Google Maps Go: Aplikasi Peta Ringan Milik Google

Teknatekno.com – Google sekarang telah meluncurkan Google Maps Go sebagai versi ringan dari aplikasi peta miliknya. Aplikasi ini hadir sebagai bagian dari program Android Go yang ditujukan untuk negara berkembang.

Aplikasi versi ringan sangat berguna untuk perangkat yang memiliki kemampuan terbatas. Misalnya punya RAM dan penyimpanan kecil. Selain itu, aplikasi ini biasanya juga hemat data.

Google Maps Go Aplikasi Peta Ringan Milik Google

Aplikasi Google Maps Go

Aplikasi peta ini atau aplikasi Google Maps Go ditujukan untuk perangkat dengan RAM 512 MB sampai 1 GB. Pastinya aplikasi ini tergolong ringan. Beberapa keunggulan dari Google Maps Go ini bisa kamu simak dibawah ini:

Bisa Dipakai di Android Lama

Aplikasi Google Maps Go ini mendukung Android mulai dari versi 4.1 dan yang lebih baru lagi. Jadi nggak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya.

Memiliki Fitur Dasar Yang Berguna

Walau ringan, aplikasi ini tetap memiliki fitur dasar peta yang berguna. Kamu bisa mencari dan melihat tempat beserta informasi lengkap (alamat, nomor telepon, foto, review, dll). Kamu juga bisa mendapat petunjuk arah (mengemudi, kendaraan umum, berjalan) dan melihat detil peta (satelit, jalur transit, lalu lintas).

Aplikasi Ini Tersembunyi

Jika kamu menggunakan handphone Android yang terbaru, kemungkinan besar kamu tidak akan menemukan aplikasi ini di Play Store. Yang ada kamu hanya akan menemukan Google Maps Go biasa. Hal ini terjadi karena aplikasi ini hanya ditujukan untuk perangkat tertentu, jadi memang terbatas.

Faktor lainnya adalah Google ingin pengguna Android yang lain lebih memanfaatkan fitur-fitur peta interaktif, seperti membuat daftar tempat favorit, membantu edit informasi tempat, dll.

Bisa Diakses di Browser

Nah, jangan khawatir. Siapapun tetap bisa mengakses aplikasi ini dalam bentuk web app. Tapi perlu diingat, Google tetap akan mengarahkan kamu ke aplikasi peta standar jika smartphone yang kamu gunakan versi keluaran baru.

FAQ Seputar Aplikasi Google Maps Go

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Google Maps Go.

Kenapa Saya Tidak Bisa Menggunakan Google Maps?

Alasan paling sering mengapa Google Maps tidak dapat diluncurkan atau memiliki masalah lain adalah karena perangkat keras ponsel Android kamu rusak.

Ada kemungkinan bahwa alasan peta tidak beroperasi adalah karena kapasitas RAM ponsel Android kamu hampir penuh karena ukurannya yang kecil.

Kenapa HP Tidak Bisa Buka Maps?

Penyebab Google Maps tidak bisa terbuka kemungkinan besar adalah RAM Android yang penuh karena kapasitasnya yang kecil. Memori internal yang dimuat dengan file sementara, sejumlah besar program jejaring sosial yang beroperasi di latar belakang, dan lain-lain.

Apakah Google Maps Akurat?

Semakin kecil wilayah lingkaran biru, semakin akurat lokasi Google Maps kamu. Google mengklaim bahwa kemampuan GPS pada ponsel Android memiliki tingkat akurasi hingga 20 meter. Tergantung pada skenarionya, akurasi GPS pada ponsel saat ini berkisar antara 5 hingga 20 meter.

Kenapa Google Maps Terus Berhenti?

Jika kamu mendapatkan peringatan yang menunjukkan bahwa Maps telah berhenti, pertimbangkan untuk memulai ulang ponsel cerdas kamu. Salah satu penyebabnya mungkin karena RAM perangkat penuh karena terlalu banyak program yang aktif, menyebabkan Maps bekerja kurang efektif.

Apakah Google Maps Bisa Melihat Rumah?

Pengguna Android, iPhone, dan PC dapat menggunakan kemampuan untuk melihat rumah di Google Maps. Jalan raya. Jalan kecil, dan gang yang masuk data Street View terekam oleh Google Maps. Bahkan, informasi rumah di Google Maps akan ditampilkan untuk menemukan pencari alamat secara praktis.

Apakah Google Maps Bisa Melihat Orang?

Google Maps dapat digunakan untuk mengamati orang lain melalui satelit selain menjadi panduan GPS. Ini terkait erat dengan fungsi Live View.

Berapa Lama Alamat Muncul di Google Maps?

Biasanya membutuhkan waktu hingga sepuluh menit.” Pengeditan yang menunggu persetujuan bisa memakan waktu hingga 30 hari dalam situasi tertentu. Hubungi kami jika kamu yakin informasi perusahaan kamu di Google tidak benar.

BACA JUGA:

Pengertian Google Sheets, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan
Apa Itu Google Search Console, Fungsi dan Manfaatnya
Pengertian Google Adwords dan Keuntungannya
Pengertian Google My Business, Manfaat dan Cara Menggunakan

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai Google Maps Go. Kamu bisa mencoba aplikasi peta ini di browser lewat link ini. Selain itu kamu bisa mencobanya baik di browser handphone maupun PC. Jika smartphone kamu memiliki RAM yang kecil, kamu bisa klik link di bawah ini untuk mengunduh aplikasi Google Maps Go. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button