Aplikasi Canva: Manfaat serta Fitur-Fitur Menariknya

Teknatekno.com – Tidak mempunyai kemampuan desain atau tidak bisa mengoperasikan software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator atau Corel Draw Tenang, sekarang kamu bisa edit foto online, edit gambar online, buat logo online secara gratis. Bahkan tidak hanya dengan website kamu bisa edit foto di handphone hingga membuat logo dengan cara mendownload aplikasi Canva.

Canva adalah platform desain online gratis yang tidak hanya tersedia versi website yang bisa kamu kunjungi di www.canva.com, tapi bisa juga kamu download di smartphone. Cara menggunakan Canva pun juga sangat mudah!

Apa itu Aplikasi Canva?

Aplikasi Canva adalah alat desain visual yang diisi dengan fitur dan kemampuan yang mudah digunakan untuk pemula. Dengan Aplikasi Canva, kamu bisa mendesain poster, makalah, logo, spanduk, dokumen, slide presentasi, dan materi visual lainnya untuk media sosial.

Canva dapat digunakan secara gratis namun juga menawarkan layanan berbayar seperti Canva Pro dan Canva for Enterprise yang tentunya memiliki fitur tambahan.

Namun layanan gratis di Canva pun sudah banyak memberikan fitur-fitur yang ciamik, beragam template, icon font hingga foto pendukung yang bisa digunakan gratis.

Memulai perusahaan online baru mungkin sulit, tetapi alat desain gratis Canva membuatnya lebih mudah dengan menerapkan keseragaman di semua konten dan desain produk.

Terlebih dengan hadirnya Canva pada website, Canva for Windows dan Mac, Aplikasi Canva yang bisa didownload di handphone IOS dan Android. Dengan Canva kamu bahkan bisa edit foto di handphone, buat logo di handphone, sangat praktis.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Canva

Canva sebagai platform desain online gratis yang memberikan banyak keuntungan. Oleh karena itu tidak mengherankan jika Canva sering dipilih, terutama untuk pemula desain dan bisnis online kecil untuk mempercantik atau meningkatkan tampilan toko online mereka. Berikut manfaat menggunakan Canva:

1. Efisien dalam Pengerjaan Desain

Cara menggunakan Canva sangat mudah dibanding software desain lainnya. Hanya dengan drag-and-drop. Kamu bisa memilih foto yang kamu sukai atau yang telah diupload, font pilihan, elemen seperti bentuk-bentuk bintang, garis lalu setelah itu ditarik dan diletakkan di halaman desain. Kamu pun masih bisa menyesuaikan dengan selera kamu semisal mengganti warna dan jenis font.

2. Tersedia 50.000+ Template Gratis di Aplikasi Canva

Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang menyukai Canva sebagai alat desain. Canva menyediakan banyak template yang bisa kamu telusuri untuk mendapatkan inspirasi atau mengambil dan menyesuaikan sesuai dengan preferensi desain kamu.

Dengan template yang disediakan Canva kamu bisa membuat beragam desain poster, flyer, brosur, banner, kartu nama, undangan, tiket, buku menu, infografik, logo, postingan sosial media, newsletter email marketing hingga latar belakang Zoom Meeting dan tentunya masih banyak lagi.

3. Jutaan Foto Gratis Siap Pakai di Aplikasi Canva

Tidak hanya template, Canva juga memberikan jutaan foto gratis yang siap digunakan dalam desain kamu. Foto yang bisa diakses di Canva, misalnya, bisa digunakan untuk membuat poster lowongan pekerjaan yang menampilkan gambar jurnalis, karyawan bank, dan pramugari jika gambar originalnya tidak tersedia.

4. Ratusan Font Tersedia untuk di Kombinasikan

Dalam sebuah poster, brosur hingga undangan harus ada tulisan untuk menawarkan informasi. Nah, Canva menampilkan ratusan font menakjubkan yang bisa kamu sesuaikan dengan rencana desain kamu.

Agar undangan atau postermu tidak polos dengan memanfaatkan font basic! Kamu bisa bereksplorasi dan mencoba kombinasi antara font tegak dengan bersambung, misalnya.

5. Banyak Pilihan Ikon, Bentuk dan Elemen

Keuntungan lain menggunakan Canva adalah khusus bagi kamu yang memiliki bisnis online, cara membuat logo sangat mudah menggunakan Canva. Logo sering terdiri dari gambar/bentuk/elemen dan dilengkapi dengan kata-kata, biasanya nama atau slogan.

Nah, dengan Canva, sangat mudah untuk mendapatkan ikon untuk logo. Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis online yang menjual tas, kamu bisa memilih simbol tas dan menggunakannya dalam desain logo kamu.

Begitupun dengan pembuatan infografis yang mungkin perlu penambahan elemen/bentuk selain tulisan dan foto.

Fitur di Aplikasi Canva

Sebelumnya kita sudah membahas manfaat yang akan diperoleh jika menggunakan Canva. Nah, kira-kira di Canva kita bisa membuat apa saja dan fitur apa yang tersedia di Canva?

  • Desain Bersama Tim

Untuk proses desain yang lebih cepat, kamu tidak perlu tunggu-tungguan lagi dengan tim kreatif yang lain. Kesemuanya dapat mengerjakan seksama desain dengan fitur ‘Team’. Caranya, kamu tinggal udang tim kreatif yang lain ke projek desain yang sedang dikerjakan.

  • Edit Foto

Selain menawarkan banyak foto gratis siap pakai, kamu juga bisa mengedit foto pilihan kamu menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan pada desain.

  • Crop Foto

Dengan fitur cropping, kamu bisa memangkas foto dan berfokus pada objek yang kamu ingin tampilkan dalam desain. Crop foto juga berguna untuk menyesuaikan pada ukuran halaman desain.

  • Grid Foto

Jika kamu ingin mempunyai tampilan feed Instagram yang keren, mungkin fitur grid di aplikasi canva bisa menjadi pilihannya.

  • Menambahkan Filter

Kamu ingin memberikan nuansa ada foto yang kamu pilih, lebih terang atau lebih gelap, vignette atau mengubahnya ke hitam-putih? Semua bisa kamu lakukan dengan fitur filter di Canva. Foto yang kamu tampilkan dalam desain akan semakin cantik jika ditambahkan dengan filter.

  • Menambahkan Texture

Tekstur dalam desain bisa membantu mengoptimalkan desain dan memberikan kesan menarik, jika dirasa filter belum cukup. Kamu bisa menambahkan tekstur kertas untuk, tekstur kain untuk terlihat halus dan lembut.

  • Membuat Efek Blur

Selain efek dan tekstur, kamu juga bisa menciptakan kesan blur pada foto. Efek blur di sekitar item bisa memberikan perhatian pada objek yang ditargetkan untuk membuatnya lebih menonjol.

  • Mengatur Transparansi Foto

Kamu juga bisa edit foto kamu menjadi berkurang transparansinya jika ingin membuat desain yang soft serta dreamy. Caranya dengan mengklik elemen atau foto lalu klik tombol panah kebawah untuk memunculkan slider transparansi. Kamu bisa geser untuk menyesuaikannya.

  • Menambahkan Teks ke Foto

Canva bisa menambahkan teks ke desain serta foto jika latar belakang desain adalah foto. Selain itu terdapat banyak pula inspirasi kombinasi font atau template yang bisa kamu drag-and-drop ke dalam desain!

  • Speech Bubble di Aplikasi Canva

Jika tema desain kamu seperti komik, maka fitur speech bubble sangat dibutuhkan. Kamu tinggal pilih speech bubble dengan gaya dan warna yang kamu inginkan, ganti teks yang berada di dalamnya dan letakkan dimanapun yang kamu mau pada desain.

  • Teks Melengkung

Bosan menulis dengan garis lurus dan terkesan flat? Kamu bisa berkreasi dengan melengkungkan teks menggunakan fitur ‘Curved Text’. Kamu bisa membuatnya melengkung ke atas, ke bawah atau bahkan melingkar.

  • Menambahkan Bingkai di Aplikasi Canva

Kamu bisa menambahkan bingkai ke gambar kamu sehingga batas desain atau foto tidak tampak datar. Ada banyak sekali bingkai menarik yang tersedia di Canva.

  • Menambahkan Ikon dan Stiker

Selain foto dan teks, kamu bisa menyertakan simbol seperti Facebook dan Instagram, serta gambar tas, pesawat, dan elemen desain umum lainnya, untuk memberikan kehidupan dan dukungan pada desain kamu. Selain simbol, kamu juga bisa menambahkan stiker, seperti stiker diskon, emoticon tertawa dan lain-lain.

  • Membuat Semua Elemen dalam Desain Sejajar

Dalam desain tentu kamu mau semua elemen baik itu foto, tulisan hingga ikon terlihat rata sejajar proporsinya. Untungnya Canva mempunyai fitur di mana bisa menyesuaikan tata letak elemen sesuai margin yang pas dan sesuai.

Canva akan menampilkan sebuah ruler atau garisan agar kesemua elemen bisa sejajar dalam garis lurus. Fitur ini tentunya mempermudah cara menggunakan canva bagi pemula.

Kesimpulan

Itulah tadi sedikit pembahasan dari Teknatekno mengenai aplikasi Canva. Setelah Teknozen mengetahui manfaat serta fitur-fitur yang ada didalamnya, sekarang udah nggak ragu lagi kan untuk menggunakan Canva? Karena dengan aplikasi ini kamu bisa bebas bereksplorasi untuk membuat desain yang kamu inginkan.

Related Articles

Back to top button