Cara Mengedit Foto di Adobe Photoshop Express

Teknatekno.com – Adobe Photoshop Express merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk android yang selain bisa digunakan secara gratis untuk cara menggunakannya pun cukup mudah dilakukan.

Hal ini karena, aplikasi yang satu ini dibekali dengan tools pengeditan yang lebih ringkas, sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna yang awam sekalipun.

Seperti aplikasi yang sudah Teknatekno bahas sebelumnya yakni Lightroom, untuk Adobe Photoshop Express juga memiliki fitur unggulan untuk memudahkan pengguna dalam mengolah foto lewat perangkat smartphone.

Kalau dibandingkan dengan software photoshop di PC, tentunya Adobe Photoshop Express versi mobile-nya lebih ringan dengan interface sederhananya, menyesuaikan pengguna perangkat mobile. Namun, dari segi kualitas aplikasi ini tetap bisa diandalkan untuk mengedit foto.

Cara Menggunakan Adobe Photoshop Express

Jjika kalian baru saja meng-install aplikasinya tapi masih bingung cara menggunakan Adobe Photoshop Express, di bawah akan Teknatekno berikann beberapa tutorial, baik dalam hal memberikan efek foto maupun proses editing lainnya.

Cara Memberikan Efek Filter pada Foto

Berikut langkah-langkah sederhana memberikan filter pada foto:

  1. Download aplikasi Adobe Photoshop Express di Playstore atau App Store
  2. Setelah aplikasi terunduh, silahkan login dengan akun Google atau Facebook.
  3. Kemudian ambil foto dari galeri.
  4. Pilih filter sesuai keinginan, ada Summer, Autumn, hingga Spring.
  5. Lalu tap menu di tengah-tengah untuk mengatur highlight, exposure, shadows, dan pengaturan lainnya.
  6. Jika dirasa sudah cocok, lanjut ke tahap cropping.
  7. Atur ukuran frame-nya, di sini bebas mau pilih aspek rasio berapa.
  8. Terakhir, tap Next dan pilih Save to Gallery.

Gimana, mudah bukan? Langkah di atas hanya salah satu dari sekian banyak cara menggunakan Adobe Photoshop Express. Kalau ingin mendapatkan hasil yang berbeda dan unik, kamu bisa mengkombinasikan beberapa filter sampai mendapatkan editan yang kamu inginkan.

Cara Memperjelas Foto yang Buram dengan Adobe Photoshop Express

Selain digunakan untuk keperluan editing foto dengan beragam efek menarik, aplikasi ini Adobe Photoshop Express ini juga bisa digunakan untuk keperluan membuat foto buram menjadi lebih jelas.Dengan aplikasi ini, foto kalian yang memiliki resolusi minim akan disulap menjadi sebuah foto dengan kualitas yang lebih jernih.

Untuk caranya, simak penjelasan berikut ini:

  1. Impor foto dari galeri.
  2. Lalu langsung masuk ke menu Adjust, cari dan pilih tools Sharpen.
  3. Selanjutnya atur intensitasnya sesuai keinginan, semakin besar maka hasilnya akan lebih jelas.
  4. Setelah itu pilih fitur Auto Enhance, dan simpan fotonya.

Jika ingin hasil berbeda, kamu juga bisa memadukan dengan filter lain. Perlu diingat, foto yang buram atau blur memang akan terlihat jelas, namun ketajamannya masih kurang. Tapi, cukup berguna untuk memperlihatkan detail pada foto.

Cara Mengganti Background di Photoshop Express

Seperti halnya software di PC, Photoshop Express juga bisa diandalkan untuk melakukan ragam aktivitas pengeditan, salah satunya menghapus background foto.

Adobe Express juga merupakan salah satu aplikasi yang redaksi rekomendasikan sebagai aplikasi edit background foto terbaik untuk Android. Langkah-langkahnya pun tergolong mudah, dengan hasil editan yang cukup mulus.

Berikut cara mengganti atau menghapus background:

  1. Buka aplikasi Photoshop Express dan pilih tombol Open, lalu pilih foto yang ingin dihilangkan background-nya.
  2. Selanjutnya tap Pen Tool dan seleksi bagian-bagian yang tidak diinginkan.
  3. Jika sudah, tap ikon penghapus.
  4. Kemudian impor foto baru sebagai background.
  5. Sesuaikan pencahayaan, filter, dan lain sebagainya agar kedua gambar terlihat menyatu.
  6. Jika sudah selesai, klik Next dan simpan ke galeri.

Selain langkah di atas, Anda bisa berkreasi sesuka hati sesuai keinginan. Jika hasilnya kurang menarik, Anda bisa terus berlatih mencoba berbagai fitur yang tersedia.

Keunggulan Adobe Photoshop Express dibandingkan aplikasi edit foto lain adalah adanya mode landscape sehingga pengguna bisa leluasa melakukan pengeditan dengan rentang layar yang lebih luas.

Meskipun tools-nya tak seperti software Photoshop di PC, namun ini cukup untuk melakukan pengeditan sederhana. Terlebih, ada banyak pilihan filter yang bisa digunakan untuk membuat foto lebih glowing dan aesthetic.

Kesimpulan

Dalam hal pengeditan, Adobe memang lebih fokus digunakan pada software PC. Namun, bukan berarti aplikasi mobile-nya buruk, bahkan bisa dianggap cukup mampu untuk memenuhi kebutuhan pengguna smartphone untuk mendapatkan tampilan foto yang lebih menarik.

Demikian pembahasan dari Teknatekno tentang cara menggunakan Adobe Photoshop Express yang bisa kamu jadikan referensi ketika ingin mengedit foto dengan sentuhan yang berbeda dan lebih menarik dari yang lainnya. Selamat mencoba!

Back to top button