Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulan Lalu

Teknatekno.com – Cara cek tagihan listrik yang sudah dibayarkan bulan lalu memang wajib di lakukan untuk mengetahui pembayaran sudah masuk atau belum. Ada beberapa cara untuk mengetahui tagihan sudah dibayarkan atau belum, baik secara online maupun offline.

Mengapa kita perlu melakukan cek tagihan listrik yang sudah dibayarkan bulan lalu? Karena untuk menghindari pembengkakan tagihan listrik yang berbeda dari bulan sebelumnya. Yang akhirnya membuat pelanggan penasaran dan ingin membandingkannya dengan tagihan listrik bulan sekarang.

Selain itu, pelanggan juga perlu memeriksa jumlah KWH listrik yang digunakan untuk membandingkan penggunaan yang lebih besar di bulan sebelumnya sehingga pelanggan PLN dapat menganalisis apa yang menyebabkan tagihan listrik membengkak.

Ada banyak cara untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayarkan dalam sebulan terakhir. Cara-caranya juga mudah untuk dilakukan, cukup menggunakan Smartphone

Dan pelanggan tidak perlu datang ke kantor PLN untuk mengeceknya sehingga jika ingin mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

4 Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Sekarang Teknozen gak perlu bingung lagi bagaimana cara mengecek tagihan listrik. Teknozen cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Cara pertama untuk mengecek tagihan listrik yang sudah dibayarkan dalam sebulan terakhir adalah dengan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile. Untuk menggunakan cara ini syaratnya harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu dengan mengunduhnya di PLay Store ataupun App Store tergantung Smartphone yang digunakan.

Setelah berhasil di download, kemudian lakukanlah registrasi untuk membuat akun dengan memberikan nomor ID pelanggan, email dan nomor ponsel. Untuk mengecek apakah tagihan listrik bulan sebelumnya sudah lunas, ikuti langkah-langkah berikut jika akun sudah berhasil dibuat:

  1. Pertama buka aplikasi PLN Mobile.
  2. Setelah itu login untuk masuk ke halaman utama aplikasi.
  3. Jika sudah berhasil masuk, selanjutnya pilih menu “Informasi“.
  4. Lalu pilih menu “Informasi Tagihan dan Token Listrik“.
  5. Kemudian pada menu tersebut muncul kolom untuk diisi ID Pelanggan.
  6. Jika ID Pelanggan sudah dimasukkan dengan benar, selanjutnya tinggal pilih “Cek Tagihan“.
  7. Kemudian pada aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan status tagihan listrik beserta besaran nominalnya.

2. Melalui Website

Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan website resmi PLN untuk mengecek berapa tagihan listrik yang sudah dibayarkan pada bulan sebelumnya. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu sehingga mudah untuk memeriksanya.

Cukup dengan buka browser kemudian masuk ke website resmi PLN lalu ikuti arahannya sampai mendapatkan informasi tagihan listrik tersebut. Agar lebih jelas, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, silakan buka website resmi PLN dengan mengetik “https://pelanggan.pln.co.id/infohistorypln.html“.
  2. Selanjutnya lakukan pendaftaran untuk membuat akun baru dengan mengisi Nama, Alamat Email yang masih aktif, Nomor HP dan ID Pelanggan atau Nomor meteran.
  3. Setelah itu buatlah sandi dengan kombinasi angka dan huruf minimal sebanyak 8 karakter lalu masukkan kembali kata sandi tersebut untuk konfirmasi.
  4. Kemudian centang kotak kecil pada bagian bawah kata sandi untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  5. Jika sudah kemudian pilih “Daftar“.
  6. Setelah itu untuk melanjutkan registrasi, pelanggan PLN akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui email.
  7. Apabila pendaftaran akun sudah selesai maka tinggal Login dengan memasukkan alamat email dan password kemudian isi kata sesuai yang ada pada gambar.
  8. Jika sudah kemudian tinggal pilih “Masuk” lalu pilih menu “Informasi tagihan listrik / pembelian token” yang terletak dipojok kiri bagian atas.
  9. Setelah itu nantinya akan muncul informasi tagihan listrik dibulan lalu sampai dengan 6 bulan kebelakang yang berupa rincian “Tanggal pembayaran jumlah KWH” serta “Denda” jika ada.
  10. Jika ingin melihat lebih detail lagi rincian tagihannya maka bisa pilih “Info tagihan” pada kolom paling kanan.
  11. Setelah itu akan muncul total semua tagihan seperti RP PTL (Rupiah Pemakaian Tenaga Listrik) dan RP PPJ (Rupiah Pajak Penerangan Jalan). Jadi total tagihan listrik yang harus dibayar adalah jumlah RP PTL ditambah dengan RP PPJ maka akan ketemu hasil tagihan listriknya.
  12. Selesai.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button