Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Teknatekno.com – Saat kita membeli perangkat Android baru, biasanya sudah berisi banyak sekali aplikasi. Beberapa dari aplikasi bawaan android ini memang sangat berguna, tetapi sisanya biasanya tidak berguna dan bahkan cenderung tidak mengganggu.

Masalahnya, cara menghapus aplikasi bawaan Android itu tidak semudah cara uninstall aplikasi Android biasa. Beberapa aplikasi bawaan ini biasanya sudah “terkunci” di sistem sehingga kita tidak bisa menghapusnya.

Hal ini tentu sangat merugikan karena hanya akan membuang-buang kapasitas memori saja, apalagi jika memori di Android kita cukup kecil dan terbatas.

Tak hanya itu, berbagai aplikasi bawaan ini juga kerap langsung aktif secara otomatis saat Android dihidupkan. Jika sudah begitu maka secara otomatis aplikasi ini akan memakan daya baterai juga meskipun tidak sedang kita gunakan.

Nah maka dari itu kali ini Teknatekno akan membahas beberapa cara menghapus aplikasi bawaan Android alias bloatware yang sangat mengganggu tersebut. Tips yang dibahas di sini bisa diaplikasikan pada perangkat Android yang sudah di root ataupun belum di root.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Cara pertama adalah cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root. Seperti apa prosedur ini? Simak langkah-langkah berikut:

1. Uninstall Aplikasi

Tak perlu repot melakukan rooting pada Android kamu, karena kini sudah banyak aplikasi bawaan yang bisa langsung diuninstall. Di sini Teknatekno akan mendemonstrasikan caranya dengan menggunakan ponsel Lenovo, berikut langkah-langkah untuk melakukan uninstall pada aplikasi bawaan tanpa root:

  • Masuk ke fitur “Pengaturan” lalu klik dan pilih opsi “Aplikasi”
  • Setelah itu, kamu bisa langsung memilih aplikasi bawaan yang akan di-uninstall. Perlu diketahui bahwa beberapa aplikasi pra-instal, seperti jam, pengelola kontak, dan layanan perangkat, tidak dapat dihapus.
  • Aplikasi yang ditandai dengan ikon “kotak” di sebelah kanan dapat dihapus. Nah, jika sudah menemukan simbolnya, tinggal klik / checklist.
  • Selanjutnya, kamu bisa langsung klik “Uninstall” pada aplikasi tersebut.

Cara yang satu ini bisa digunakan oleh perangkat Android mana pun. Meskipun memiliki merk HP Android yang bebeda, namun konsep untuk melakukan uninstall pada aplikasi bawaan masih tetap sama.

2. Melakukan Disable Pada Aplikasi

Sebenarnya cara terbaik untuk menghapus aplikasi bawaan Android adalah dengan melakukan rooting terlebih dahulu. Namun jika kamu tidak ingin mengambil risiko kerusakan dan lain-lain, maka kamu bisa menggunakan trik berikut ini.

Dengan cara ini kamu bisa men-disable atau menonaktifkan aplikasi bawaan tersebut. Cukup masuk ke Pengaturan dan klik Aplikasi. Kemudian geser menu Apps ke kanan hingga kamu melihat tab Semua kategori muncul. Kamu harus mengubah instruksi ini untuk setiap perangkat karena mungkin agak berbeda.

Di sana, carilah aplikasi bawaan yang ingin kamu hentikan aktivitasnya. Pilihlah aplikasi tersebut kemudian klik tombol “Disable”. kamu akan diberikan pesan peringatan untuk tidak men-disable aplikasi yang penting. Jika kamu sudah yakin, klik OK.

Perlu diingat, tidak semua aplikasi bawaan dapat kamu disable sesukanya. Karena terdapat beberapa aplikasi penting yang tidak boleh di-disable seperti aplikasi kontak, telepon, SMS, dan lainnya. Maka dari itu pastikan aplikasi yang kamu disable tersebut memang tidak dibutuhkan.

Setelah proses ini selesai, maka berbagai aplikasi bawaan tersebut tidak akan aktif lagi. Dengan begitu mereka tidak akan ikut menghabiskan daya baterai seperti sebelumnya. Namun aplikasi tersebut akan tetap tinggal di Android kamu sehingga kapasitas memori kamu tetap tidak akan bertambah.

Jika kamu ingin mengaktifkan kembali berbagai aplikasi bawaan tersebut, maka caranya juga mudah. Cukup ikuti langkah-langkah di atas kemudian klik tombol “Enable” untuk mengaktifkannya kembali. Berbagai aplikasi tersebut juga akan aktif kembali apabila kamu melakukan factory reset.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Setelah di Root

Cara selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi setelah di-root. Untuk diketahui, trik yang sudah dijelaskan tadi sangat berguna jika kamu hanya ingin menghemat penggunaan baterai saja.

Akan tetapi jika kamu ingin menyingkirkan aplikasi bawaan tersebut untuk menambah kapasitas memori, maka kamu harus melakukan rooting terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button