Aplikasi untuk Membuat Video Animasi di Laptop dan Android

Teknatekno.com – Menemukan aplikasi untuk membuat video animasi yang mudah digunakan dan memberikan hasil yang baik kadang cukup sulit. Karena Teknozen akan menemukan banyak jenis aplikasi di pasar tapi kamu tidak tahu apakah aplikasi tersebut cocok untuk kamu atau tidak.

Melalui informasi ini, Teknatekno akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi yang bisa kamu gunakan di laptop maupun ponsel Android.

Aplikasi yang akan Teknatekno berikan di bawah ini memungkinkan kamu untuk membuat beragam jenis video animasi sesuai kebutuhan kamu. Tidak hanya untuk mereka yang sudah ahli, aplikasi-aplikasi berikut sangat bisa digunakan untuk kamu yang masih pemula atau masih di tahap belajar membuat video animasi.

Meskipun diberikan secara gratis, aplikasi untuk membuat video animasi di bawah ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk membuat pekerjaan kamu semakin mudah. Berikut daftar lengkapnya.

5 Aplikasi untuk Membuat Video Animasi di Laptop

Berikut adalah 5 aplikasi untuk membuat video animasi di laptop kamu:

1. Aurora 3D Maker

Dengan aplikasi bernama Aurora 3D Maker, kamu bisa dengan mudah menambahkan animasi ke video apa pun yang kamu miliki saat ini. Untuk membumbui video kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memasukkan banyak objek tiga dimensi.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat film animasi maupun presentasi dengan efek animasi tiga dimensi. Namun, kamu bisa menggunakan aplikasi ini sebagai langkah pertama dalam mempelajari cara membuat video animasi, meskipun tidak disarankan untuk para profesional.

2. Aplikasi Blender

Untuk membuat film animasi di laptop, kamu harus menggunakan Blender. Jika kamu memiliki laptop dengan salah satu sistem operasi yang didukung (Windows, MacOS, atau Linux), kamu bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi sumber terbuka ini secara gratis.

Meskipun aplikasi ini sangat ramah pengguna untuk pemula, Blender juga merupakan aplikasi yang biasa digunakan oleh para profesional untuk menghasilkan film animasi berkualitas tinggi. Blender bisa digunakan untuk membuat animasi, model 3D, game, pelacakan gerak, dan banyak hal lainnya.

3. Synfig Studio

Synfig Studio adalah satu lagi dalam daftar aplikasi gratis untuk digunakan saat membuat film animasi di laptop. Bedanya dengan aplikasi sebelumnya, kamu bisa menggunakan Synfig Studio untuk mengembangkan aplikasi dua dimensi dan sangat ideal bagi kamu yang masih dalam tahap belajar menghasilkan film animasi.

Antarmuka aplikasi ini sendiri terbagi menjadi empat, yaitu untuk alat, parameter, pengeditan, dan jendela navigasi yang akan sangat memudahkan kamu untuk menghasilkan film animasi.

Selain itu, ada berbagai bahan referensi dan pelajaran video yang tersedia dalam sejumlah bahasa untuk membantu kamu dalam proses belajar kamu.

4. Pivot Animator

Pivot Animator adalah aplikasi untuk menghasilkan film animasi yang cukup basic untuk pemula, dimana gambar animasi yang kamu buat dalam aplikasi tersebut adalah seorang stickman. Tidak ada aplikasi mengapa kamu tidak bisa membuat film animasi yang menghibur meskipun yang kamu miliki hanyalah seorang stickman.

Aplikasi ini pada dasarnya adalah wadah bagi kamu untuk melatih bakat kamu sehingga kamu bisa menghasilkan film animasi yang lebih baik. kamu bisa mempelajari cara menghasilkan gerakan animasi yang jauh lebih halus dan bisa kamu manfaatkan saat mempelajari dunia profesional nanti.

5. Pencil2D Animation

Pencil2D Animation adalah aplikasi terakhir yang kami sarankan untuk menganimasikan film di laptop. Hampir identik dengan Synfig Studio, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memproduksi film animasi dua dimensi dasar.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat cocok untuk kamu yang senang membuat komik dan ingin mengubah komik tersebut menjadi visual animasi. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux dan kamu bisa memperolehnya secara gratis.

5 Aplikasi Untuk Membuat Video Animasi di Android

Jika kamu tidak memiliki laptop, kamu tetap bisa belajar memproduksi film animasi menggunakan perangkat Android apa pun yang kamu miliki.

Berikut adalah beberapa aplikasi Android untuk membuat video animasi yang bisa kamu unduh dan gunakan di smartphone atau perangkat seluler lainnya. Mirip dengan aplikasi laptop, kamu bebas mengunduh daftar aplikasi ini.

1. Aplikasi FlipaClip

Aplikasi pertama untuk membuat film animasi di smartphone Android adalah aplikasi bernama FlipaClip. Meski didesain untuk Android, tidak bisa disangkal kualitas tinggi dari aplikasi tunggal ini.

Antarmuka pengguna FlipaClip sangat mudah, termasuk area untuk menggambar, storyboard, dan gambar animasi lainnya. Kamu kemudian bisa mengekspor animasi yang telah kamu buat ke dalam format MP4 atau GIF dan kemudian kamu bisa membagikannya di jaringan seperti TikTok, YouTube, Instagram, dan lainnya.

2. Pixel Animation Studio MP4 GIF

Berikutnya adalah Pixel Animation Studio MP4 GIF yang juga merupakan salah satu aplikasi untuk menghasilkan video animasi di Android yang cukup direkomendasikan. Aplikasi ini mempermudah pembuatan film animasi berbasis piksel.

Kamu hanya menempatkan setiap piksel bersama-sama sampai akhirnya membuat gambar yang kamu inginkan. Nah, kemampuan yang disediakan dalam aplikasi ini nantinya akan membantu kamu dalam mengubah foto menjadi sebuah animasi.

3. Draw Cartoons 2

Jika kamu tidak ingin repot membuat sketsa karakter animasi, kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menghasilkan video animasi ini. Aplikasi bernama Draw Cartoons 2 ini menyertakan pilihan template karakter dan memungkinkan kamu membuat film animasi berdasarkan karakter yang ada.

Setelah itu, kamu bebas menyesuaikan gerakan karakter di setiap frame. kamu juga bisa menambahkan suara dan musik yang melengkapi video animasi kamu agar lebih menghibur.

4. Veemee Avatan Creator

Jika kamu ingin membuat film animasi di aplikasi atau tablet Android berikutnya, lihat Veemee Avatan Creator. kamu bisa menggunakan aplikasi ini jika kamu ingin membuat animasi tiga dimensi atau 3D.

Kamu memiliki kontrol kreatif penuh atas pembuatan karakter dan lingkungan yang muncul di animasi pendek kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah foto-foto yang ada di smartphone kamu untuk dimasukkan ke dalam video.

5. Stick Nodes

Terakhir, ada aplikasi untuk menghasilkan film animasi di smartphone Android bernama Stick Nodes. Mirip dengan Pivot Animator, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk memainkan tokoh stickman animasi di smartphone Android kamu.

Kemampuan yang ditampilkan dalam aplikasi ini juga cukup lengkap sehingga kamu bisa membuat film animasi stickman yang menarik dan menarik. Setelah kamu selesai memproduksinya, kamu bisa mengekspor video ke dalam format GIF.

Kesimpulan

Demikian informasi yang bisa Teknatekno sampaikan tentang rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi di laptop dan Android.

Kapasitas dan kualitas setiap aplikasi tentunya berbeda-beda, jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa kebutuhan kamu sebelum menentukan aplikasi apa yang akan kamu pakai.

Pertimbangkan juga apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat kamu atau tidak agar proses pembuatan video kamu bisa berjalan dengan lancar.

Pencarian Populer

Software Untuk Membuat Animasi - Download Software Pembuat Animasi Bergerak 3d - Cara Membuat Video Pembelajaran Animasi Di Hp - Cara Membuat Video Animasi 3d - Cara Buat Video Animasi Di Hp - Aplikasi Untuk Membuat Animasi Di Laptop- Aplikasi Pembuat Anime - Aplikasi Pembuat Animasi Di Android - Aplikasi Pembuat Animasi 2d - Aplikasi Membuat Video Animasi Pembelajaran -

Related Articles

Back to top button