8 Cara Menghemat Memori Internal di Smartphone

Teknatekno.com – Menghemat memori internal bisa menjadi ide bagus bagi para pengguna smartphone. Ini merupakan salah satu cara untuk menghemat ruang penyimpanan agar tidak cepat penuh. Memori penyimpanan file pada smartphone sendiri memang cepat habis seiring berjalannya waktu.

Padahal kapasitas bawaannya sudah lumayan besar untuk ukuran ponsel. Karena berbagai file dasar seperti aplikasi, foto dan video memiliki kapasitas yang sangat besar.

Ruang penyimpanan yang penuh juga dapat membuat masalah baru bagi smartphone. Bahkan hingga membuat kinerja smartphone menurun dan beberapa sistem tidak bisa bekerja sebagai mana mestinya. Selain itu, kamu juga tidak akan bisa menyimpan file baru jika tidak ada ruang yang tersisa.

Masalah seperti ini banyak dialami oleh mereka yang sudah lama menggunakan ponsel pintar. Satu-satunya cara menghindarinya adalah dengan menghemat memori internal.

Dengan melakukan upaya untuk menghemat memori internal smartphone, bukan berarti kamu tidak boleh menyimpan berbagai macam file ke smartphone. Menyimpan banyak file itu boleh saja, namun kamu juga harus mengaturnya sebaik mungkin supaya ruang penyimpanan tetap menyisakan sisa.

Penyebab dari memori internal yang penuh rata-rata ada pada ketidakpedulian pengguna akan kebersihan file yang disimpannya.

Cara Menghemat Memori Internal Agar Tidak Cepat Penuh

Sebagai pemilik smartphone, akan lebih baik jika kamu selalu menjaga smartphone kamu, baik dari segi fisik maupun performanya supaya lebih awet. Termasuk menghemat ruang penyimpanan pada ponsel supaya sistem tetap bekerja dengan baik.

Tinggalkan kebiasaan tidak peduli terhadap file-file yang ada di ruang penyimpanan, agar tidak menyebabkan penumpukan yang parah. Untuk menghindari masalah tersebut, lakukan cara menghemat memori internal smartphone agar tidak cepat penuh seperti berikut ini.

Pasang Aplikasi yang Dibutuhkan Saja

Cara yang pertama untuk bisa menghemat memori internal ponsel adalah dengan memasang aplikasi yang sekiranya kamu butuhkan saja. Ini akan membuat ruang penyimpanan jadi lebih efektif. Selain itu, hapus atau copot pemasangan aplikasi yang memang sudah tidak diperlukan.

Ciri-ciri dari aplikasi yang sudah tidak terpakai adalah tidak pernah kamu buka dalam waktu yang lama. Jika ada, sebaiknya segera lakukan uninstall supaya tidak memenuhi memori.

Atur Penyimpanan Foto dan Video

Salah satu file yang menyebabkan ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh adalah foto dan video. Terlebih jika ponsel tersebut milik seorang cewek. Sebaiknya cari tahu cara menyimpan file foto dan video agar memori tidak penuh demi menghemat ruang penyimpanan smartphone.

Selain itu, hapus juga foto dan video lama atau yang memang tidak terpakai. Jika sayang untuk menghapusnya, kamu bisa cari alternatif seperti memindahnya ke laptop, memori tambahan, atau menyimpannya ke drive online seperti Dropbox, Gdrive, dan lain-lain.

Selalu Bersihkan Berkas Sampah

Tips yang ketiga untuk menghemat memori internal pada ponsel adalah dengan selalu membersihkan berkas sampah. Lebih jelasnya silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara membersihkan file sampah di smartphone.

Berkas sampah merupakan file sisa entah itu dari aplikasi yang sudah di uninstall, folder kosong, berkas singgahan, dan lain sebagainya. Berkas sampah juga cukup memakan ruang jika dibiarkan menumpuk dalam waktu yang alam. Jadi sebaiknya bersihkan sesering mungkin.

Hapus Cache Aplikasi Sesering Mungkin

Selain berkas sampah, salah satu file yang memenuhi ruang penyimpanan pada smartphone adalah cache aplikasi. Jika mau menghemat memori internal smartphone, sebaiknya kamu sering-sering menghapus cache aplikasi.

Cache sendiri merupakan berkas singgahan sementara ke direktori yang dibawa oleh suatu aplikasi. Setiap aplikasi memiliki berkas cache yang jumlahnya berbeda-beda tergantung dari fungsinya.

Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Tips lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat memori internal pada smartphone adalah dengan memindahkan aplikasi-aplikasi yang terpasang ke memori eksternal.

Meski tidak semua file aplikasi terpasang bisa dipindahkan semuanya ke penyimpanan eksternal, tapi paling tidak cara ini dapat mengurangi pemakaian memori internal akibat aplikasi. Kamu dapat memindahkan aplikasi satu per satu ke memori eksternal melalui pengaturan pada ponsel.

Bersihkan File yang Tidak Terpakai

File yang sudah tidak terpakai dapat menjadi penyebab utama kenapa ruang penyimpanan cepat habis. Hal ini disebabkan oleh file yang tidak terpakai tertimbun dalam waktu yang lama sehingga menumpuk dan sulit dideteksi satu per satu. Akibatnya file ini mulai menggunung dan memenuhi direktori.

Kamu bisa membersihkan file yang tidak terpakai dengan mengecek satu per satu dengan file manager. Jika menemukan file lama yang tidak pernah diakses, sebaiknya dihapus saja.

Bersihkan Chat dan Media Whatsapp Secara Berkala

Tahukah kamu bahwa chat dan juga media WhatsApp yang menumpuk jumlahnya sangat besar hingga mampu memenuhi memori. Hal ini disebabkan ketika kita berkomunikasi dengan WhatsApp, maka medianya tidak hanya teks saja, bisa dengan ditambah gambar atau voice note.

Untuk menghemat memori internal dari masalah ini, kamu dapat membersihkannya secara berkala entah itu seminggu sekali atau sebulan sekali yang penting rutin.

Gunakan Memori Eksternal

Cara terakhir yang bisa kamu jadikan solusi untuk menghemat memori internal smartphone adalah dengan menggunakan memori eksternal. Kamu bisa pakai Micro SD atau SD Card berkapasitas paling besar yang kompatibel dengan spesifikasi ponselmu.

Menyimpan sebagian file di SD Card ataupun di Micro SD akan membuat memori internal menjadi sedikit lebih lega. Semakin banyak ruang yang tersisa di memori internal akan sangat baik untuk kinerja smartphone.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghemat memori internal di smartphone agar tidak cepat penuh. Seperti yang sudah kita bahas diatas, bahwa menghemat ruang penyimpanan itu sangat penting karena menjadi bagian dari perawatan kinerja smartphone.

Siapa sih yang tidak suka dengan kinerja ponselnya tetap stabil. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk meminimalisir penggunaan penyimpanan internal dan jangan membiarkannya hingga habis.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like