Aplikasi Stop Motion Terbaik untuk iPhone

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan kamu rekomendasi beberapa aplikasi stop motion terbaik yang bisa kamu gunakan di smartphone iPhone kamu.

Di zaman sekarang ini, video adalah salah satu hal yang lazim di mata semua orang, baik itu video amatir atau video profesional. Sebuah video dapat dibuat oleh siapa saja, tetapi proses editing diperlukan agar video menjadi lebih menarik dan menghibur.

Ada individu yang hanya bisa meng-clip dan menyisipkan video dan lagu, dan ada juga yang memainkan efek agar terlihat profesional dalam pengeditannya. Salah satu teknik paling unik dalam video editing adalah Stop Motion.

Stop Motion adalah sebuah teknik membuat film secara animasi di mana sebuah objek dimanipulasikan secara sedikit-sedikit per frame untuk kemudian digabungkan dan dijalankan secara sangat cepat sehingga seolah-olah mereka pun bergerak secara nyata.

Biasanya teknik Stop Motion terbaik ini digunakan untuk menganimasikan boneka yang bisa bergerak, action figure yang bisa diposekan, atau pun menggunakan figure tanah liat.

Aplikasi Pembuat Stop Motion Terbaik di iPhone

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba membuat video stop motion terbaik karya kamu, kamu bisa mencobanya dengan aplikasi-aplikasi berikut ini:

1. Stop Motion Builder

Bagi kamu yang menginginkan kemudahan dalam membuat sebuah video atau pun film stop-motion, aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang sangat disarankan. Stop Motion Builder memungkinkan kamu untuk menangkap dan mengedit video mereka bingkai demi bingkai.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang luar biasa. Kamu bisa memasukkan suara ke dalam video, menambahkan filter, efek, kredit, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu, fitur penting lainnya yang disediakan dalam aplikasi ini adalah tombol share. Setelah video diedit dengan sempurna, kamu akan bisa dengan cepat mempostingnya ke akun media sosial mereka.

2. I Can Animate

Ada dua versi I Can Animate. Yang pertama adalah versi lite, dan yang kedua adalah versi full. Pada edisi lite ini, kamu bisa mengunduhnya secara gratis. Meski begitu, kamu tetap bisa membuat animasi yang bagus. Fitur-fitur yang tersedia juga cukup membantu, karena tidak terlalu dibatasi.

Menghapus, menggandakan, dan meninjau hanya beberapa contoh. Selain itu, kamu bisa mengubah fokus, white balance, eksposur, dan kecepatan, serta membuat video selang waktu.

Untuk versi full-nya sendiri, sebenarnya tidak banyak yang berbeda yang ditawarkan di dalamnya. Untuk fitur, juga hampir sama dengan yang ada di versi gratis. Hanya saja, yang membedakannya adalah kamu bisa menambahkan speed hingga lebih dari 12fps.

Yang paling penting lagi di versi full ini sendiri adalah hilangnya watermark di dalam video. Tidak ada batasan di dalam versi full ini untuk semua fiturnya. Dengan harga di bawah 3 dollar US, aplikasi ini cukup layak untuk dimiliki bagi kamu yang ingin mendapatkan video yang bagus.

3. Zing StikBot Studio

Aplikasi ini sebenarnya dibuat khusus untuk membuat film StikBots. Beberapa tokoh mainan dalam aplikasi ini bisa diletakkan di mana saja di dalam video.

Salah satu hal yang menguntungkan, aplikasi ini benar-benar datang secara gratis dan tanpa embel-embel tambahan lainnya. Kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya dengan nyaman.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini yaitu, kamu bisa mengontrol pengambilan gambar dengan menggunakan tombol volume pada smartphone masing-masing, atau dengan memanfaatkan headphone.

Selain itu, ada efek suara yang bisa ditambahkan ke dalam mainan, atau kamu juga bisa menambahkan suara kamu sendiri di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan ‘layar hijau’ secara gratis.

4. iMotion

Aplikasi ini bisa dibilang sebagai aplikasi “rare” atau langka di platform mobile. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk perangkat iOS. Mengapa aplikasi ini bisa dibilang langka? Pasalnya, aplikasi yang sangat fantastik ini ternyata hadir secara cuma-cuma alias gratis!

Aplikasi ini cukup tidak terduga bagi kamu smartphone karena memiliki begitu banyak fitur unik yang dihadirkan di dalamnya. Tidak semua aplikasi gratis bisa memberikan hal ini. Seperti contohnya saja, kamu bisa membuat sebuah video stop-motion dan time-lapse video di ukuran 720p bahkan 1080p!

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa melakukan kontrol videonya dari jam tangan pintar besutan Apple. Tentu saja, ini akan membuat video menjadi lebih baik, dan kejadian tidak disengaja seperti mengganti sesuatu di ponsel tidaklah akan terjadi.

Yang terpenting lagi, semuanya datang dengan tampilan Retina, yang mana telah kita ketahui bahwa ini terlihat lebih stylish dan minimalistik.

Aplikasi ini bisa digunakan di semua perangkat berbasis iOS, seperti iPhone, iPod Touch, dan iPad, dengan benar dan tersinkronisasi satu sama lain.

Ada beberapa fitur tambahan dalam mengambil gambar seperti fokus, onion skin, eksposure, white balance, reverse playback, dan masih banyak lagi lainnya. Secara keseluruhan, aplikasi ini cukup memukau. Bagi kamu yang ingin mencobanya bisa langsung instalasi karena ini gratis!

5. Frameografer

Sama seperti iMotion, Frameographer adalah aplikasi yang khusus hadir untuk smartphone yang menjalankan sistem operasi iOS. Meskipun ini tidak gratis, jika dibandingkan dengan aplikasi profesional, aplikasi ini sangat murah dan memiliki fitur yang cukup luar biasa.

Tampilan yang ditawarkan dalam aplikasi ini cukup jernih dan bagus. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, kamu memerlukan perangkat iOS yang menjalankan versi 8.0 atau lebih tinggi. iPod juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Meski begitu, sebenarnya ada beberapa kekurangan dalam aplikasi ini, dimana tidak semua fitur yang ada memiliki kekuatan yang sama. Namun, fitur ekstensif aplikasi ini sangat berharga dan mungkin dibutuhkan oleh kamu. Fitur terkuatnya sendiri, tentu saja, adalah stop-motion.

Dalam aplikasi ini, kamu bisa membuat stop motion dan time lapse dalam ukuran HD. Fitur yang diberikan hampir sama dengan yang lainnya, yaitu dapat mengubah fokus, eksposure, dan juga ada tambahan onion-skining. Kamu bisa menambahkan musik yang diambil dari iTunes.

6. Lapse It • Time Lapse • Pro

Lebih tepatnya, ini adalah aplikasi untuk membuat time lapse video. Namun, time lapse dan stop-motion adalah dua hal yang tidak jauh berbeda. Editor video dapat menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan daya tarik visual dari pekerjaan mereka.

Dalam aplikasi ini, kamu yang ingin menghasilkan video dalam waktu singkat, maka bisa memanfaatkan aplikasi ini. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat barang yang tidak bergerak menjadi seperti bergerak.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, stop-motion dan time lapse sebenarnya memiliki dua teknologi yang sama, yaitu membuat frame demi frame di dalam satu jarak waktu tertentu untuk satu video.

Bagi kamu yang menginginkan aplikasi dengan kelas profesional, Lapse It bisa menjadi salah satu aplikasi yang dipertimbangkan. Dengan harga yang ditawarkan, aplikasi ini memberikan banyak fitur untuk sebuah time-lapse dengan kualitas yang bagus.

Fitur-fitur bagus itu sendiri seperti kamu diijinkan untuk meng-import video yang sudah ada di galeri kamu, mengganti fokus, exposure, ISO, white balance, menambahkan soundtrack, memperbesar, 50 macam filters, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan harga yang dibayar, aplikasi ini begitu layak untuk dibeli.

7. iStopMotion

Aplikasi ini sendiri hanya datang secara khusus untuk perangkat iPad, yang mana memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan iPhone, utamanya terkait layar.

Jika berbicara mengenai industri kreatif khususnya video, tentu saja, ini tak lepas dari perangkat-perangkat lunak profesional yang diciptakan untuk perangkat PC.

Namun, pengembang iStopMotion ini tampaknya ingin benar-benar menghadirkan sebuah aplikasi profesional ke sebuah perangkat yang bisa dibawa ke mana saja seperti iPad. Harga dari aplikasi ini sendiri terbilang cukup mahal, yaitu hampir $10.

Tapi, untuk sebuah aplikasi dengan kualitas profesional, apalagi jika memang akan digunakan secara terus-menerus, maka harga yang dibayar ini tentu saja akan membayar semuanya dengan baik.

Sebagai aplikasi yang hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa, aplikasi ini sama sekali tidak semudah yang disebutkan sebelumnya. Aplikasi ini pasti akan lebih sulit untuk dipahami saat pertama kali kamu unduh.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Karena, setelah mencobanya terlebih dahulu, kamu bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan aplikasi ini. Fitur-fitur yang disediakan dalam aplikasi ini sama dengan yang tercantum di atas, seperti memodifikasi eksposur, white balance, dan masih banyak lagi.

8. PicPac

PicPac adalah aplikasi khusus Android yang bisa digunakan baik untuk membuat stop-motion mau pun time-lapse video. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini, yakni adanya dua cara yang berbeda untuk membuat video-video tadi.

Jadi, kamu bisa mengunggah sebuah gambar dan video dari galerinya sendiri dan digabungkan di dalam aplikasi ini secara sekaligus. Walau pun terjadi penggabungan video, kualitas gambar dan video yang ada ternyata tidak akan rusak atau turun kualitasnya dan akan tetap menjadi video yang bagus.

Yang paling penting dari aplikasi ini, yaitu tidak adanya batasan dalam penggunaan. Semuanya benar-benar bisa kamu gunakan secara gratis.

Setelah memilih beberapa gambar untuk dimasukkan, kamu bisa melakukan preview untuk video yang kamu kerjakan. Di dalam video ini, kamu bisa memilih untuk menambahkan judul, tulisan, dan speed dari video yang ingin di-edit.

Selain itu, kamu pun bisa memasukkan suara dan juga suara rekaman untuk mengisi narasi. Di dalam aplikasi ini, juga disediakan sangat banyak musik untuk dimasukkan ke video.

Walau pun begitu, jika kamu tidak menginginkan musik yang ada di dalam aplikasi, kamu tetap bisa memasukkan musik dari galeri ponsel kamu sendiri.

Ada satu fitur fantastis yang disediakan dalam aplikasi ini, yaitu fitur memanipulasi suara tanpa menyentuh layar ponsel. Jadi, kamu bisa menghasilkan suara yang keras tanpa harus menyentuh ponsel meskipun ponsel tidak dalam genggaman.

Kamu bisa menggunakan perintah suara untuk tidak hanya mengubah suara, tetapi juga untuk mengambil gambar. Hanya saja, kekurangan dari aplikasi ini, bagi kamu yang menggunakan dengan versi gratis, maka ada sangat banyak limit yang diberikan.

Termasuk yang cukup kurang menyenangkan adalah batasan video yang hanya 360p saja, dan tentu saja, ada watermark.

Tapi, setidaknya ini adalah aplikasi stop motion terbaik dan gratis yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Jika kamu memang ingin mendapatkannya secara penuh, maka kamu bisa meng-upgrade ke versi berbayar.

9. Clayframes – Stop Motion

Clayframes adalah aplikasi stop motion terbaik yang bisa digunakan untuk menghasilkan video stop-motion. Aplikasi ini memang memiliki tampilan yang terbilang cukup ‘old school.’

Hal ini wajar, sebab aplikasi ini memang tidak mendapatkan update lagi sejak bulan November 2016 yang lalu oleh pengembangnya. Akan tetapi, aplikasi tersebut hingga sekarang ini masih berjalan dengan baik di perangkat Android.

Sebagai aplikasi premium, fitur yang disediakan tentu saja cukup mumpuni untuk mengedit sebuah video. Beberapa fungsi yang tersedia, seperti onion-skinning, HD, menambahkan suara, menambah foto, membuat sketsa pada gambar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya kontrol eksposur dan white balance. Ini tentu sedikit mengecewakan bagi kamu yang membutuhkan tools ini. Apalagi ini adalah aplikasi berbayar.

10. Stop Motion Studio

Aplikasi stop-motion yang cukup populer di kalangan pengguna Android dan iOS adalah Stop Motion Studio. Bahkan, pencarian di Google Play Store dengan kata kunci stop-motion pun menempatkan aplikasi ini di urutan pertama.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki ulasan yang cukup baik dari para penggunanya. Secara garis besar, aplikasi ini mengijinkan penggunanya untuk membuat animasi stop-motion yang cukup bagus.

Ada sangat banyak fitur yang berguna ditawarkan di dalam aplikasi stop motion terbaik ini. Beberapa fitur tersebut di antaranya seperti memotong, menghapus, menduplikat, menempel, overlay, grid, frame-in-frame, dan masih banyak lagi lainnya.

Stop Motion Studio sendiri juga memiliki fitur-fitur profesional seperti full HD, green light, mengambil gambar dengan remote, tema, judul, dan masih banyak lagi lainnya. Hanya saja, bagi kamu yang menginginkan fitur ini harus meng-upgrade aplikasi kamu terlebih dahulu.

Sebab, untuk yang versi gratis, kamu hanya bisa mendapatkan fitur-fitur dasarnya saja. Secara keseluruhan, aplikasi ini memang simpel untuk digunakan, namun tetap memberikan fitur yang cukup mumpuni.

Aplikasi yang satu ini memang terkesan basic, namun menyertakan fungsi profesional yang bisa diakses langsung dan gratis (walau ada juga yang harus upgrade ke versi premium). Oleh karena itu, Stop Motion Studio cocok digunakan baik oleh para pemula maupun para profesional secara bersamaan.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa aplikasi pembuat stop motion terbaik di iPhone yang bisa Teknatekno sampaikan kepada Teknozen semua. Apabila kamu sudah mulai tertarik untuk mencoba membuat stop motion video, kamu tinggal pilih saja salah satu dari aplikasi-aplikasi di atas. Semoga video kamu sukses dilihat banyak orang, ya! Selamat berkreasi!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button