Aplikasi Desain 3d Terbaik PC dan Laptop

Teknatekno.com – Jika Teknozen sedang mencari aplikasi desain 3d yang bagus untuk PC dan laptop, kamu telah datang ke tempat yang tepat.

Pada artikel ini, Teknaekno akan membahas aplikasi 3D yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi serta desain 3d di PC dan laptop (Windows & Mac) ataupun HP & Tablet (Android & iOS).

Tom Fronczak yang profesional di bidang teknologi game, film, dan desain 3D selama 15 tahun dengan gelar grafis 3D dalam seni dan desain game.

Dalam publikasinya, dia mencatat bahwa dia telah menyaksikan dan menganalisis bagaimana setiap bagian dari bisnis video game 2D dan 3D dipengaruhi oleh perangkat lunak atau aplikasi.

Sehingga dalam dunia digital kompetitif setiap seniman harus memiliki setiap keuntungan dan selalu mencari pengalaman yang lebih dalam hal perangkat lunak dan teknik. Wajib untuk menguasai software / aplikasi animasi 3D terbaik dan kamu akan selalu diminati dalam industri animasi atau desain 3D yang berkembang pesat.

Teknatekno telah merangkum aplikasi desain animasi 3D terbaik untuk PC dan laptop yang perlu dipelajari dan dipertimbangkan para seniman untuk menjadi yang terbaik di industri animasi.

Aplikasi Desain 3D di PC dan Laptop

Berikut ini adalah software atau aplikasi untuk menghasilkan desain 3d di PC dan laptop:

1. Autodesk Maya

Autodesk Maya adalah software animasi 3D Pro terbaik saat ini. Maya merupakan aplikasi animasi 3D, pemodelan, simulasi, rendering, dan compositing yang menawarkan set fitur kreatif komprehensif pada platform produksi yang sangat extensible.

Maya memberikan karakter high-end dan berbagai set tool efek bersama dengan peningkatan produktivitas untuk pemodelan, texturing, dan penciptaan shader. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kita dapat membuat dan mengerjakan scene 3D, game, karakter, dan film 3D.

Autodesk Maya menghadirkan beragam alat dan fungsionalitas yang tiada bandingnya. Namun hal yang perlu diperhatikan, terutama bagi kamu pemula yang baru belajar. Maya bukanlah software animasi untuk orang yang lemah.

Fitur sangat rumit dan umumnya membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari. Namun, jika kamu bercita-cita menjadi seorang animator pro dan mendapat pekerjaan di industri animasi atau VFX, sebaiknya pelajari software ini.

2. Toontastic 3D (Android & iOS)

Toontastic 3D adalah program animasi 3D yang mudah digunakan. Alat pembuat animasi 3d ini memungkinkan kamu menggambar atau membuat objek 3D dan menganimasikannya.

Animator pemula, sutradara, dan pembuat film kartun 3D akan mendapat manfaat dari aplikasi animasi 3D ini. Guru yang ingin menghasilkan animasi pembelajaran 3D juga dapat memanfaatkannya. Aplikasi animasi 3D ini juga banyak digunakan untuk memproduksi album gambar, siaran berita, narasi, dan berbagai hal lainnya.

3. Blender (Windows, Mac & Linux)

Blender adalah software atau aplikasi animasi 3D PC gratis terpopuler dan paling bagus saat ini (2021). Blender ini juga merupakan aplikasi animasi 3D yang ringan dibanding software animasi 3D berkualitas lainnya, juga sangat bagus digunakan dalam membuat grafik 3D.

Aplikasi ini dapat digunakan mulai dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D. Blender didukung dengan komunitas yang besar, sehingga akan mempermudah kita sebagai pemula sekalipun untuk memepelajarinya. Dikarenakan banyaknya tutorial yang tersebar di internet.

Aplikasi Blender ini menurut kami sangat bagus untuk pemula yang benar-benar baru di Dunia animasi. Meskipun gratis, aplikasi ini mampu menghasilkan gambar dan animasi yang setara dengan hampir semua perangkat lunak pemodelan 3D lainnya.

4. Autodesk 3ds Max (Windows)

3ds Max merupakan aplikasi modeling 3D dan pembuat animasi 3D berkualitas tinggi. Menyediakan model yang komprehensif, animasi, simulasi, dan rendering untuk game, film, dan seniman animasi.

3ds Max memberikan alat-alat baru yang efisien, kinerja cepat, dan alur kerja yang efisien untuk membantu meningkatkan produktivitas secara keseluruhan untuk bekerja dengan kompleks.

Secara umum, perangkat lunak atau aplikasi untuk PC dan laptop ini biasanya digunakan untuk produksi TV dan film layar lebar serta untuk visualisasi produk dan arsitektur. Dirancang khusus untuk pemodelan 3D, 3ds Max memiliki beberapa kemampuan dengan perangkat lunak saudaranya, Maya.

5. Houdini (Windows, Mac & Linux)

Houdini merupakan aplikasi high-end untuk 3D animasi PC yang dikembangkan oleh Side Effects Software of Toronto. Side Effects Software diadaptasi Houdini dari prisma suite generasi prosedural perangkat lunak.

Perhatian eksklusif ke generasi prosedural membedakannya dari aplikasi desain grafis 3D lainnya. Dan Houdini merupakan software animasi 3D yang sebanding dengan Maya dan bisa menjadi opsi alternatif.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button