Aplikasi Catatan Keuangan Android Terbaik

Teknatekno.com – Mengatur dan mencatat keuangan terkadang bukan hal yang mudah. Jika menggunakan aplikasi catatan keuangan mungkin kamu akan jadi lebih semangat, ketimbang harus mencatatnya secara manual dengan tulisan tangan.

Sekarang ada beberapa aplikasi di smartphone yang menawarkan layanan pencatatan keuangan harian secara efektif. Prosedurnya pun juga mudah, kamu cukup memasukkan nominal uang yang kamu keluarkan sesuai tanggalnya.

Nantinya, kamu bisa melihat pengeluaran dan pendapatan kamu selama sebulan dalam aplikasi catatan keuangan ini. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat berguna untuk mengevaluasi finansial.

7 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik di Android

7 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik di Android

Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi catatan keuangan terbaik yang bisa diunduh di smartphone kamu:

1. Wallet

Wallet merupakan aplikasi catatan keuangan yang bisa diunduh di perangkat Android atau iOS. Kamu bisa menggunakannya secara gratis tentunya dengan fitur yang terbatas.

Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar terlebih dahulu. Tetapi untuk versi gratisannya juga sudah memadai untuk pencatatan keuangan.

Kamu bisa memasukkan semua pengeluaran sehari-hari kamu sesuai kategorinya, seperti makanan, tagihan, dan bahkan biaya parkir yang tampaknya kecil.

Wallet akan menawarkan grafik lengkap keuangan kamu pada akhir setiap bulan sehingga kamu bisa mengevaluasinya. Demi memudahkan pencatatan, Wallet juga bisa disambungkan dengan rekening bank dan dompet digital.

Download for Android
Download for iOS

2. Finansialku

Aplikasi Finansialku sangat cocok untuk kamu yang memiliki tujuan finansial seperti membeli mobil, rumah, atau pergi haji. Aplikasi pengatur keuangan ini bisa memberikan catatan tentang prosedur tabungan kamu untuk mencapai tujuan finansial.

Cukup masukkan jumlah nominal tabungan yang ingin kamu capai sesuai dengan tujuan finansial kamu, lalu masukkan setiap jumlah tabungan yang dimasukkan ke rekening kamu. Selain tabungan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mencatat seluruh pengeluaran.

Download for Android
Download for iOS

3. Money Lover

Sama seperti Wallet, Money Lover bisa mengklasifikasikan pengeluaran berdasarkan kategorinya, misal untuk belanja di supermarket, untuk makan, untuk nongkrong, bayar tagihan dan lain-lain.

Dalam cara ini, Money Lover bisa bisa menganalisa di mana pengeluaran kamu yang terbanyak. Lalu kamu bisa mengevaluasinya demi kesehatan finansial kamu ke depannya. Money Lover ini bisa kamu unduh secara gratis untuk perangkat Android dan iOS.

Download for Android
Download for iOS

4. Monefy

Bagi kamu yang sudah menikah atau memiliki pasangan, kamu bisa mengunduh aplikasi Monefy. Aplikasi ini memiliki fitur sinkronisasi akun, yang memungkinkan kamu secara bersama memantau pengeluaran anggota keluarga lainnya secara real time.

Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat smartphone Android dan iOS. Namun versi gratisnya memiliki fungsionalitas yang lebih sedikit. Jika ingin mendapatkan fungsionalitas yang lengkap, kamu harus merogoh kocek Rp 39 ribu untuk berlangganan.

Download for Android
Download for iOS

5. Teman Bisnis

Aplikasi catatan keuangan bisnis yang cocok salah satunya Teman Bisnis. Dengan Teman Bisnis, para pengusaha termasuk pengusaha kecil bisa mencatat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber yang telah dikategorikan.

Di akhir bulan aplikasi ini juga memberikan informasi keuangan perusahaan kamu secara otomatis, mulai dari untung, rugi, hutang, piutang, dan arus kas.

Download for Android

6. Sribuu

Sribuu adalah aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu unduh di perangkat seluler Android dan iOS. Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa dengan fitur pencatatan keuangan yang super lengkap dan tampilan yang simpel untuk dioperasikan.

Dengan Sribuu, kamu bisa membuat anggaran bulanan untuk ditautkan ke rekening bank untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan secara otomatis.

Setelah catatan keuangan kamu tercatat dengan rapi, Sribuu akan memberikan analisis terkait kondisi keuangan kamu yang kemudian bisa kamu konsultasikan secara langsung ke financial planner melalui fitur chat.

Download for Android
Download for iOS

7. Google Sheet

Kalau kamu sudah sering menggunakan Google untuk pencatatan atau kerja sehari-hari, cobalah menggunakan Google Sheet untuk pencatatan keuangan. Kamu bisa menggunakan template atau membuat template catatan keuangan sendiri.

Kemudian ada berbagai rumus yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung berapa pengeluaran kamu dan berapa pemasukan kamu selama sebulan.

Agar lebih menarik, Google juga menyediakan beragam grafik yang bisa dipilih untuk menggambarkan kondisi laporan keuangan kamu. Itulah enam aplikasi catatan keuangan gratis yang bisa kamu manfaatkan. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan bisa membantu kamu dalam mengelola keuangan lho!

Download for Android
Download for iOS

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar aplikasi catatan keuangan.

Aplikasi Buku Warung Apakah Aman?

Data yang kamu catat di aplikasi BukuWarung jauh lebih aman daripada pencatatan manual di buku. Karena semua catatan kamu disimpan di server kami di BukuWarung. Jadi, meskipun ponsel kamu hilang, kamu masih dapat memulihkan data kamu dengan masuk ke akun kamu.

Apakah Aplikasi Finansialku Berbayar?

Selama 30 hari pertama, aplikasi Finansialku gratis untuk digunakan. Setelah itu, pelanggan akan diberikan layanan premium seharga Rp350.000 per tahun.

Apa Itu Aplikasi Pengatur Keuangan?

Wallet adalah aplikasi gratis untuk menangani dana perusahaan di Android. Layanan aplikasi premium dengan fungsionalitas yang lebih banyak juga tersedia.

BACA JUGA:

Pengertian Industri Jasa Keuangan, Jenis dan Contohnya
Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli Terbaru
Pengertian Administrasi Keuangan, Tujuan dan Fungsinya

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi catatan keuangan yang bisa Teknozen gunakan untuk mengelola pengeluaran maupun pemasukan secara mudah dan efektif. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan finansial kamu agar tidak terjadi pemborosan dalam keuanganmu.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button