Cara Cek Tagihan Listrik dengan Aplikasi PLN Mobile

Teknatekno.com – Salah satu manfaat yang diberikan oleh aplikasi PLN Mobile adalah cara cek tagihan listrik yang lebih sederhana dan cepat. Namun, manfaat aplikasi ini tidak berhenti di situ saja.

Masih ada keuntungan-keuntungan lainnya yang ternyata gak diketahui banyak orang. Padahal, keuntungan-keuntungan tersebut bakal membantu banget saat ada persoalan yang nantinya dihadapi para pelanggan.

Memiliki aplikasi PLN Mobile juga akan membantu kamu untuk mengetahui tagihan listrik kamu agar tidak membengkak yang akhirnya membebani keuangan kamu.

Oleh karena itu, selain anggaran untuk membayar tagihan listrik dan kebutuhan primer lainnya, penting juga untuk menyiapkan anggaran khusus untuk memiliki asuransi kesehatan. Lalu, apa saja keuntungan lain dari menggunakan aplikasi PLN Mobile? Simak ulasan dari Teknatekno berikut ini!

Apa itu Aplikasi PLN Mobile?

PLN Mobile adalah aplikasi terintegrasi yang memadukan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T).

Aplikasi ini diperkenalkan pada 31 Oktober 2016 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71 saat itu.

Hadirnya aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas layanan yang selama ini diakses masyarakat. Misalnya, dulu konsumen harus menghubungi call center PLN di nomor 123 untuk mengetahui berapa tagihan listrik yang harus mereka bayar. Namun, kini cek tagihan listrik lebih praktis dilakukan lewat aplikasi.

Masyarakat umum dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui penggunaan listrik mereka, melaporkan pemadaman, dan menyampaikan keluhan tentang pengalaman mereka dengan layanan PLN secara umum.

PLN Meluncurkan Aplikasi PLN Mobile versi Terbaru

Pada Juni 2020, PLN baru saja merilis aplikasi PLN terbaru yang merupakan hasil pengembangan dari aplikasi sebelumnya. Dengan aplikasi ini, diharapkan pengguna dapat memiliki pengalaman berbeda ketika ingin menjalankan semua layanan dan fitur yang terkait dengan penggunaan listrik.

Mengenai perubahan yang terjadi hanya terlihat dari tampilan aplikasinya, sementara untuk fitur-fiturnya tidak ada yang berbeda dari aplikasi yang lama, yaitu fitur pengecekan tagihan hingga fitur pembayaran.

Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan informasi mengenai layanan listrik yang ada di Indonesia, termasuk informasi pemadaman listrik jika terjadi gangguan. Bila dibandingkan dengan aplikasi yang lama, jelas aplikasi terbaru ini lebih mudah untuk digunakan.

Cara Download Aplikasi PLN Terbaru

Aplikasi PLN terbaru ini sudah bisa diunduh secara gratis di seluruh perangkat iOS ataupun Android. Dengan aplikasi ini, diharapkan masyarakat dalam mengetahui layanan mengenai penggunaan listrik dengan cepat dan efisien. Adapun tata cara download Aplikasi PLN Mobile Terbaru sangatlah mudah:

  • Masuk ke App Store bagi pengguna iOS atau Google Play Store bagi pengguna Android
  • Lalu search PLN Mobile dan unduh secara gratis.

Cara Login Aplikasi PLN Terbaru

Setelah aplikasi terpasang di smartphone, buka aplikasi tersebut untuk melakukan login PLN Mobile. Di halaman aplikasi tersebut nantinya ada pilihan “Daftar” yang harus diklik agar bisa mendaftarkan diri. Begitu pilihan “Daftar” diklik, pengguna diminta memasukan:

  • Nama lengkap.
  • IDPEL/Nomor Meter.
  • Lokasi persil (otomatis atau isi sesuai KTP).
  • Nomor handphone yang aktif digunakan.
  • Email atau lakukan integrasi Gmail.
  • Password sebanyak 6 digit.
  • Ketik ulang password yang sebelumnya telah dimasukkan.

Cara Cek Tagihan Listrik di Aplikasi PLN Mobile

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, fitur cek tagihan listrik menjadi salah satu keuntungan yang bisa dinikmati masyarakat dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Lalu bagaimana cara cek tagihan listrik lewat PLN Mobile?

Untuk melihat tagihan listrik PLN kamu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi PLN Mobile yang telah terpasang di smartphone.
  2. Kemudian pilih menu Informasi.
  3. Selanjutnya, pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  4. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda.
  5. Setelah semuanya terisi, pilih Cek Tagihan.
  6. Semua informasi tagihan listrik ataupun transaksi pembelian token ditampilkan PLN Mobile.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button