Perbedaan Varian Hondas Vario 160 Tipe CBS dan ABS

Teknatekno.com – PT Astra Honda Motor (AHM) kini telah resmi memperkenalkan Vario 160 ke konsumen di Indonesia. Motor terbaru Honda Vario 160 ini hadir dalam dua varian yakni tipe CBS dan ABS.

Perbedaan Vario 160 Tipe CBS dan ABS

Perbedaan motor terbaru Honda Vario 160 pada dua varian itu memang hanya terletak pada fitur sistem pengereman ABS saja. Pada tipe ABS, Vario 160 dilengkapi sistem pengereman ABS, disc brake pada rem belakang, serta indikator ABS pada panel digital.

Bagian kaki-kaki menggunakan ban tubeless yang lebih besar, depan 100/80-14 dan belakang 120/70-14, serta ditambah kombinasi velg berwarna burnt titanium pada tipe ABS.

Vario 160 kini dilengkapi dengan mesin performa tinggi 160cc 4 katup dengan peningkatan Smart Power Plus (eSP +) dan teknologi minim gesekan, menjadikan skuter sport premium ini memberikan keseimbangan optimal antara performa yang optimal dan kesempurnaan puncak saat dikendarai harian.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,3 kW @8500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm @7000 rpm. All New Honda Vario 160 hadir dengan pengaplikasian teknologi eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Skuter ini diklaim mampu mengkonsumsi bensin mencapai 46,9 kilometer/liter. Pengujian dilakukan dengan mengaktifkan fitur sistem Idling stop yang ramah lingkungan menggunakan prosedur pengujian EURO 3 WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle).

Sedangkan dari sisi fitur, pada rak bagian kiri telah dilengkapi tutup rak plus port USB charger type A sehingga tak perlu menggunakan tambahan adapter ketika ingin mengisi ulang baterai gadget seperti smartphone.

Semua bagian lampu Vario 160 juga sudah menggunakan LED dan semakin menambah kesan premium sporty pada motor ini.

Perbedaan Varian Hondas Vario 160 Tipe CBS dan ABS

Harga Tipe CBS dan ABS

Tentu saja ada juga perbedaan harga antara kedua varian. Biayanya Rp 28,5 juta untuk tipe ABS Vario 160 dan Rp. 25,8 juta untuk tipe CBS. Harga tersebut merupakan harga OTR DKI Jakarta. Jenis CBS dan ABS, di sisi lain, hampir identik.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar Honda Vario 160 tipe CBS dan ABS.

Apakah Vario 160 CBS Keyless?

Dalam kondisi biasa, baik Vario 160 tipe CBS maupun ABS dilengkapi dengan sistem tanpa kunci (keyless) yang dijalankan melalui smartkey.

Warna Apa Saja Vario 160 ABS?

Vario 160 tipe ABS memiliki varian warna antara lain:

  • Grande Matte White.
  • Grande Matte Black.
  • Active Black.
  • Grande Matte Red.
  • Grande Matte Black.
  • Active Black.

Honda Vario 160 Warna Apa Saja?

Pilihan warna All New Vario 160 tipe CBS adalah Grande Matte Red (doff red) dan Grande Black Matte (doff black), keduanya tampak elegan karena tidak memiliki striping. Selain itu, terdapat warna Active Black pada tipe CBS, serta striping grafis simple berwarna merah dan silver.

Apa Saja Fitur Vario 160?

Honda Vario 160 dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti Smart Key System, answer back system, ABS (Antilock-Braking System), dan perangkat rem belakang yang sudah dilengkapi rear disc brake.

Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan charger USB tipe A. Selain itu, sepeda motor ini memiliki lampu LED di bagian penerangannya.

Apa Tipe Mesin yang Digunakan Honda Vario 160?

Vario 160 memiliki mesin 156,9 cc dengan empat katup eSP+ dan pendingin cairan. Mesin ini memiliki output tenaga maksimal 15,3 hp pada 8.500 rpm dan output torsi 13,8 Nm pada 7000 rpm.

BACA JUGA:

Honda NX125 2022 Meluncur di China, Body Mirip Vario 125
Honda Vario 160 Resmi Rilis, Ini Dia Spesifikasi dan Harga Terbarunya
Honda Tapas 100 (2022) Rilis di China, Skutik Retro Mungil Sepupu Scoopy

Kesimpulan

Itulah perbedaan dari Honda Vario 160 antara tipe CBS dan ABS. Yang mana perbedaan utama dari dua varian itu hanya terletak pada fitur sistem pengereman ABS saja.

Pada tipe ABS, Vario 160 dilengkapi sistem pengereman ABS, disc brake pada rem belakang, serta indikator ABS pada panel digital. Selain dari fitur rem, harga dari tipe CBS dan ABS dari Honda Vario 160 ini juga memiliki perbedaan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button