Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan Android

Teknatekno.com – Tidak semua orang tahu cara menghilangkan aplikasi bawaan di Android. Hal ini dikarenakan aplikasi bawaan tidak bisa dihapus secara langsung seperti yang diinstal sendiri. Misalnya, Google Chrome, YouTube Music, Google Drive, dan lainnya.

Banyak aplikasi bawaan yang tidak pernah digunakan, sehingga hanya membuat kapasitas penyimpanan penuh. Itu sebabnya beberapa pengguna ingin menyingkirkan aplikasi default ponsel mereka.

Sulitnya menghilangkan aplikasi bawaan membuat orang-orang mencari tahu bagaimana caranya. Teknatekno akan membagikan tutorial cara menghapus atau menghilangkan aplikasi bawaan Android tanpa root di bawah ini.

Cara Menghilangkan Aplikasi Bawaan di HP Android

Cara menghapus aplikasi bawaan bisa dilakukan dengan root. Namun, banyak orang yang tidak ingin melakukan rooting pada ponsel mereka, karena dapat mengubah sistem ponsel. Selain itu, rooting juga terkesan cukup rumit.

Jika kamu bermasalah dengan aplikasi bawaan karena memenuhi memori, maka kamu bisa menghapus atau menghilangkan aplikasi bawaan tanpa perlu root.

1. Menggunakan CCleaner

Cara menghapus aplikasi bawaan android yang pertama yaitu dengan menggunakan CCleaner. Perlu diketahui, menghapus beberapa aplikasi bawaan sistem Android bisa menyebabkan masalah pada ponsel, jadi kamu perlu mempertimbangkan cara ini.

Berikut cara menghilangkan aplikasi bawaan dengan aplikasi CCleaner:

  1. Unduh dan instal aplikasi CCleaner di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi CCleaner, kemudian pilih tab ‘Aplikasi’.
  3. Jika ingin menghapus aplikasi bawaan, pilih ‘Sistem’.
  4. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus, kemudian klik ‘Hapus Instalasi’.
  5. Abaikan peringatan yang muncul dengan klik ‘Continue’ jika kamu benar-benar ingin menghapus aplikasi bawaan ponsel.

2. Lewat Pengaturan

Kamu tidak perlu mengosongkan memori dengan menghapus aplikasi. Cara ini cocok bagi kamu yang tidak ingin mengambil risiko.

Kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang tidak berguna melalui pengaturan Android. Aplikasi tidak akan lagi berjalan di telepon dan menumpuk atau menghabiskan RAM jika Anda melakukan ini.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan aplikasi bawaan di ponsel Android. Sebenarnya, kamu bisa mengurangi penggunaan aplikasi yang tidak berguna melalui pengaturan.

I. Buka Menu Pengaturan

Buka pengaturan ponsel, lalu scroll ke bawah dan buka ‘Aplikasi’. Pilih ‘Pengelola Aplikasi’. Kamu akan melihat semua aplikasi yang terpasang di ponsel.

II. Nonaktifkan Aplikasi

Pilih ‘Nonaktifkan’. Hal ini juga dapat menghapus semua pembaruan yang ada di aplikasi, sehingga aplikasi ter-setting seperti awal saat pembelian baru.

III. Hapus Data dan Cache Aplikasi Bawaan

Selain itu, kamu juga bisa menghapus semua data dan cache pada aplikasi bawaan agar memori internalmu menjadi lebih bersih, caranya adalah buka aplikasi yang ingin dihapus datanya seperti cara di atas. Lalu, pilih ‘Penyimpanan Internal’ dan klik ‘Hapus Chache’ dan ‘Hapus Data’.

3. Lewat Google Play Store

Menghapus pembaruan yang terjadi di aplikasi bawaan bisa membantu untuk melonggarkan memori internal ponsel. Cara menghilangkan aplikasi bawaan android juga bisa dilakukan lewat Google Play Store:

  1. Buka Google Play Store, kemudian klik foto profil akun Google kamu.
  2. Klik ‘Kelola aplikasi & perangkat’.
  3. Lalu, pilih aplikasi yang ingin kamu hapus. Kemudian, buka aplikasi tersebut.
  4. Selanjutnya, klik tombol ‘Uninstall’. Meskipun tertulis uninstall, hal ini hanya menghapus pembaruan yang pernah dilakukan pada aplikasi.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa cara menghapus aplikasi bawaan Android agar memori internal kamu menjadi lebih longgar lagi. Silahkan kamu pilih cara yang paling mudah dan efektif untuk kamu. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button