Aplikasi Stop Motion Video Terbaik di Windows dan Mac

Teknatekno.com – Aplikasi stop motion video bisa menjadi salah satu teknik video yang bisa digunakan untuk membuat konten menarik. Saat ini pun ada berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk edit video stop motion.

Stop motion merupakan teknik animasi dengan menghidupkan objek statis. Kamu bisa menggunakan boneka kertas, tanah liat, hingga miniatur untuk membuat video stop motion.

Untuk membuat video ini kamu harus melakukan editing yang rapi. Aplikasi edit video yang mumpuni jelas sangat penting agar output video kamu sesuai dengan yang diinginkan.

Tenang saja, Teknatekno telah merangkum beberapa aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan untuk membuat video seperti ini. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Aplikasi Stop Motion Video untuk Windows dan Mac

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat stop motion video di Windows ataupun Mac:

1. FilmoraPro

FilmoraPro adalah aplikasi pengeditan video pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat video stop motion. FilmoraPro telah dikenal sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit berbagai bentuk video, termasuk stop motion. Stop motion bisa dibuat dengan berbagai macam alat.

Dilansir dari situs Filmora, ada opsi bernama keyframing, yang membantu animasi stop motion terlihat jauh lebih mulus. Kamu bisa menggunakan ini secara gratis jika kamu tidak keberatan video kamu diberi watermark oleh Filmora.

Sebagai alternatif, Filmora juga menawarkan paket langganan tahunan sebesar 89,99 dolar Amerika Serikat (setara Rp1,3 juta) dan 146,99 dolar AS untuk seumur hidup (sekitar Rp2,1 juta).

2. Kapwing

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk memodifikasi video slow motion adalah Kapwing. Kapwing menawarkan berbagai fitur yang membantu kamu mengubah ukuran video, menambahkan audio ke dalamnya, atau bahkan menambahkan subtitle dan teks ke video.

Sehingga, tidak heran jika kamu juga menggunakan aplikasi ini untuk membuat video slow motion. Kamu bsia mengatur kecepatan frame yang akan ditampilkan dan memilih kecepatan frame yang akan diambil dari video. Setelah selesai, kamu cukup mengklik tombol Create dan menunggu aplikasi menghasilkan video slow motion.

Video yang telah kamu edit bisa diunggah ke komputer kamu , dibagikan melalui media sosial, atau diunduh secara langsung. Saat ini kamu bisa menggunakan aplikasi Kapwing secara gratis dengan tambahan watermark pada hasil video kamu. Kamu juga bisa menghilangkan tanda air dengan berlangganan $ 20 setiap bulan.

3. Stop Motion Animator

Stop Motion Animator, menurut Filmora, adalah salah satu aplikasi edit video terbaik untuk membuat video slow motion. Aplikasi ini, tidak seperti Filmora dan Kapwing, bisa diakses menggunakan add-on Google Chrome. Video stop-motion bisa dibuat dengan kamera komputer kamu.

Aplikasi ini ini hanya menawarkan opsi dasar, seperti mengambil foto, menyesuaikan kecepatan pemutarannya, menghapusnya, atau merekam audio. Meski terkesan sederhana, aplikasi ini bisa menjadi alternatif yang gratis digunakan untuk membuat video slow motion sederhana.

4. Stop Motion Studio

Di antara sekian banyak aplikasi edit video, Stop Motion Studio bisa diklaim memiliki fitur paling lengkap dibandingkan berbagai aplikasi lainnya. Kamu tidak bisa begitu saja mengakses aplikasi ini melalui Windows atau Mac. kamu bisa menggunakan aplikasi ini di perangkat iPhone, iPad, atau Android kamu.

Untuk membuat video slow motion, kamu memerlukan Stop Motion Studio. Mulai dari mengambil gambar yang bagus hingga membuat green screen. Kamu bisa mengakses uji coba aplikasi ini secara gratis.

Untuk mengakses seluruh fiturnya melalui gadget Android atau iOS, kamu akan dikenakan biaya sebesar 4,99 dolar AS (atau Rp72 ribu). Sementara itu, kamu akan dikenakan biaya 9,99 dolar AS, sekitar Rp144 ribu, untuk mengakses aplikasi ini melalui Windows dan Mac.

5. Eclipse – Stop Motion Pro

Stop Motion Pro’s Eclipse adalah pilihan terakhir kami untuk pengeditan video slow motion. Aplikasi ini menampilkan berbagai alat perangkat lunak untuk menghasilkan semua jenis film animasi, dan sangat mudah untuk terhubung ke webcam atau kamera digital.

Tidak hanya dapat membuat dan mengedit video, tetapi, saat kamu menghubungkannya ke kamera, kamu dapat mengontrol sudut, zoom, dan banyak lagi.

Aplikasi ini bahkan memiliki kemampuan sinkronisasi bibir dan editor multi-track, yang memudahkan untuk menambahkan musik dan suara. Untuk mengakses aplikasi ini, kamu akan dikenakan biaya berlangganan sebesar 18 dollar AS setiap bulannya (atau setara dengan Rp 260.000). (atau setara dengan Rp 260.000).

Kesimpulan

Nah itulah 5 aplikasi rekomendasi Teknatekno yang bisa kamu gunakan untuk membuat video stop motion. Siapa tahu, setelah kamu menguasai salah satu dari aplikasi ini, kamu bisa mengembangkan profesi kamu sebagai animator stop motion lho.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button