yang mudah, gratis, dan aman.

Ditambah lagi, aplikasi BukuWarung ini menawarkan banyak fitur terpercaya yang dapat memudahkan kamu dalam mengelola dan memantau transaksi keuangan.

Kamu dapat menyebutnya alat Rekam Hutang, tetapi ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah melacak berapa banyak uang yang seseorang berutang kepada kamu. Klik saja namanya, maka seluruh history hutang hingga sisa tunggakan akan langsung muncul.

Hebatnya lagi, setiap orang yang utangnya tercatat di aplikasi ini akan menerima pengingat utang melalui SMS secara otomatis. SMS dikirim menggunakan nomor BukuWarung, jadi gratis dan jangan ragu!

Selain itu, aplikasi BukuWarung juga memungkinkan kamu untuk mengetahui untung dan rugi secara sederhana. Sehingga tidak akan ada lagi cerita tentang gaji yang terasa segera habis akibat pengelolaan keuangan yang tidak terstruktur.

Aplikasi BukuWarung juga memiliki keunggulan penyimpanan data online, yang artinya walaupun berpindah telepon, data kamu tidak akan hilang.

FAQ Seputar Aplikasi untuk Mengatur Keuangan

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi untuk mengatur keuangan pribadi.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik?

  1. Susun anggaran keuangan
  2. Prioritaskan kebutuhan
  3. Manfaatkan kartu kredit dan promo belanja dengan bijak
  4. Jangan lupakan tabungan
  5. Lakukan investasi
  6. Siapkan dana darurat
  7. Lunasi dan hindari utang
  8. Siapkan dana pensiun.

Bagaimana Cara Menghemat Uang dan Tidak Boros?

  1. Mencatat penghasilan dan pengeluaran
  2. Utamakan kebutuhan
  3. Membuat alokasi dana
  4. Menabung dan investasi
  5. Membuat rekening tabungan terpisah
  6. Lakukan transaksi secara tunai
  7. Menerapkan hidup minimalis
  8. Kurangi gaya hidup yang mengarah pada hedonisme.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga?

  1. Catat arus keluar masuk keuangan
  2. Masukkan dalam amplop harian
  3. Minimalisir penggunaan kartu kredit
  4. Buru barang diskon
  5. Miliki proteksi.

Kesimpulan

Demikianlah 10 aplikasi terbaik untuk mengatur keuangan pribadi di Android yang bisa Teknatekno rekoemndasikan untuk kamu. Kamu dapat mengatur keuangan serta mengelola pelacakan anggaran kamu dalam berbagai cara menggunakan beberapa aplikasi diatas. Semoga bermanfaat.

Back to top button