Adobe Photoshop: Pengertian, Manfaat, Tools dan Fiturnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan mengajak kamu untuk membahas tentang software Adobe Photoshop berikut manfaat dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya.

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat sehingga memudahkan semua orang dalam melakukan banyak hal. Salah satunya hubungan manusia dengan aplikasi, tentunya sangat dekat sekali.

Siapa yang saat ini familiar dengan program komputer atau aplikasi smartphone? Sebut saja aplikasi editing foto, banyak sekali yang menggunakannya untuk memanipulasi foto agar tampak keren dan berkualitas.

Bicara mengenai aplikasi editing foto, maka tidak ragu lagi untuk menyebut Adobe Photoshop. Penulis sendiri menyebut software ini sebagai master software editing gambar. Karena memang tidak diragukan lagi fitur dan kegunaannya.

Adobe Photoshop, memungkinkan pengguna bisa mengedit, membuat efek, menambah elemen gambar, dan memanipulasi gambar sesuai keinginan baik di perankat adnroid, windows, maupun mac.

Apa itu Adobe Photoshop?

Adobe Photoshop adalah software editor grafis raster yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini menjadi standar untuk mengedit grafis gambar.

Lebih akrabnya, Adobe Photoshop digunakan untuk pengeditan foto dan pembuatan efek. Photoshop menawarkan beberapa fitur efek dan tool untuk memanipulasi foto untuk meningkatkan hasil yang berkualitas.

Software berbasis bitmap ini dipakai para desainer grafis untuk mengolah gambar dengan mengubah pewarnaan, menggabungkan, memberi efek, hingga membuat masking dari objek yang diedit. Banyak sekali fitur editing yang bisa digunakan dari Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop dapat menyusun gambar dengan bantuan fitur layer (lapisan) di dalamnya. Beberapa model pewarnaan yang bisa didapatkan yaitu RGB, CMYK, CIELAB, Spot Color, dan Duo Tone, dengan menggunakan format file PSD dan PSB. Saat ini Photoshop memiliki versi terbaru nya dengan branding Creative Cloud yang diperkenalkan pada 2013 lalu.

Mode Warna yang Bisa Digunakan

  • RGB Color Model
  • Lab Color Model
  • CMYK Color Model
  • Grayscale
  • Bitmap
  • Duotone

Jenis Format yang Digunakan Photoshop

  • .PSD (Photoshop Document), format yang menyimpan gambar dengan isi bentuk layer, yang meliputi teks, opacity, blend mode, mask, channel warna, channel alpha, clipping paths, pengaturan dua tonal (setting duotone).
  • .PSB sebuah format terbaru dari PSD yang versinya digunakan untuk file berukuran besar (lebih dari 2 GB).
  • .PDD adalah versi yang diperuntukkan untuk mendukung fitur perangkat lunak PhotoshopDeluxe.

Photoshop juga memiliki kolase dengan perangkat lunak tambahan seperti Adobe ImageReady, Adobe Fireworks, Adobe Bridge, Adobe Device Central, dan Adobe Camera RAW.

Perusahaan Adobe juga membersamai pengembangan Photoshop dengan beberapa software lainnya yaitu Photoshop Elements, Photoshop Lightroom, Photoshop Express, Photoshop Fix, Photoshop Sketch, dan Photoshop Mix.

Tepat pada November 2019 merilis versi lengkap Photoshop untuk iPad. Software tersebut dicap sebagai keluarga Adobe Photoshop, dengan menawarkan beragam fitur terbaru.

Fungsi dan Manfaat Adobe Photoshop

Secara umum Adobe Photoshop difungsikan sebagai alat untuk mengedit gambar dan membuat manipulasi efek pada gambar. Namun ada beberapa fungsi detail dari software ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Editing foto dengan penambahan efek manipulasi.
  2. Mengatur tonal warna atau mengubah warna.
  3. Menghilangkan atau menghapus objek atau bagian pada gambar.
  4. Mengatur ukuran gambar dengan mengubah ukuran kecil atau lebih besar.
  5. Membuat kombinasi dua gambar atau lebih menjadi satu kesatuan atau gambar baru.
  6. Mengatur resolusi foto.
  7. Pengeditan kualitas foto dengan cara mempertajam, menyamarkan (blur), memperhalus, dan meningkatkan tingkat kecerahan gambar.
  8. Menggabungkan objek gambar, bentuk, dan foto maupun memotong gambar.
  9. Membuat sketsa gambar
  10. Membuat Ikon Logo
  11. Membuat efek gambar dan tulisan
  12. Untuk prosesing konten web, seperti gambar konten web.

Dari semua fungsi di atas, Adobe Photoshop masih bisa digunakan dalam beragam fungsi editing lainnya, tergantung eksplorasi penggunanya. Apalagi Adobe Systems terus membuat perkembangan fitur dan fasilitas terbaru dari program Photoshop.

Tools dan Bagian Menu Adobe Photoshop

Tool atau bagian utama yang ada pada Adobe Photoshop cukup mudah dikenali, karena ini merupakan komponen penting yang akan pengguna gunakan saat membuka software ini.

Layer

Layer adalah lapisan dari kanvas yang berisi satu objek atau gambar yang sedang pengguna desain. Tool ini merupakan bagian penting yang digunakan untuk mengatur tata letak dan susunan lapisan pada kanvas atau lembar kerja Photoshop.

Layer memiliki ciri seperti lapisan kaca transparan yang bertumpuk pada panel bagian, biasanya layer tersusun dari lapisan terbawah yang disebut layer background, selanjutnya ada lapisan bentuk atau objek, lapisan warna, lapisan teks, dan ragam objek lainnya.

Tool

Tool adalah alat yang berguna untuk mendesain dan mengedit gambar atau objek.

Menu

Tools ini merupakan menu bar tempat menyimpan keseluruhan tool pada Photoshop. Menu dapat dilihat pada deretan atas Photoshop, di sana terdapat ragam Menu inti yaitu : File, Layer, Edit, Image, Window, Select, 3D, Filter, Analysis, View, dan Help.

Toolbox

Bagian kotak yang berisi kumpulan alat perintah, terletak di bagian kiri lembar kerja kanvas. Beberapa ragam tool ini di antaranya, Move Tool, Marque Tool, Lasso Tool, Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool, Crop dan Slice Tool, Brush Tool, Eraser Tool, Gradient Tool dan masih banyak lagi jenisnya.

Fitur Utama Adobe Photoshop

Fitur Photoshop merupakan hasil penggunaan dari banyaknya tool yang ada di dalam Photoshop. Melalui laman Adobe Photoshop, banyak sekali penggunaan fitur yang bisa dikerjakan pada software ini. Adanya keberadaan tools ini akan memudahkan para editor grafis untuk berkarya dan menunjang kegiatannya.

1. Layers (Layer lapisan)

Merupakan lapisan dari suatu desain yang tersusun, pengerjaan desain gambar yang diedit tersusun dari background, efek bayangan, lapisan warna, elemen gambar, font, dan lain-lain. Selain menyusun layer per lapisan kamu juga bisa melakukan grouping maupun menggabungkan layer tersebut agar tertata rapi.

2. Paint Bucket atau Fill

Fitur ini akan berguna untuk menuangkan cat atau warna berdasarkan kesamaan warna. Fill sendiri adalah warna latar yang sedang dipakai. Dengan Paint Bucket maka kamu bisa mengklik bagian mana saja untuk dilakukan pewarnaan.

3. Eyedropper

Fitur ini merupakan alat khusus untuk menentukan warna apa yang kita colek dari bagian yang dipilih. Kamu akan memilih warna tertentu dalam gambar atau dokumen Photoshop dengan menggunakan alat ini.

4. Berintegrasi dengan Adobe Font

Pada pembaruan Adobe Photoshop, Adobe juga mempermudah pengguna dalam memilih font, dengan penambahan fitur integrasi dengan Adobe Fonts. Sehingga fitur ini memungkinkan pengguna agar tidak susah mencari font saat mendesain.

5. Select and Mask

Sebuah fitur untuk menyeleksi bagian pada objek dan membuat background yang terseleksi terhapus atau tertutup dengan masker. Dulu fitur ini bernama Refine Edge. Dengan fitur Select and Mask akan mendapatkan hasil seleksi yang lebih detail.

6. Match Font

Sebuah fitur hebat yang berguna untuk mendeteksi kemiripan font dengan gambar yang kamu masukkan. Dengan fitur ini pengguna tidak repot-repot untuk browsing ke situs web pendeteksi font, karena dengan menggunakan Match Font, font yang mirip atau sesuai dapat dipilih.

7. Content-Aware Fill atau Content Aware Move

Sebuah fitur yang berguna untuk mengisi bagian gambar yang dipilih secara halus. Content Aware Fill akan menyeleksi area objek yang dipilih dan dapat disesuaikan pengaturannya untuk mencapai hasil yang maksimal.

Misalnya, sebuah gambar pemandangan yang di tengah-tengahnya terdapat pohon, namun kita ingin menghilangkan pohon tersebut dan mengganti bagian itu dengan rumput. Dengan fitur ini, Photoshop akan mengisi bagian yang hilang tadi secara sempurna dengan lingkungan rumput di sekitarnya.

Fitur ini sekarang sudah diperbarui menjadi Content Aware Move, tepatnya pada edisi terbaru Photoshop CS6, bukan hanya bisa menghilangkan sebuah objek, tetapi kamu bisa memindahkan objek foto dari satu tempat ke tempat lainnya.

8. Photoshop Brushes (Kuas Photoshop)

Fitur yang menyediakan alat untuk membuat brush atau sapuan pada media gambar. Kuas ini juga digunakan untuk menghapus dan manipulasi retouching foto untuk mendapat hasil yang sempurna.

9. Peningkatan Lens Blur

Sebuah fitur yang dapat meningkatkan hasil ketajaman juga mengaburkan media gambar dari latar depan, belakang dan tengah. Selain itu dengan fitur ini kamu bisa memberikan efek bokeh yang bagus melalui highlight specular, agar gambar terlihat realistis.

10. Photo Effects

Photoshop memberikan fitur photo effects yang cukup lengkap untuk dieksplor. Beberapa di antaranya menggunakan efek filter seperti tema drama dengan substracting color, gaya retro untuk filter artistic, membuat painterly effects, retouch gambar, dan masih banyak pengaturan efek yang bisa dicoba pada Photoshop.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai Adobe Photoshop. Untuk kamu, penggemar fotografi maupun pegiat dunia editing, wajib mencoba dan bergelut dengan program ini. Karena fitur dan Tool dari Photoshop cukup beragam untuk memaksimalkan karya editing/desain yang ingin kamu buat.

Pencarian Populer

Photoshop Adalah Program Pengolah - Fungsi Layer Pada Adobe Photoshop Adalah - Fungsi Dari Adobe Photoshop Adalah - Fungsi Adobe Photoshop Adalah - File Format Dari Adobe Photoshop Adalah - Aplikasi Photoshop Adalah - Aplikasi Adobe Photoshop Adalah - Adobe Photoshop Express Adalah - Adobe Photoshop Cs6 Adalah - Adobe Photoshop Adalah Aplikasi-

Related Articles

Back to top button