Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Logo

Teknatekno.com – Apa saja sih yang harus diperhatikan oleh perusahaan atau pemilik bisnis sebelum mendesain sebuah logo? Simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini yuk!

Logo perusahaan memiliki peran penting dalam prospek bisnis di pasaran. Kalangan pengusaha pasti paham betapa logo perusahaan sangat mempengaruhi prospek bisnis di pasaran.

Logo perusahaan yang dirancang dengan tepat akan mampu memberikan citra positif di mata masyarakat dan bisa mengekspresikan tujuan yang ingin dicapai perusahaan secara efisien.

Otomotasi, peluang bisnis yang menguntungkan akan muncul dengan sendirinya. Oleh karena itu, proses pembuatan logo perusahaan tidak bisa asal-asalan.

Jika logo perusahaan dibuat secara salah, tentu yang terjadi adalah hal sebaliknya. Dengan kata lain, logo perusahaan tidak lagi hanya berfungsi sebagai simbol identitas perusahaan beserta produk atau jasa yang ditawarkan saja, tetapi juga berfungsi menunjang strategi branding perusahaan.

Logo perusahaan yang sukses harus orisinal, relevan, dengan bentuk yang jelas dan sederhana, serta menyampaikan pesan pengusaha tentang bisnis yang dijalankan.

Terdengar mudah ya? Tapi banyak orang menganggap membuat logo perusahaan perkara sepele. Padahal faktanya butuh pemikiran, kreativitas dan keahlian serta banyak hal lainnya untuk membuat sebuah logo perusahaan yang efektif.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo

Bagi kamu yang sedang berencana membuat logo perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuatnya seperti:

1. Kenali Brand dengan Baik

Untuk membuat logo yang sukses, kamu harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang brand (merek) perusahaan kamu. Pahami visi dan misi brand kamu secara jelas serta karakter konsumen yang disasar agar dapat menentukan elemen logo seperti apa yang sesuai.

2. Mampu Menggambarkan Identitas Perusahaan

Segala elemen pada logo perusahaan harus mampu menggambarkan identitas perusahaan. Misalnya, jika produk bisnis kamu minuman kopi, kamu bisa menggunakan gambar biji kopi atau cangkir kopi sebagai logo perusahaan kamu.

3. Pilih Warna dan Font yang Tepat

Jangan asal pilih warna dalam membuat logo perusahaan. Pilih yang sesuai dengan identitas perusahaan kamu. Ingatlah bahwa setiap warna bisa memberi efek emosi yang berbeda kepada si pelihat. Warna merah misalnya identik dengan gairah, semangat dan agresivitas.

Begitu pula dengan memilih font, harus sesuai juga. Misalnya, jika produk kamu adalah mainan anak maka disarankan menggunakan handwritten font karena sasaran konsumennya adalah anak-anak. Mereka tentu lebih tertarik melihat logo dengan font mirip tulisan tangan asli.

4. Pilih Jenis Logo

Kamu bisa memilih menggunakan jenis logo gambar atau tulisan. Mana yang kira-kira paling sesuai untuk menggambarkan identitas perusahaan. Kamu juga bisa menggunakan kombinasi keduanya. Namun, tentu akan menghabiskan lebih banyak effort dan biaya untuk membuatnya.

5. Desain Menarik

Untuk membuat logo perusahaan kamu menarik dan mudah diingat, gunakan desain yang asli dan tidak mungkin ditiru. Gunakan juga konsep yang kekinian sehingga mampu bersaing di pasaran.

6. Harus Sederhana

Pastikan desain logo perusahaan dibuat dengan simpel. Biasanya logo yang simpel terdiri dari 1-2 warna, font, dan elemen lainnya. Jika terlalu banyak, dikhawatirkan logo malah terlihat terlalu rumit, membingungkan dan sulit diingat.

7. Desain Aplikatif

Buat desain logo perusahaan yang aplikatif di berbagai ukuran alat promosi. Artinya, tetap terlihat jelas dan menarik saat diaplikasikan di alat promosi berukuran besar seperti billboard maupun yang berukuran kecil seperti pulpen.

8. Harus Tetap Menarik Meski Tak Berwarna

Banyak desainer logo percaya bahwa menambahkan warna pada logo baru bisa meningkatkan daya tariknya. Faktanya, logo yang benar-benar efektif adalah logo yang tetap tampil menarik meski belum diwarnai.

Kamu harus mempertimbangkan kemungkinan bahwa logo perusahaan kamu akan digunakan dalam warna hitam-putih maupun berwarna. Misalnya pada dokumen atau surat kabar yang biasanya dicetak hitam putih. Jadi, pastikan desain logo perusahaan kamu juga menarik dalam versi hitam dan putih.

Rahasianya adalah buat sketsa awal desain logo perusahaan kamu menggunakan pensil. Jangan langsung beri warna. Kalau hasil sketsa pensil saja sudah menarik berarti kamu telah membuat logo yang efektif.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat logo. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi kamu yang sedang berencana membuat logo perusahaan.

Pencarian Populer

Web Untuk Membuat Logo - Membuat Logo Dengan Photoshop - Membuat Logo Animasi Online Gratis - Logo Buat Squad Ml - Cara Membuat Maskot - Cara Membuat Logo Online Shop - Cara Membuat Lambang - Cara Buat Logo Olshop Di Hp - Buat Logo Perusahaan - Buat Logo Gaming Sendiri-

Related Articles

Back to top button