Aplikasi Snapseed: Pengertian, Kelebihan dan Fiturnya

Teknatekno.comAplikasi Snapseed adalah salah satu aplikasi edit foto terpopuler yang paling banyak diunduh yang tersedia untuk iPhone dan Android. Ini sangat jelas dan mudah digunakan, yang membuat popularitasnya yang tinggi.

Selain fungsi pengeditan standar seperti kecerahan, crop, dan kontras, Snapseed juga sarat dengan fitur ekstra keren seperti kuas, ambiance , dan perspektif. Mari kita bahas beberapa fitur Snapseed terbaik dan bagaimana kamu bisa menggunakannya untuk membuat feed Instagram kamu terlihat memukau.

Review Aplikasi Snapseed

Tentang Aplikasi Snapseed

Snapseed adalah sedikit dari ratusan aplikasi edit foto yang tersedia secara cross platform. Ia mampu melalukan editing dengan sangat mudah baik di iPhone maupun di Android. Awalnya, aplikasi ini tersedia untuk iOS sebelum akhirnya Google mengakuisisi kepemilikan aplikasi dan menghadirkanya ke Android.

Aplikasi ini menghadirkan pengalaman editing foto di ujung jari dengan sangat mudah lengkap dengan hasil editing yang berkualitas tinggi. Semuanya bisa kamu lakukan dengan tampilan aplikasi yang sangat berkualitas.

Di bagian terakhir setelah proses editing, kamu bisa bagikan hasil karyamu ke Facebook, Twitter dan Google+. Semuanya serasa lebih mudah dengan aplikasi Snapseed ini.

Kelebihan Aplikasi Snapseed

Kelebihan paling utama aplikasi edit foto Snapseed adalah kemampuannya mempertajanm foto secara instan. Ia bisa membuat foto menjadi tampak lebih halus dari aslinya.

Terlebih lagi, dengan banyaknya tool editing foto yang tersedia, menjadikan aplikasi ini mampu menghadirkan pilihan lengkap segala kebutuhan untuk mempercantik foto kamu. kamu bisa membuat foto tampak lebih menarik. Bisa pula menghadirkan efek lebih noise pada foto.

Kamu bisa pula menghadirkan vignette sehingga foto kamu tanpak ada spot. Bisa pula memberikan efek blur dan fokus pada foto kamu. Bahkan, efek HDR bisa kamu lakukan dengan instan di aplikasi ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Snapseed

Untuk menggunakan Snapseed, klik “Buka Foto” di layar utama, pilih foto yang ingin kamu edit dan klik tanda pensil di sudut kanan bawah. Ini akan membawa kamu ke layar Tool utama. Dari sana kamu bisa memilih fungsi pengeditan dan geser jari kamu ke atas dan ke bawah atau kiri ke kanan untuk mengedit foto kamu.

Fitur Snapseed Apk

Fitur Snapseed

Berikut beberapa fitur yang bisa kamu nikmati jika mengedit foto menggunakan aplikasi Snapseed:

1. Fitur Brightness

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yahoo Labs pada 7,6 juta foto Instagram dan Flickr, hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar orang menyukai foto yang terpapar, cerah dan ceria.

Untuk mencerahkan foto kamu di Snapseed, pilih Tune Image di bawah layar Tools dan geser jari kamu ke atas dan ke bawah untuk menemukan fungsi Brightness. Setelah kamu memilih fungsi Brightness, geser jari kamu ke kanan untuk mencerahkan foto kamu, atau ke kiri untuk menggelapkannya.

2. Fitur Saturasi

Mem-posting gambar tidak berwarna di Instagram tidak akan menarik perhatian dan akan jauh dari like pengguna instagram lainnya. Namun, warna berlebihan dan saturasi juga bisa menjadi bumerang. Triknya adalah menambahkan warna pada gambar tanpa membuatnya terlihat terlalu palsu atau diedit.

Jumlah saturasi yang tepat bisa membuat bagus atau merusak foto. Dengan menambahkan lebih banyak Saturasi di bawah opsi Gambar Tune dan menggesek ke kanan, foto terlihat jauh lebih hidup dan melamun. Ini akan lebih menonjol di umpan Instagram dan akan menarik lebih banyak suka dan posting ulang.

3. Fitur Kontras

Kontras adalah fungsi hebat untuk digunakan jika foto kamu terlihat pudar dan kamu ingin menambahkan kedalaman warnanya. Untuk menambahkan kontras, pilih Tune Gambar di bawah layar Alat dan gulirkan jari kamu ke atas atau ke bawah hingga kamu mendarat di Kontras.

Kemudian gulirkan jari kamu ke kanan untuk menambahkan kontras atau ke kiri untuk membuat foto kamu terlihat lebih pudar.

4. Fitur Ambiance

Ambiance adalah semacam fungsi “shoot all” di Snapseed. Jika kamu tidak ingin mengacaukan kecerahan, warna, dan kontras kamu sendiri, coba fungsi Ambiance di bawah layar Tools.

Dengan menggeser ke kanan, fungsi ambiance akan langsung menambahkan pop ke foto dengan mencerahkannya, menambahkan lebih banyak warna dan menghapus kontras. Dengan menggesek ke kiri, gambar akan memiliki lebih sedikit cahaya dan warna tetapi lebih kontras.

5. Fitur Crop

Ukuran optimal untuk postingan Instagram adalah foto vertikal dengan rasio 4: 5 (1080 × 1350). Foto vertikal akan selalu menunjukkan lebih banyak detail dan ruang daripada foto horizontal atau persegi dan jauh lebih mungkin menarik perhatian pengunjung.

Jika kamu memposting foto horizontal atau persegi, kamu kehilangan 58% atau 48% dari area versus foto vertikal 4: 5, masing-masing.

Memotong foto vertikal juga memungkinkan kamu menyingkirkan ruang kosong yang tidak menambah nilai pada foto kamu. Untuk memotong foto, cukup tahan jari kamu dan gerakkan ke dalam sampai kamu menerima tampilan yang diinginkan.

6. Fitur Healing

Salah satu fitur aplikasi paling keren tapi paling sulit dari Snapseed adalah fungsi healing. Fungsi healing bisa membantu kamu menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dalam foto seperti orang, mobil, bangunan atau apa pun yang ingin kamu hapus.

Tool Healing bisa sedikit rumit karena Snapseed secara otomatis memilih area dari mana untuk memilih penutup. Jika kamu tidak mendapatkan tampilan yang diinginkan pada percobaan pertama, cukup lepaskan patch dan coba berbagai sudut dan zoom hingga kamu mendapatkan tampilan yang tepat.

7. Fitur Brush

Fungsi kuas di bawah tool menu memungkinkan pengguna Snapseed untuk menargetkan area spesifik foto untuk pengeditan tertentu seperti saturasi, suhu, paparan, atau menghindar dan membakar.

Alat ini bermanfaat jika kamu tidak ingin mengedit seluruh gambar dan hanya ingin memodifikasi sebagian saja. Misalnya, foto di bawah ini akan lebih menonjol jika beberapa bagian seperti air, baju, dan dayung akan memiliki lebih banyak warna.

Untuk menambahkan lebih banyak warna, pilih Brush tool dan saturasi di +10. Kemudian seret jari kamu ke area yang diinginkan seperti air, baju dan dayung dan alat sikat saturasi akan membawa lebih banyak warna di area tersebut. Jika perlu, perbesar untuk mewarnai di area yang lebih kecil.

Namun, setelah menambahkan +10 saturasi, warna air masih terlihat agak kusam. Untuk membuatnya lebih pop pilih brush suhu dan pindahkan suhu ke -5.

Nada negatif pada suhu akan membuat foto tampak lebih biru dan nada positif pada suhu akan membuat foto tampak lebih kuning. Seret jari kamu di atas air dan alat brush Snapseed akan membuat air terlihat biru dingin.

8. Fitur Selective

Fungsi selective Snapseed di bawah menu Tools memungkinkan modifikasi pada bagian tertentu dari gambar dengan kecerahan, kontras, dan saturasi.

Dengan mengetuk gambar, sebuah titik akan ditempatkan pada area yang diinginkan dan dari sana geser jari kamu ke atas dan ke bawah untuk memilih kecerahan, kontras, atau saturasi. Lalu geser ke kanan dan kiri untuk menyempurnakan foto. Klik + untuk menambahkan titik lain ke foto untuk mengedit beberapa area foto.

9. Fitur Perspective

Fungsi perspective bisa menambah lebih banyak ruang di foto atau memanjang bagian-bagian tertentu dari foto yang bagus ketika kamu secara tidak sengaja terlalu dekat dengan subjek kamu.

10. Fitur White Balance

Memperbaiki white balance merupakan salah satu fokus utama sebagian orang dalam menyunting foto. Sebab, kamera seringkali salah dalam menangkap cahaya yang menyebabkan warna menjadi terlihat aneh. Dengan fitur ini, kamu bisa berkreasi dan menyesuaikan warna yang lebih natural dan terlihat lebih hidup.

FAQ Seputar Aplikasi Snapseed

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi Snapseed.

Snapseed Itu Untuk Apa?

Snapseed adalah salah satu aplikasi pengeditan foto yang paling populer dan banyak digunakan.

Apakah Snapseed Bisa Hapus Background?

Snapseed memungkinkan kamu untuk mengubah latar belakang foto kamu. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menghapus objek tertentu dari latar belakang.

Bagaimana Cara Menghapus Objek di Snapseed?

Snapseed juga memungkinkan kamu untuk menghapus objek yang “photo bombing” gambar kamu. Caranya cukup buka opsi “Healing” dan kemudian klik pada objek yang ingin kamu hapus dari foto.

Apakah Snapseed Itu Berbayar?

Aplikasi yang kini berada di bawah kendali Google ini gratis dan tak kalah memukau dari aplikasi edit foto lainnya.

Kesimpulan

Nah itu dia penjelasan tentang aplikasi Snapseed yang bisa Teknatekno rangkum kali ini. Kalau kita simpulkan, jadi aplikasi Snapseed adalah alat edit foto yang ampuh yang memungkinkan kamu mengedit foto ponsel hanya dalam beberapa menit dengan beberapa gesekan sederhana.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, gratis, dan bisa diunduh di iPhone dan Android. Kamu tidak perlu akun untuk mengaturnya, jadi mulailah hari ini dan lihat mengapa begitu banyak orang yang menyukainya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button