Cara Daftar KIP Kuliah 2022 Serta Syaratnya

Teknatekno.com – Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka mulai hari ini, Rabu (2/2).

Melalui program ini, mahasiswa bisa kuliah gratis dan mendapat bantuan biaya hidup dengan besaran sesuai indeks harga kampus yang dituju.

Sebagai informasi, KIP Kuliah merupakan bantuan yang dibiayai oleh pemerintah yang membantu lulusan SMA sederajat dengan biaya kuliah. Untuk memenuhi syarat mendapatkan bantuan dana KIP untuk kuliah, mahasiswa harus lulus seleksi mandiri SNMPTN, SBMPTN, atau PTN/PTS.

Kemendikbudristek Muni Ika, Sub-Koordinator Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Perkuliahan KIP, menjelaskan secara rinci skema pembiayaan kuliah KIP sesuai akreditasi program studi (Prodi). Maksimal dana SPP program studi terakreditasi A Rp12 juta, akreditasi B Rp4 juta, dan akreditasi C Rp2,4 juta.

Dengan skema KIP Kuliah Merdeka, bisa dorong kuliah di prodi akreditasi A. Kita dorong anak-anak kuliah di prodi unggulan,” kata Muni Ika dalam Pembukaan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 secara virtual, Rabu (2/2).

Jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2022 sudah bisa dimulai hari ini dan tersedia hingga 31 Oktober. Bagi Teknozen atau pelajar yang tertarik untuk berpartisipasi dalam KIP Kuliah 2022 harus meninjau persyaratan dan cara mendaftar di bawah ini.

Syarat KIP Kuliah 2022

Berikut persyaratan untuk bisa mendapatkan KIP Kuliah 2022:

  1. Siswa SMA/SMK/sederajat yang akan lulus tahun ajaran 2022 atau lulusan dua tahun sebelumnya yakni 2020 dan 2021
  2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi dan diterima di PTN/PTS pada prodi yang sudah terakreditasi
  3. Memiliki potensi akademik yang baik
  4. Mampu menunjukkan bukti keterbatasan ekonomi berupa dokumen kepemilikan KIP, dokumen keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), Keluarga Pemegang Kartu Sejahtera (KKS), atau mahasiswa dari pasti sosial atau panti asuhan
  5. Penerima KIP kuliah tidak bisa menerima bantuan beasiswa atau biaya pendidikan lain.

Cara Mendaftar KIP Kuliah 2022

Bagi Teknozen yang ingin mendaftar KIP Kuliah 2022 simak cara mendaftarnya dibawah ini:

  1. Pelajar melakukan pendaftaran mandiri di halaman KIP Kuliah di kip-kuliah.kemdikbud.go.id Atau mengakses aplikasi KIP Kuliah Mobile
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email yang aktif
  3. Sistem akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapat KIP Kuliah
  4. Jika validasi berhasil, sistem KIP Kuliah akan mengirimkan nomor pendaftaran dan kode akses ke alamat email yang digunakan saat pendaftaran
  5. Buka email, daftarkan kode akses
  6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti: SNMPTN, SBMPTN, SMPN, UMPN, atau mandiri
  7. Menyelesaikan ujian masuk sesuai pilihan pada tahapan sebelumnya
  8. Sistem akan melakukan sinkronisasi, calon penerima KIP yang dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi dapat melakukan verifikasi ulang di sistem
  9. Sistem melakukan verifikasi, jika verifikasi berhasil maka siswa akan diusulkan menjadi mahasiswa penerima KPI Kuliah.

Kesimpulan

Demikianlah persyaratan dan cara daftar KIP Kuliah 2022. Bagi Teknozen yang tertarik untuk mendaftar dalam program ini serta memenuhi syarat, akan mendapatkan bantuan gratis dan tunjangan biaya hidup berdasarkan indeks harga kampus yang dituju.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like